TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Penting untuk Menemukan Versi Terbaik dari Dirimu Sendiri

Tips untuk menemukan versi terbaik dari dirimu

ilustrasi bahagia menjadi versi terbaik (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu merenung dan memikirkan, bagaimana cara menemukan versi terbaik dari dirimu sendiri? Terdengarnya seperti tugas yang berat, ya. Nyatanya menemukan versi terbaik diri sendiri tidak bisa didapatkan dengan proses yang cepat.

Berubah menjadi versi terbaik, membutuhkan langkah-langkah kecil dan dilakukan secara konsisten, agar bisa bertahan lebih lama. Berikut ini lima kiat penting untuk menemukan versi terbaik dari dirimu sendiri. Tidak perlu menunggu waktu yang tepat dan kondisi yang sempurna untuk mulai melakukannya, lebih penting untuk terus melangkah maju.

1. Nikmati momen-momen hidupmu saat ini

ilustrasi menikmati momen (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Masa depan dipenuhi misteri. Sedangkan masa lalu tidak bisa diubah, sebagai manusia kita hanya bisa belajar lebih baik darinya. Memikirkan kedua hal tersebut sering kali membuat kita banyak menghabiskan waktu. Hingga kita tidak bisa menikmati momen-momen saat ini.

Dengan melatih mindfulness, kita bisa lebih bisa menikmati segala momen-momen kecil dalam hidup yang sering kali terlewatkan. Kebahagiaan gak selalu datang dari segala bentuk pencapaian yang besar. Mindfulness akan membantu menemukan versi terbaik dari dirimu sendiri, dengan melihat lebih detail momen hidupmu.

2. Tidak berlarut-larut menyesali masa lalu

ilustrasi tidak menyesali masa lalu (Pexels.com/Mental Health America (MHA))

Kamu sadar atau tidak, kalau cara berpikir yang positif akan berpengaruh besar ke dalam hidupmu? Alih-alih berlarut-larut meratapi masa depan, mengapa tidak untuk mengubahnya menjadi pelajaran yang berharga. Dengan menggunakan pola pikir tersebut, kamu akan bergegas bangkit dan terus melangkah melanjutkan hidup.

Penting juga untuk menerapkan growth mindset ke dalam hidumu. Yakni menjadi orang yang berpikiran terbuka, percaya diri dengan meningkatkan kecerdasan dan kemampuan akan mendekatkan kamu pada hasil usaha yang memuaskan.

Dengan menerapkan growth mindset, secara perlahan kamu akan menemukan versi terbaikmu. Kamu berkembang menjadi pribadi yang tahan banting dengan tantangan. Malah melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk lebih berkembang.

Baca Juga: 6 Cara Hadapi Ketidakpastian dengan Growth Mindset, Optimis!

3. Tuliskan tujuan dan aksi yang detail untuk mewujudkan keinginanmu

ilustrasi menetapkan tujuan yang jelas (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menetapkan tujuan yang jelas menjadi syarat utama untuk bisa menemukan versi terbaik dari dirimu sendiri. Pastikan dalam menentukan tujuan yang spesifik, terukur, realistis atau dapat dicapai, dan menetapkan batasan waktu yang jelas. Dengan menuliskan tujuan dan aksi yang detail kamu akan termotivasi untuk mewujudkannya.

Kamu juga perlu melibatkan orang yang terpercaya atau profesional untuk sama-sama memantau tujuan yang telah kamu tetapkan. Tidak lupa untuk mengevaluasinya secara berkala, ya. Dalam kondisi tertentu kamu juga melakukan penyesuaian agar tujuan dan aksimu selaras dengan kondisi.

4. Memperluas networking

ilustrasi berkumpul dengan teman-teman (Pexels.com/cottonbro studio)

Hubungan yang positif mampu memberikan motivasi untuk bisa menemukan versi terbaik dari dirimu. Sediakan waktu untuk berkumpul dengan orang-orang terdekatmu, perbaiki hubungan yang telah rusak. Coba temukan kegiatan positif yang ada di lingkunganmu, misal bergabung dengan komunitas olahraga yang kamu suka secara online maupun offline.

Manfaatkan media sosial untuk saling berkoneksi dengan teman lama. Bahkan sosial media bia menjadi perantara untuk menemukan dan jalin kedekatan dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengamu. Prioritaskan untuk menjalin hubungan ynag bermakna, mengedepankan hubungan yang berkualitas bukan sekadar kuantitas.

5. Konsisten menerapkan pola hidup sehat

ilustrasi konsisten olahraga (Pexels.com/Leandro Boogalu)

Gak bisa dimungkiri, kondisi kesehatan fisik dan mental menjadi fondasi penting. Maka dari itu, penting untuk selalu mengkonsumsi menu makan bergizi, konsisten dengan jadwal olahraga serta jam tidur yang cukup. Kesehatan mental juga perlu kamu jaga, meluangkan waktu berkumpul dengan sahabat, traveling serta tekuni hobi yang bisa memberikanmu kebahagiaan.

Bangun kebiasaan berpikir positif dan berikan afirmasi positif untuk diri sendiri. Melalui kedua hal tersebut kamu dapat lebih percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki. Kesehatan fisik serta mental memiliki manfaatnya masing-masing yang selaras untuk membantumu menemukan versi terbaikmu.

Dengan lima kiat atau tips penting di atas, kamu bisa segera mulai menemukan dirimu yang baru versi lebih baik. Dalam prosesnya kamu juga perlu membuka hati, menerima kritik dan saran yang membangun dari orang terdekat. Perubahan positif dalam dirimu gak bisa ditemukan dalam satu malam, konsisten dan terus melangkah maju dengan menerapkan ke lima kiat di atas menjadi kunci pentingnya. Semangat!

Baca Juga: 5 Tips Jitu Mengubah Sifat Pesimis Menjadi Optimis, Ubah Mindset

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya