TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Skincare Routine Pria di Musim Panas, Efektif Abis!

Sinar matahari membuat kulit kering dan kusam, lho!

Ilustrasi skincare routine pria (unsplash.com/Joseph Greve)

Musim panas atau kemarau merupakan iklim di Indonesia. Hawa panas pada musim panas berpengaruh besar terhadap kondisi kulit wajah, khususnya dapat menjadikan kulit kering dan kusam. Praktik skincare routine yang konsisten sangat penting. Rutinitas tidaklah harus mewah atau melibatkan banyak langkah dan produk.

Skincare routine pria simple dan basic, namun efektif ini membantu kulit selalu terhidrasi dan lebih cerah. Yang kamu butuhkan hanyalah meluangkan waktu dan memiliki skincare yang tepat, sesuai dengan kondisi wajah. Berikut terdapat tips skincare routine pria basic yang efektif bila diterapkan saat musim panas. Scroll down, guys!

1. Biasakan double cleansing

Ilustrasi skincare routine pria (unsplash.com/Lumin)

Double cleansing merupakan praktik dasar skincare routine dari Korea yang populer. Double cleansing berarti menggunakan dua jenis pembersih untuk mencuci wajah. Untuk pencucian pertama, mulailah dengan pembersih seperti micellar water.

Micellar water dapat membantu menghilangkan kotoran dan keringat yang menumpuk akibat cuaca panas. Caranya dengan menuangkan micellar water pada kapas, lalu, mulailah mengusapkannya ke wajah. 

Langkah kedua, gunakan pembersih wajah (face wash) sesuai dengan tipe kulit, seperti normal, berminyak, kering, berjerawat, maupun sensitif. Bersihkan wajah dengan face wash dilakukan setelah menggunakan micellar water. Lakukan double cleansing dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. 

Baca Juga: 4 Tahapan Skincare Routine ala Rowoon, Cocok untuk Sehari-hari!

2. Gunakan serum untuk hidrasi ekstra

Ilustrasi skincare routine pria (unsplash.com/Amplitude Magazin)

Setelah membersihkan wajah, jaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi dari sinar matahari dengan serum. Serum ini diformulasikan untuk mengatasi masalah seperti kekeringan, pigmentasi, jerawat, dan kulit kusam.

Serum biasanya berbentuk gel transparan atau cairan dengan tekstur ringan, sehingga cocok untuk dikombinasikan dengan produk perawatan kulit lainnya. Selama kondisi cuaca panas, pilih serum yang memiliki fungsi mencerahkan sekaligus menghidrasi.

Biasanya, serum dalam skincare routine pria dirancang untuk mengurangi pigmentasi, meningkatkan kecerahan, dan melembapkan kulit. Hero ingredients seperti vitamin C, hyaluronic acid, dan niacinamide merupakan tiga bahan utama dalam serum yang penting, untuk dapat menghidrasi, melembapkan, serta mencerahkan. 

3. Menambahkan pelembap

Ilustrasi skincare routine pria (unsplash.com/Cristi Ursea)

Sangat penting untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dari kulit setelah terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Kulit yang kering artinya tidak mendapatkan hidrasi yang cukup, sehingga dapat mempercepat proses penuaan. Maka, menambahkan pelembap sangat penting dalam skincare routine pria. 

Mengaplikasikan pelembap untuk oily skin, bisa memilih produk yang berbasis gel. Adapun untuk kulit sangat kering karena paparan sinar matahari atau jika kulit kering secara alami, sebaiknya pilih pelembap dengan formula anti aging.

Jenis krim ini mengandung kadar melembapkan yang lebih tinggi. Selain itu, pelembap dengan formula anti aging memiliki konsistensi yang lebih kental, sehingga lebih efektif dalam memberikan kelembapan ekstra. 

4. Wajib gunakan sunscreen

Ilustrasi skincare routine pria (unsplash.com/yue su)

Sunscreen menjadi produk skincare routine pria yan wajib ada. Tujuannya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, khususnya di cuaca panas yang akan membuat kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Baik itu di dalam ruangan atau di luar ruangan, sunscreen tidak boleh dilewatkan. 

Pria harus memprioritaskan penggunaan sunscreen spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi, untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Mengaplikasikannya setiap dua jam, terutama setelah berenang atau berkeringat, dapat melindungi kulit dari bintik-bintik penuaan, kanker, dan kulit kendur.

Langkah penting lainnya yaitu menghindari keluar ruangan di saat sinar UV paling intens, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 2 siang. Jika mengharuskan beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan topi.

5. Perawatan kulit wajah di klinik

Ilustrasi skincare routine pria (pexels.com/Omar Medina)

Selama musim panas, skincare routine pria harus disesuaikan untuk melawan paparan sinar matahari dan panas. Selain basic skincare routine, para pria dapat menambahkan langkah ekstra untuk memberikan hidrasi. Cara terbaik untuk melakukannya yaitu dengan melakukan facial atau perawatan kulit di klinik dermatologis.

Facial yang menghidrasi sangat bermanfaat selama waktu ini, karena dapat mengisi kembali kelembapan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Selain itu, kombinasi panas dan kelembapan sering kali menyebabkan produksi minyak berlebih dan kulit berminyak, sehingga eksfoliasi lembut sangat penting untuk mencegah jerawat.

Pria yang rentan terhadap jerawat dapat memanfaatkan perawatan yang mengandung bahan-bahan seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid, untuk menjaga jerawat tetap terkendali.

Verified Writer

Aliya

Reader and then writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya