TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menyingkirkan Bintik-Bintik Merah Akibat Matahari, Ampuh! 

Menggunakan sunscreen dengan rutin

ilustrasi pria dengan wajah sehat (unsplash.com/Austin Distel)

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menjadi penyebab kemunculan bintik-bintik merah ataupun hitam yang dapat mempengaruhi penampilan. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan kepercayaan diri menurun. 

Tapi, kamu tak perlu khawatir, karena terdapat berbagai cara untuk menyingkirkan bintik-bintik merah akibat matahari dan memperoleh kembali kulit wajah yang sehat dan bersinar. Yuk, cari tahu di bawah ini cara-caranya! 

1. Memakai sunscreen dengan teratur

Kahf Invisible Matte Sunscreen Stick (shopee.co.id/RNV Beauty Cosmetics)

Paparan sinar matahari menjadi penyebab utama kemunculan bintik-bintik merah di wajah. Maka dari itu, tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah memakai sunscreen setiap hari.

Kamu disarankan untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan memastikan untuk mengaplikasikannya dengan merata ke seluruh wajah. Pemakaian produk ini tak hanya akan menjaga kulit dari bintik-bintik merah, namun juga mencegah penuaan dini dan risiko kanker kulit.

Baca Juga: 4 Manfaat Menggunakan Sunscreen Secara Rutin, Kulit Terproteksi!

2. Manfaatkan bahan alami seperti lemon dan madu

ilustrasi lemon (unsplash.com/eggbank)

Bahan alami seperti lemon dan madu mempunyai kandungan yang dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan menyingkirkan bintik-bintik hitam. Lemon kaya akan vitamin C yang berperan sebagai agen pencerah alami. Sedangkan madu bersifat antibakteri dan melembapkan.

Kamu bisa mencampurkan perasan lemon dengan sedikit madu, kemudian mengoleskannya pada area wajah yang terdapat bintik-bintik. Kemudian tunggu selama 15-20 menit. Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat.

3. Memakai produk skincare dengan kandungan niacinamide

Glad2Glow Pomegranate 10% Niacinamide Power Bright Serum (sociolla.com)

Niacinamide merupakan salah satu bahan aktif dalam produk skincare yang sangat optimal untuk menghilangkan bintik-bintik merah. Kandungan ini akan bekerja dengan cara menghambat produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Jadi, bintik-bintik di wajah dapat berkurang. Kamu sebaiknya memilih serum atau krim dengan kandungan niacinamide dan memakainya dengan rutin untuk hasil yang memuaskan.

4. Eksfoliasi kulit dengan rutin

ilustrasi pria yang melakukan eksfoliasi (istockphoto.com/NickyLloyd)

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menyingkirkan bintik-bintik merah. Kamu bisa memakai scrub wajah yang lembut atau produk eksfoliasi kimia yang dilengkapi dengan kandungan AHA atau BHA.

Selain itu, kamu bisa melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk memperoleh kulit yang lebih halus dan cerah.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya