TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara untuk Menghindari Kembali ke Hubungan Toxic, Perlu Strategi!

Kamu berhak mendapatkan hubungan yang sehat 

pria mengeluh (pexels.com/Alex Green)

Menghindari kembali ke dalam hubungan yang toxic adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan emosional dan mental kita. Terjebak dalam hubungan yang tidak sehat dapat merusak kepercayaan diri, meningkatkan stres, dan mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Pada artikel ini, akan mengulas lima strategi yang dapat membantu kamu menghindari jatuh kembali ke dalam pola hubungan yang tidak sehat. Dengan memahami tanda-tanda dan mempraktikkan strategi ini, kamu dapat membangun hubungan yang lebih sehat dan bahagia. Simak terus sampai habis, ya!

 

1. Kenali pola hubungan yang toxic

ilustrasi pasangan (pexels.com/Trinity Kubassek)

Langkah pertama untuk menghindari kembali ke dalam hubungan toxic adalah mengenali pola-pola yang tidak sehat dalam hubungan sebelumnya. Tinjau kembali pengalaman kamu dan perhatikan pola konflik, manipulasi emosional, kekerasan, atau perilaku yang merugikan diri sendiri. Pertanyaan yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri adalah apakah hubungan tersebut membuat kamu merasa tidak aman, tidak dihargai, atau terjebak dalam siklus negatif yang sulit untuk ditinggalkan.

Dengan memahami tanda-tanda hubungan toxic, kamu dapat menghindari jatuh ke dalam perangkap yang sama di masa depan. Yuk, langsung cek pembahasannya di bawah ini!

2. Tingkatkan kecerdasan emosionalmu

Pria Menulis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi baik pada diri sendiri maupun orang lain. Dalam konteks hubungan, memiliki kecerdasan emosional yang tinggi membantu kamu dalam mengidentifikasi emosi negatif dan mengelolanya dengan cara yang sehat.

Latihlah kemampuan seperti mengatur emosi, berkomunikasi dengan jelas, dan membangun hubungan yang saling mendukung. Dengan meningkatkan kecerdasan emosionalmu, kamu dapat menghindari terperangkap dalam siklus hubungan toxic.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Toxic Relationship dengan Diri Sendiri, Perbaiki! 

3. Tetapkan batasan yang jelas

Berbicara berdua (pexels.com/Jopwell)

Ketika kamu mulai menjalin hubungan baru, penting untuk mengekspresikan kebutuhan dan harapan kamu dengan jelas. Tentukan batasan yang sehat dalam hal komunikasi, pengambilan keputusan, dan keterlibatan emosional. Jika pasangan kamu tidak menghormati batasanmu, pertimbangkan kembali apakah hubungan tersebut layak untuk diteruskan.

Penting untuk menyadari bahwa menjaga batasan yang sehat merupakan hakmu, dan kamu tidak perlu mengorbankan kesejahteraan pribadi untuk menjaga hubungan tersebut.

4. Jalin hubungan dengan orang yang mendukung

Pria dan Wanita Duduk di Bangku (pexels.com/Andre Furtado)

Mengelilingi diri kamu dengan orang-orang yang mendukung dan positif dapat membantu mencegah kamu kembali ke dalam hubungan toxic. Temui teman-teman yang menghargai dan mendukung kamu secara emosional. Bicaralah dengan mereka tentang pengalaman kamu dan bagaimana kamu berusaha untuk menghindari hubungan toxic di masa depan.

Jika kamu merasa tergoda untuk kembali kepada mantan pasangan yang toxic, bicaralah dengan teman atau anggota keluarga terpercaya yang dapat memberikan perspektif objektif dan memberikan dukungan moral.

Baca Juga: 5 Tips Menjalin Hubungan yang Sehat dan Bahagia, Bikin Langgeng!

Verified Writer

Salman Al Fansyauri

Peria Biasa Yang Suka Membaca Buku Berbagai Genre

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya