TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Rekomendasi Sunscreen untuk Oily Skin dengan Hasil Matte Finish

Wajah anti kilang minyak!

Ilustrasi produk sunscreen (freepik.com)

Pentingnya sunscreen saat beraktivitas sangat penting. Para pria terkadang menyepelekan penggunaan sunscreen. Padahal, tidak memakai sunscreen dapat berakibat fatal bagi kulit. Mulai dari penuaan dini, sunburn, hiperpigmentasi, hingga kanker kulit. 

Menyepelekan penggunaan sunscreen juga disebabkan karena kulit yang berminyak. Para pria tentu seringkali merasa tidak nyaman saat harus mengaplikasikan sunscreen dengan kondisi kulit yang oily. Namun, banyak brand sunscreen saat ini telah memformulasikan produknya dengan bahan aktif khusus untuk kulit berminyak. 

Apalagi, ditambah dengan matte finish, yang tidak membuat kulit terlihat greasy. Sunscreen dengan matte finish banyak dicari oleh orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak. Yuk, cek rekomendasi sunscreen oily skin di sini!

1. ERHA - Perfect Shield Active Light Sunscreen

ERHA - Perfect Shield Active Light Sunscreen (dok. Erha Store)

Erha dikenal sebagai brand lokal yang memiliki rangkai produk skincare lengkap, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Di lini tabir surya, Erha mengeluarkan sunscreen khusus untuk aktivitas outdoor atau olahraga yaitu Perfect Shield Active Light Sunscreen dengan SPF 50 PA ++++.

Mendapatkan review sangat baik dari pengguna, sunscreen ini dapat menahan air dan keringat. Keunggulan lainnya yaitu lembut di kulit, tidak lengket, no whitecast, tidak membuat kulit abu-abu, dan yang pasti finish-nya matte!

Tentu produk ini menjadi rekomendasi sunscreen oily skin paling worth it yang mendukung kebiasaan pria beraktivitas outdoor, dan memiliki ukuran travel size, hingga mudah dibawa ke mana saja. Untuk harganya yaitu Rp199 ribu/50ml. 

2. Wardah - UV Shield Airy Smooth Sunscreen Serum

Wardah - UV Shield Airy Smooth Sunscreen Serum (dok. Wardah Beauty)

Wardah dengan branding lokal dan halalnya juga dikenal memiliki banyak inovasi pada skincare-nya. Di lini UV Shield Series, produk UV Shield Airy Smooth Sunscreen Serum SPF50 PA++++, ditujukan sebagai sunscreen oily skin dengan smooth powdery finish.

Sunscreen ini diformulasikan dengan riset yang intensif dan teknologi Skinboost DNA yang lindungi kulit hingga level DNA. Tekstur yang watery dan lightweight, cocok bagi pria yang sering beraktivitas di luar ruangan dengan tipe kulit berminyak.

Selain proteksi terhadap sinar UV, produk ini juga dilengkapi dengan powerful ingredients untuk merawat kulit berjerawat seperti Centella dan Bera Mineral. Untuk harganya ramah di kantong yaitu Rp50 ribuan/40ml. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunscreen Lokal di Bawah Harga Rp50 Ribuan, Cek Guys!

3. Oasea - Protective Tinted Mineral Matte Sunscreen

Oasea - Protective Tinted Mineral Matte Sunscreen (dok. Oasea)

Brand lokal pendatang baru Oasea, mencuri perhatian karena peduli pada pelestarian ekosistem laut. Protective Tinted Mineral Matte Sunscreen merupakan sunscreen yang memberikan perlindungan dari sinar UV dengan SPF 50 PA++++.

Produk ini mampu mencegah sunburn, kerutan pada kulit, bahkan photoaging. Suncreen dengan formula ringan ini memiliki universal tint yang cocok untuk semua warna kulit sehingga membuat warna kulit lebih merata dan dapat menyamarkan noda pada kulit.

Dilengkapi dengan tampilan matte finish sehingga cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, diperkaya dengan Squalane, Hydrolyzed Algae Extract, dan Chondrus Crispus Extract, sunscreen oily skin ini travel size friendly dan dibanderol dengan harga Rp229ribu/30ml. 

4. True To Skin - Sunfriends Soothing Sunscreen Gel

True To Skin - Sunfriends Soothing Sunscreen Gel (dok. Sociolla)

Brand lokal True To Skin juga memiliki produk sunscreen unggulan, yaitu Sunfriends Soothing Sunscreen Gel dengan SPF 50PA ++++. Sesuai dengan judulnya, produk ini memiliki tekstur gel ringan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan
sinar UV.

Kandungan Matcha, Cica, dan Betaine dapat melembabkan wajah serta memberikan nutrisi ekstra pada kulit. Tekstur gel ini cocok menjadi sunscreen oily skin karena cepat menyerap dengan matte finish. 

Ketika diaplikasi juga tidak meninggalkan whitecast, non-greasy dan tidak lengket. Dengan kemasan tube 30ml, produk ini praktis, bisa dimasukkan ke dalam saku jika sedang beraktivitas.harganya di sektara Rp79 ribu/30ml. 

5. Npure - Cica Beat The Sun Matte

Npure - Cica Beat The Sun Matte (dok. Npure Official)

Memiliki kemasan tube praktis 35ml, brand lokal Npure juga memformulasikan produk sunscreen unggulannya, khusus untuk kulit berminyak dan acne prone. Cica Beat The Sun Matte punya finishing matte dan mudah meresap ke kulit hanya dalam 15 detik.

Cica Beat The Sun Matte memiliki kandungan SPF 50 PA++ dan diformulasikan dengan kandungan organik dariCentella Asiatica Extract dan 5x UV Protection Agents. Ini membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB secara optimal dan mencegah terbentuknya flek hitam akibat sinar matahari.

Teksturnya ringan dan tidak meninggalkan whitecast, serta cocok untuk semua warna kulit. Sunscreen oily skin ini harganya juga relatif terjangkau yaitu Rp70 ribuan/35ml. 

6. Base - Ultra Matte Natural Sunscreen

Base - Ultra Matte Natural Sunscreen (dok. Base)

Rekomendasi sunscreen oily skin berikutnya yaitu dari brand lokal Base. Brand ini sempat hype karena kemasan colorful-nya mencuri perhatian. Produk Ultra Matte Natural Sunscreen juga unik karena memiliki warna kuning, namun setelah dipakai akan menyatu dengan kulit.

Sunscreen ini sangat ringan untuk proteksi sehari-hari dari sinar UV dan bluelight. Dengan hasil akhir matte yang bebas lengket tanpa whitecast, cocok untuk iklim tropis. Produk vegan ini bebas SLS, paraben, pewangi, serta pewarna artifisial. 

Produk ini juga mengandung Raspberry dan Blackcurrant Leaf Exctract untuk mencegah pori-pori tersumbat serta mengontrol minyak. Dilengkapi dengan Carrot Oil dan Ectoin, untuk proteksi menyeluruh dari Bluelight (HEV), kerusakan UV, dan radikal bebas. Untuk harganya di kisaran Rp130 ribu - Rp170 ribu/45ml. 

Verified Writer

Aliya

Reader and then writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya