TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Starter Pack Perawatan Wajah Pria untuk Tampilan Lebih Segar

Gak perlu banyak layer skincare

ilustrasi cowok memakai skincare (pexels.com/cottonbro studio)

Perawatan wajah kin bukan hanya untuk perempuan, tetapi juga penting bagi pria untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit mereka. Dengan aktivitas yang padat, paparan sinar matahari, polusi, serta stres, kulit wajah pria membutuhkan perhatian ekstra agar tetap sehat, bersih, dan segar.

Memiliki perlengkapan perawatan wajah yang tepat juga akan membantu pria merawat kulit mereka dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Berikut ini lima perlengkapan perawatan wajah pria yang wajib dimiliki untuk menjaga kulit tetap optimal.

1. Facial wash

ilustrasi cowok cuci muka (pexels.com/RDNE Stock project)

Facial wash atau pembersih wajah adalah langkah dasar yang harus dilakukan oleh setiap pria dalam rutinitas perawatan wajah. Kulit wajah pria cenderung lebih berminyak dan tebal, sehingga rentan terhadap penumpukan kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Oleh karena itu, penting untuk memilih facial wash yang sesuai dengan jenis kulit, apakah kulit berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif. Facial wash yang baik akan membersihkan kotoran, minyak, dan residu yang menyumbat pori-pori tanpa membuat kulit menjadi kering.

Penggunaan facial wash secara rutin, terutama pagi dan malam hari, juga dapat membantu mencegah munculnya jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya. Kulit wajah yang bersih senantiasa akan terasa lebih segar dan siap untuk menerima produk perawatan lain, seperti pelembap atau sunscreen. Jadi, pastikan facial wash menjadi produk wajib di rutinitas perawatan wajahmu.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Kering

2. Exfoliator

ilustrasi cowok memakai skincare (pexels.com/August de Richelieu)

Exfoliator adalah produk perawatan wajah yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Terlebih, kulit pria cenderung menghasilkan sel kulit mati lebih banyak karena paparan lingkungan dan rutinitas mencukur.

Menggunakan exfoliator seminggu dua kali jelas akan membantu mempercepat regenerasi kulit dan menjadikan kulit wajah terlihat lebih cerah dan halus. Exfoliator sendiri tersedia dalam bentuk scrub atau chemical exfoliant yang mengandung asam AHA atau BHA.

Penting untuk tidak terlalu sering menggunakan exfoliator karena bisa menyebabkan iritasi, terutama bagi kulit sensitif. Dengan penggunaan yang tepat, exfoliator dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat dan masalah kulit seperti jerawat, serta meningkatkan penyerapan produk perawatan lainnya. Ini adalah langkah tambahan yang penting untuk menjaga kulit pria tetap segar dan sehat.

3. Moisturizer

ilustrasi cowok memakai moisturizer (unsplash.com/Cristi Ursea)

Pelembap atau moisturizer adalah produk yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan hidrasi kulit wajah pria. Setelah mencuci wajah, kelembapan alami kulit bisa berkurang, sehingga pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan dan menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Moisturizer tidak hanya untuk kulit kering, kulit berminyak pun membutuhkan pelembap yang ringan dan tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Produk moisturizer yang baik akan membantu menjaga elastisitas kulit, mencegah penuaan dini, dan mengurangi efek dari polusi serta paparan sinar matahari. Beberapa pelembap juga mengandung bahan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi kulit. Dengan rutin menggunakan pelembap, kamu dapat menjaga kulit wajah tetap sehat, terhidrasi, dan bebas dari masalah kekeringan atau kulit berminyak berlebihan.

4. Sunscreen

ilustrasi memakai sunscreen (pexels.com/Anna Tarazevich)

Salah satu produk perawatan wajah yang sering diabaikan oleh pria adalah sunscreen. Padahal, penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, hingga risiko kanker kulit. Sunscreen dengan SPF minimal 30 sangat dianjurkan untuk digunakan setiap hari, bahkan saat cuaca mendung sekalipun.

Menggunakan sunscreen secara teratur akan membantu mencegah munculnya noda hitam, garis halus, dan kerutan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Sunscreen juga menjaga warna kulit tetap merata dan mencegah kulit terbakar. Bagi pria yang sering beraktivitas di luar ruangan, sunscreen menjadi perlengkapan wajib untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan jangka panjang.

5. Serum wajah

ilustrasi cowok memakai serum (pexels.com/Ron Lach)

Serum wajah adalah produk perawatan yang mengandung konsentrasi bahan aktif lebih tinggi dibandingkan produk lain seperti pelembap. Serum dirancang untuk menargetkan masalah kulit spesifik, seperti hiperpigmentasi, garis halus, atau kulit kusam. Ada berbagai jenis serum yang diformulasikan khusus untuk pria, mulai dari serum untuk mencerahkan, anti-aging, hingga serum untuk mengontrol minyak.

Serum wajah ini biasanya digunakan setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan pelembap, agar bahan aktifnya bisa menyerap lebih dalam ke lapisan kulit. Dengan penggunaan yang konsisten, serum dapat memberikan perubahan nyata pada tampilan dan tekstur kulit pria, menjadikannya lebih sehat, cerah, dan bebas dari masalah kulit.

Perlengkapan perawatan wajah bagi pria kini semakin berkembang dengan berbagai produk yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit pria yang berbeda. Mulai dari facial wash hingga serum wajah, produk-produk ini membantu menjaga kesehatan dan tampilan kulit pria tetap optimal.

Dengan rutinitas perawatan yang sederhana namun konsisten, sebagai pria, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih, sehat, dan terlindungi dari berbagai faktor lingkungan yang merusak. Tidak hanya soal penampilan, merawat kulit juga membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 4 Skincare untuk Menghilangkan Mata Panda, Bikin Kulit Segar!

Verified Writer

Izi Mizi

I do everything what I wanna do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya