TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok di Rambut, Kembalikan Kesegaran!

Langkahnya sederhana banget buat dilakukan

ilustrasi mengeringkan rambut (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bau rokok yang menempel di rambut bisa menjadi masalah yang menjengkelkan, terutama bagi mereka yang sering berada di lingkungan perokok. Bau ini bisa mengurangi rasa percaya diri dan membuat rambut terasa tidak segar sepanjang hari.

Namun, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau rokok dari rambutmu. Buat yang belum tahu, simak langsung lima caranya berikut ini agar rambutmu kembali segar!

1. Cuci rambut dengan sampo yang mengandung aroma segar

ilustrasi keramas (freepik.com/ freepik)

Langkah paling sederhana untuk menghilangkan bau rokok dari rambut adalah dengan mencuci rambut menggunakan sampo yang mengandung aroma segar. Sampo yang beraroma kuat, seperti mint atau citrus dapat membantu menetralisir bau rokok dan memberikan aroma yang lebih menyenangkan pada rambut.

Pilih sampo yang juga memiliki kandungan pelembap agar rambut tetap sehat meskipun sering dicuci. Selain menghilangkan bau, mencuci rambut dengan sampo juga membersihkan residu dan partikel rokok yang menempel pada helai rambut.

Pastikan pula untuk memijat kulit kepala dengan lembut agar sampo bisa bekerja maksimal. Lalu, bilas dengan air dingin untuk menutup kutikula rambut, menjaga rambut tetap berkilau, dan harum lebih lama.

Baca Juga: 10 Potongan Rambut Crew Cut, Tampil Rapi dan Minimalis!

2. Gunakan dry shampoo sebagai solusi cepat

ilustrasi sampo (pexels.com/Cup of Couple)

Jika kamu tidak punya waktu untuk mencuci rambut, dry shampoo bisa menjadi alternatif yang praktis untuk menghilangkan bau rokok. Dry shampoo ini menyerap minyak dan kotoran di kulit kepala, sekaligus memberikan aroma segar pada rambut.

Cukup semprotkan dry shampoo pada akar rambut dan ratakan dengan jari, lalu sisir rambut agar produk meresap secara merata. Dry shampoo tidak hanya membantu menghilangkan bau rokok, tetapi juga memberikan volume tambahan pada rambut yang mungkin terasa lepek karena paparan asap. Produk ini sangat ideal untuk digunakan saat kamu sedang terburu-buru atau berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mencuci rambut.

3. Gunakan essential oil pada rambut

ilustrasi cowok pakai essential oil (pexels.com/doTERRA International, LLC)

Essential oil atau minyak esensial merupakan solusi alami yang efektif untuk menghilangkan bau rokok dari rambut. Beberapa minyak esensial seperti lavender, peppermint, dan tea tree juga dikenal memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan, yang bisa menutupi bau rokok sekaligus memberikan efek relaksasi.

Tambahkan beberapa tetes essential oil ke dalam air, lalu semprotkan ke rambut atau oleskan langsung pada helai rambut. Selain menutupi bau, kandungan dari essential oil juga bisa menutrisi rambut dan kulit kepala.

Penggunaan rutin essential oil bisa membantu menjaga kesehatan rambut, menjadikannya lebih lembut dan harum. Pastikan untuk memilih minyak esensial yang aman dan sesuai dengan jenis rambutmu.

4. Angin-anginkan rambut di tempat terbuka

ilustrasi cowok (pexels.com/Mustafa ezz)

Mengangin-anginkan rambut di tempat terbuka juga bisa menjadi cara sederhana untuk menghilangkan bau rokok. Udara segar dapat membantu mengurangi bau yang menempel pada rambut, terutama jika kamu berada di lingkungan dengan angin yang cukup kencang. Cobalah untuk berjalan-jalan di luar ruangan atau duduk di dekat jendela terbuka setelah terpapar asap rokok.

Angin yang bergerak akan membantu mengusir partikel-partikel bau dari rambutmu. Meskipun cara ini mungkin tidak seefektif mencuci rambut, ini adalah solusi sementara yang cukup membantu untuk mengurangi bau sebelum kamu bisa mencuci rambut secara menyeluruh.

Verified Writer

Izi Mizi

I do everything what I wanna do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya