TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Perbedaan Face Wash dan Face Scrub, Kenali Urutan Pemakaiannya!

Keduanya berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran

ilustrasi perbedaan face wash dan face scrub (Freepik.com/Freepik)

Bagi kamu yang sedang mencari produk perawatan wajah terbaik yang cocok untuk kulitmu, penting untuk mengetahui perbedaan fash wash dan face scrub. Meskipun memiliki bentuk yang hampir serupa, ternyata kedua produk ini memiliki sejumlah perbedaan yang masih jarang diketahui, lho. Apa saja itu?

Misalnya, tekstur dan cara pemakaian antara face wash dan face scrub ini cukup berbeda. Nah, jika kamu ingin mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasannya berikut ini, yuk.

1. Perbedaan tekstur

ilustrasi perbedaan tekstur face wash dan face scrub (Freepik.com/splitov27)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu perbedaan face wash dan face scrub adalah dari teksturnya. Face wash biasanya mempunyai tekstur seperti gel atau cair yang mudah untuk diaplikasikan ke wajah.

Berbeda dengan face scrub, produk ini memiliki scrub yang sama seperti namanya. Scrub ini terdapat kandungan eksfoliasi yang dapat berupa garam, gula, hingga biji-bijian halus yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Selain itu, tekstur face scrub juga jauh lebih tebal dan kental dibandingkan face wash.

2. Kandungan pada produk

ilustrasi bahan alami untuk skincare (Freepik.cpm/Freepik)

Perbedaan face wash dan face scrub dari segi tekstur yang telah dijelaskan sebelumnya dipengaruhi oleh kandungan pada produk tersebut. Perlu diketahui, face wash adalah pembersih wajah yang ringan untuk menghilangkan kotoran debu, sisa-sisa make up, hingga minyak berlebih pada wajah, sehingga bisa digunakan secara rutin.

Itulah mengapa, kandungan yang ada di dalam face wash umumnya tidak terlalu berat seperti face scrub, misalnya seperti surfaktan. Sedangkan face scrub, produk ini memiliki butiran scrub sebagai bahan kimia eksfoliasi. Salah satu kandungan yang ada pada face scrub biasanya seperti asam salisilat, serta tambahan kandungan antioksidan, vitamin, hingga berbagai bahan alami lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Charcoal yang Terkandung dalam Face Scrub Cowok, Pahami!

3. Fungsi yang terkandung

ilustrasi face wash (Freepik.com/Freepik)

Perbedaan face wash dan face scrub berikutnya adalah fungsi yang dihasilkan dari kedua produk perawatan wajah ini. Meskipun keduanya sama-sama berguna untuk membersihkan kulit, namun face wash memiliki fungsi untuk membersihkan kulit muka dengan cara yang lebih ringan.

Berbeda dengan face scrub, produk ini berfungsi untuk membersihkan wajah hingga bagian terdalam, yakni dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit wajah. Proses ini dilakukan melalui kandungan eksfoliasi yang ada di dalam produk face scrub.

4. Cara pemakaian

ilustrasi pria menggunakan face scrub (Freepik.com/Freepik)

Selanjutnya, perbedaan face wash dan face scrub yang tak boleh terlewat untuk diketahui adalah cara pemakaiannya. Face wash dapat digunakan setiap hari sehabis berkegiatan dengan cara membasuh muka terlebih dahulu, lalu aplikasikan face wash secukupnya pada wajah, gosok-gosok secara lembut, kemudian bilas dan keringkan dengan handuk bersih.

Sementara itu, saat menggunakan face scrub perlu lebih ekstra namun tetap berhati-hati. Pasalnya, kamu harus menggosokkan scrub pada wajah agar sel-sel kulit mati terangkat sepenuhnya. 

Namun, tetap pastikan untuk melakukannya dengan lembut agar tidak melukai kulit wajahmu ya. Biasanya, membilas face scrub dilakukan menggunakan handuk bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat agar lebih maksimal penggunaannya.

5. Waktu penggunaannya

ilusrasi scrub wajah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain cara pemakaian, perbedaan face wash dan face scrub terakhir yang penting untuk diketahui adalah waktu penggunaannya. Jika face wash dapat digunakan secara rutin maksimal 2 kali sehari karena mengandung bahan yang ringan, lain halnya dengan face scrub.

Sedangkan untuk face scrub, kamu tidak bisa menggunakannya secara rutin, cukup gunakan 1-2 kali dalam seminggu saja. Hal ini dilakukan agar kulit tetap terjaga, dan menghindari risiko terjadinya penumpukkan sel kulit mati pada wajah.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya