TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menggunakan Masker Mata yang Optimal supaya Cerah dan Sehat 

Kantung mata menyingkir!

ilustrasi pria yang memakai masker mata (istockphoto.com/LanaStock)

Menjaga area di sekitar mata supaya selalu sehat dan segar merupakan hal yang penting. Jika kita mengabaikannya, maka bisa-bisa daerah sekitar mata menjadi mudah keriput dan mengalami kantung mata.

Hal tersebut tentunya mengganggu penampilan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan masker mata untuk merawat kulit. Nah, berikut ini adalah beberapa cara penggunaan masker mata yang benar. Jangan sampai salah, ya! 

1. Membersihkan wajah terlebih dahulu

ilustrasi pria yang mencuci wajah (unsplash.com/Tadeusz Lakota)

Sebelum memakai masker mata, kamu perlu memastikan bahwa wajah telah bersih dari kotoran yang menempel. Membersihkan wajah merupakan tahapan pertama yang sangat penting untuk memastikan masker mata bisa menyerap dengan sempurna.

Kamu bisa memakai pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Hal tersebut bertujuan agar hasilnya lebih maksimal.

2. Memakai masker mata di tempat yang tepat

ilustrasi pria yang memakai masker mata (istockphoto.com/LanaStock)

Kamu bisa menggunakan masker mata di bawah mata, tepatnya di area yang kerapkali mengalami kantung mata dan lingkaran hitam. Kamu harus memastikan bahwa masker mata telah menempel dengan baik supaya bahan aktifnya dapat bekerja dengan efektif.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menyesuaikan posisi masker mata supaya nyaman dan tak mengganggu kegiatan lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Masker Mata Secara Alami, Anti Ribet!

3. Membiarkan masker mata selama waktu yang disarankan

ilustrasi masker mata (unsplash.com/Nina Zeynep Güler)

Biasanya setiap masker mata mempunyai waktu pemakaian yang tidak sama. Umumnya waktu yang disarankan adalah antara 15-20 menit.

Kamu harus membiarkan masker mata bekerja selama waktu yang ditentukan untuk memperoleh hasil yang optimal. Selain itu, kamu juga jangan terlalu cepat melepasnya, karena bahan aktif yang terkandung di dalam produk memerlukan waktu untuk meresap dengan baik ke dalam kulit.

4. Pijat lembut sesudah pemakaian

ilustrasi pria yang memakai krim mata (istockphoto.com/miniseries)

Seusai melepas masker mata, kamu perlu memijat dengan lembut area di sekitar mata dengan menggunakan ujung jari. Pijatan tersebut akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan membantu bahan aktif yang tersisa untuk lebih menyerap ke dalam kulit.

Di samping itu, pijatan juga bertujuan untuk memberikan efek relaksasi tambahan, sehingga kulit di daerah sekitar mata bisa tenang. 

5. Mengaplikasikannya dengan teratur

ilustrasi masker mata (unsplash.com/Natalia Blauth)

Konsistensi merupakan kunci untuk memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memakai masker mata dengan teratur.

Misalnya dua sampai tiga kali seminggu, untuk melindungi kesehatan dan kesegaran mata. Dengan pemakaian rutin, kamu bisa merasakan perbedaan yang cukup signifikan dalam penampilan mata.

Nah, penggunaan masker mata yang tepat, akan membuat manfaatnya bisa kamu rasakan dengan maksimal. Maka dari itu, perhatikan pemakaiannya dengan benar, ya! 

Baca Juga: 5 Masker Mata Buatan Sendiri, Ampuh Kurangi Tanda Penuaan Dini

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya