TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Menjaga Kadar Kolagen di Kulit agar Terlihat Lebih Awet Muda 

Harus diperhatikan!

ilustrasi suplemen kolagen (unsplash.com/Jellybee)

Seiring bertambahnya usia, maka produksi kolagen juga akan semakin menurun dalam kulit. Jika mengalami penurunan, maka akan berdampak pada kulit, seperti keriput atau munculnya tanda-tanda penuaan yang lain.

Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi, kan? Untuk mengantisipasinya, kamu bisa melakukan berbagai hal berikut ini supaya terlihat lebih awet muda. Apa saja? Yuk, cari tahu ulasannya di bawah ini.

1. Mengonsumsi makanan tinggi vitamin C

buah pepaya (instagram.com/babelanja.online)

Kamu harus mengusahakan untuk tidak kekurangan vitamin C setiap hari, karena vitamin C tak hanya baik untuk menjaga daya tahan tubuh, namun juga menjadi nutrisi penting untuk memproduksi kolagen.

Vitamin C bisa kamu peroleh dari jeruk, jambu merah, lemon, pepaya, kiwi, berbagai buah beri, wortel, brokoli, hingga paprika. Selain itu, sebagai pelengkap, kamu bisa meminum minuman suplemen vitamin C 500 mg. Tak hanya itu, kamu bisa rajin memakan makanan yang tinggi kolagen, misalnya saja chicken bone broth atau beef bone broth.

2. Menghindari kebiasaan yang dapat merusak kolagen

ilustrasi rokok (unsplash.com/Mathew MacQuarrie)

Banyak kebiasaan buruk yang bisa menghambat produksi kolagen untuk kulit. Misalnya saja tidak menggunakan sunscreen. Perlu kamu ketahui bahwa sinar ultraviolet membuat pertumbuhan kolagen di kulit menjadi terlambat.

Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa menjadi faktor berkurangnya kadar kolagen di kulit. Sama halnya dengan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan, mengurangi rokok atau bahkan berhenti, dan tidak mengonsumi terlalu banyak karbo.

3. Menggunakan skincare dengan kandungan kolagen

Plant Base Time Stop Collagen Ampoule (sokoglam.com)

Terdapat banyak skincare yang mengandung kolagen, mulai dari pembersih wajah, serum, essence, sampai dengan pelembap. Bahkan, dapat dipakai sejak usia 20-an untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuan.

Dengan pemakaian secara rutin, kamu bisa memperoleh kulit yang lebih kenyal dan mendapatkan nutrisi cukup.

Baca Juga: 10 Cara Pakai Petroleum Jelly untuk Perawatan Kulit, Bikin Awet Muda!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya