TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Rawat Kesehatan Kulit Wajah dari Paparan dan Bahaya Asap

Menggunakan produk dengan kandungan antioksidan

ilustrasi pria yang sedang mencuci wajah (unsplash.com/Lumin)

Asap ternyata bisa juga memengaruhi kesehatan kulit wajah. Hal ini disebabkan karena asap dapat menyebabkan radikal bebas, kulit kusam, warna tak rata, sampai dengan keriput.

Sebagian besar kegiatan kita dilakukan di luar rumah, sehingga menjadikan kulit wajah gampang terpapar asap setiap hari. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara untuk merawatnya. Yuk, cari tahu di bawah ini! 

1. Rutin membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur

ilustrasi pria yang mencuci wajah (istockphoto.com/PonyWang)

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah rutin membersihkan wajah pada malam hari sebelum tidur. Mungkin kamu biasanya membersihkan wajah setelah bangun tidur, namun kamu sebaiknya melakukannya dua kali, yaitu sebelum dan sesudah tidur. 

Ini bertujuan supaya bakteri, keringat dan kotoran yang masih menempel di kulit, serta menyumbat pori-pori, akan terhempas. Di samping itu, kulit juga dapat bernapas dan kelembapannya terlindungi bila kamu selalu membersihkannya menjelang tidur.

2. Memakai produk dengan kandungan antioksidan

seorang pria mengaplikasikan skincare (unsplash.com/Lumin)

Berikutnya adalah memakai produk perawatan wajah yang mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan produk perawatan kulit utama yang bisa ditambahkan ke rutinitas apabila kamu terkena paparan asap rokok.

Antioksida bermanfaat untuk menstabilkan radikal bebas yang akan menjadi penyebab stres. Selain itu, produk antioksidan juga berguna untuk meningkatkan kadar kolagen, membatasi pigmentasi, hingga meredakan peradangan.

Baca Juga: 4 Pilihan Sunscreen untuk Atasi Flek Hitam, Wajah Bersih dan Cerah!

3. Menggunakan produk tabir surya

LANBENA Niacinamide Sunscreen SPF 50+ PA+++ (lanbena.id)

Kamu wajib menggunakan produk tabir surya ke kulit wajah setiap kali akan melakukan kegiatan di luar rumah. Walaupun berguna untuk melindungi paparan sinar matahari, namun produk ini ternyata juga dapat membatasi paparan asap yang susah untuk dikendalikan, yakni sinar UV atau matahari.

Sinar UV bisa menyebabkan kerusakan sel, yang mengakibatkan penuaan dini, kemunculan garis-garis halus, bintik matahari dan kulit kendur. Dengan begitu, penggunaan tabir surya sangatlah penting meskipun ketika cuaca mendung.

4. Menghindari kontak langsung dengan asap dengan memakai masker

ilustrasi masker dan hand sanitizer (unsplash.com/Katie Harp)

Kamu perlu menutup dan melindungi kulit wajah dari kontak langsung asap dan polusi dengn menggunakan masker. Ini bertujuan agar kulit wajah terjaga dari paparan asap dan juga polusi serta sengatan panas matahari.

Namun, kamu perlu ingat bahwa masker yang kamu pakai juga perlu diganti dan dijaga kebersihannya. Masker yang kotor akan menginfeksi kulit wajah, sehingga wajah bisa saja timbul jerawat atau masalah kulit yang lain. 

5. Memilih produk dengan kandungan tertentu

ilustrasi cowok memakai skincare (pexels.com/August de Richelieu)

Berikutnya, kamu perlu memakai produk perawatan yang mempunyai kandungan tertentu. Kamu juga harus memastikan kandungan ini akan diperlukan oleh kulitmu.

Bahan-bahan seperti ceramide, squalane, colloidal oat, dan madu manuka dapat menjadi bahan yang dapat membantu mengatasi peradangan, dan memberikan nutrisi pada kulit supaya kulit terlihat sehat.

Tips di atas bisa kamu terapkan agar wajah tetap sehat meski terpapar asap. Dapatkan wajah yang bersih dan bebas kusam! 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Toner untuk Mencerahkan Wajah, Terhindar dari Kusam!

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya