TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memanfaatkan Minyak Zaitun untuk Merawat Kulit Wajah, Glowing!

Cara praktis untuk membuat kulit wajah sehat

ilustrasi minyak zaitun (unsplash.com/Kadarius Seegars)

Minyak zaitun ternyata mempunyai berbagai manfaat untuk merawat kulit wajah. Kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah, seperti kekeringan, penuaan dini, bahkan jerawat.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Berikut beberapa cara menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan wajah.

1. Melembapkan kulit wajah

ilustrasi pria dengan kulit wajah sehat (unsplash.com/Mason Wilkes)

Minyak zaitun merupakan pelembap alami yang sangat optimal. Bahan ini kaya akan vitamin E dan antioksidan, sehingga bisa menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan melembapkan kulit lebih lama. 

Untuk memanfaatkan minyak ini, kamu cukup mengoleskannya beberapa tetes pada wajah yang sudah dibersihkan sebelum tidur, dan membiarkannya semalaman. Ketika bangun, kamu akan merasakan kulit yang terasa lembut dan kenyal.

2. Mengatasi jerawat

ilustrasi pria yang memencet jerawat (istockphoto.com/PeopleImages)

Berikutnya adalah mengatasi jerawat. Bahan ini mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bisa berguna untuk membantu meredakan peradangan dan mencegah kemunculan jerawat baru. 

Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dengan beberapa tetes tea tree oil. Kemudian aplikasikan pada area yang berjerawat. Kamu bisa melakukannya secara teratur untuk hasil yang memuaskan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sabun Zaitun dengan Manfaat yang Luar Biasa 

3. Mengurangi tanda penuaan

ilustrasi pria yang memiliki wajah kering (istockphoto.com/Prostock-Studio)

Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun, seperti vitamin E dan polifenol, bisa bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas yang mengakibatkan penuaan dini. Memakai minyak zaitun sebagai serum malam bisa membantu dalam mengurangi garis halus dan kerutan.

Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun secara tipis-tipis pada wajah dan leher sebelum tidur. Kamu akan mendapatkan kulit yang terlihat lebih muda dan segar.

4. Membersihkan kotoran yang menempel pada wajah

ilustrasi pria yang membersihkan wajah (istockphoto.com/Prostock-Studio))

Minyak zaitun dapat pula dipakai sebagai pembersih kotoran alami yang menempel di wajah. Bahan ini akan secara optimal membersihkan kotoran tanpa menyebabkan kulit kering. 

Kamu bisa menuangkan sedikit minyak zaitun pada kapas, kemudian usapkan pada wajah untuk mengangkat kotoran. Selanjutnya, bilas wajah dengan menggunakan air hangat untuk hasil yang bersih dan lembut.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya