TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan yang Bisa Menghindarkanmu dari Bau Badan, Terapkan!

Kebiasaan yang bisa mengindarkan dari bau badan

ilustrasi pria yang percaya diri (istockphoto.com/gzorgz)

Bau badan memang terkadang sulit untuk dihindari. Hal tersebut seringnya membuat frustasi, karena bau badan bisa menjadi gangguan untuk banyak orang dan kita juga bisa dijauhi karena permasalahan tersebut. 

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan berbagai kebiasaan sederhana agar kamu terhindar dari bau badan. Lalu, kebiasaan apa sajakah itu? Berikut ulasannya. 

1. Cuci pakaian dengan teratur

ilustrasi mencuci baju (pexels.com/RDNE Stock project)

Pakaian yang sudah kamu gunakan, dapat menjebak keringat dan bau, sehingga menjadikannya lebih bau ketika mengenakannya kembali. Oleh karena itu, selama musim panas, kamu harus memastikan telah mencuci pakaian setiap hari.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan dua set pakaian supaya kamu tak memakai pakaian yang berkeringat, dan tentunya supaya kamu terhindar dari bau badan. 

Baca Juga: Bau Badan? 7 Rekomendasi Parfum yang Teruji Tahan Lama

2. Menggunakan bahan yang gampang menyerap keringat

ilustrasi pakaian yang rapi (unsplash.com/Waldemar Brandt)

Bahan katun yang longgar dapat menjadi cara yang tepat bila kamu ingin terhindar dari bau tidak sedap. Kamu sebaiknya menghindari untuk menggunakan pakaian sutra, sintetis, dan ketat.

Hal tersebut karena pakaian jenis ini dapat menjebak keringat dan bakteri, sehingga akan menyebabkan ketiak lebih bau. Selain itu, pakaian yang longgar akan menjadikan kulit dapat bernapas dan memproduksi lebih sedikit keringat.

3. Memakai antiperspiran

Kahf | Extra Dry Antiperspirant Deodorant Roll On (shopee.co.id/Guardian Official Shop)

Antiperspiran dapat kamu manfaatkan untuk membantu dalam menyingkirkan bau badan dengan teratur. Memakai produk ini sekali atau dua kali dalam sehari merupakan cara yang efektif supaya benar-benar membuat ketiak tetap segar.

Di samping itu, antiperspiran yang memiliki kandungan aluminium chloride hexahydrate dapat memblokir kelenjar keringat dan mengontrol keringat.

4. Eksfoliasi ketiak

ilustrasi produk eksfoliasi (unsplash.com/Lala Azizli)

Cara berikutnya adalah mengangkat sel-sel kulit mati dari ketiak. Hal ini akan membantu kamu untuk terhindar dari bau badan.

Karena penumpukan bakteri dibersihkan melalui pengelupasan, maka kemungkinan bau menjadi lebih sedikit. Di samping itu, menggunakan bantalan pengelupasan dengan asam glikolat dan salisilat di malam hari juga akan sangat membantu.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya