TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trik Atasi Kesepian di Lingkungan Kampus Baru, Jangan Pasif!

Memanfaatkan teknologi untuk menjaga hubungan

ilustrasi pria yang berkomunikasi dengan teman (unsplash.com/Priscilla Du Preez πŸ‡¨πŸ‡¦)

Kampus baru bisa menjadi tahapan yang cukup menantang bagi mahasiswa baru, karena mereka harus siap untuk beradaptasi dan membuat diri sendiri nyaman dengan lingkungan baru. Namun, terkadang kesepian menjadi salah satu masalah yang kerapkali dihadapi oleh mahasiswa baru. 

Perasaan tersebut bisa saja menyiksa dan mengganggu rutinitas. Lantas, bagaimanakah cara menghadapi rasa kesepian tersebut? Berikut beberapa triknya yang wajib banget kamu pahami.

1. Menjalin pertemanan baru

ilustrasi teman (unsplash.com/Chang Duong)

Pertemanan menjadi salah satu kunci untuk mengusir rasa kesepian di kampus baru. Kamu bisa mencoba bersikap terbuka dan ramah kepada mahasiswa lain. Kamu juga tak perlu ragu untuk membuka percakapan dengan orang-orang baru dan mengenalkan dirimu. Terdapat berbagai kesempatan untuk bertemu teman baru di kampus, misalnya saja saat masa orientasi berlangsung, klub dan organisasi mahasiswa, atau bahkan di ruang kuliah.

Kamu dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk mengenali orang lain yang mempunyai minat dan hobi yang sama denganmu. Kamu harus ingat, bahwa banyak orang di kampus yang juga merasa seperti kamu, jadi berani mencari pertemanan baru sangatlah penting.

Baca Juga: 5 Sikap Ketenangan yang Wajib Dipelajari Kaum Pria, Simak Bro!

2. Aktif mengikuti organisasi dan kegiatan kampus

ilustrasi pria yang berkomunikasi dengan teman (unsplash.com/Priscilla Du Preez πŸ‡¨πŸ‡¦)

Organisasi mahasiswa dan kegiatan kampus adalah tempat yang ideal untuk merasa lebih terhubung dengan orang lain. Kamu bisa mencari klub atau kegiatan yang sesuai dengan keinginanmu, seperti klub olahraga, kelompok keagamaan, atau kegiatan sosial. Kamu sebaiknya bergabung dengan salah satu dari mereka, dan kamu akan merasa lebih bersemangat untuk menjalani hari-hari di kampus.

Di samping itu, kegiatan kampus juga memiliki banyak manfaat, seperti membuka kesempatan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan baru, serta menambah skill dalam komunikasi. 

3. Menjalin hubungan dengan dosen dan staf kampus

ilustrasi pria yang berkomunikasi dengan dosen (unsplash.com/Priscilla Du Preez πŸ‡¨πŸ‡¦)

Dosen dan staf kampus tak hanya orang-orang yang akan menambah wawasanmu atau memberikan tugas serta ujian, namun mereka juga bisa menjadi mentor dan teman yang mendukung. Kamu tak perlu ragu untuk bertanya atau meminta bantuan saat mengalami kesusahan dalam kuliah atau kehidupan kampus. Kamu bisa mencoba untuk hadir ketika jam konsultasi dosen secara berkala dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka.

Dengan begitu, kamu bukan hanya memperoleh bimbingan akademis, namun juga mendapatkan nasihat berharga mengenai pengalaman kampus mereka sendiri. Dosen dan staf kampus ini akan suka dengan usahamu dan siap membantu menghilangkan rasa kesepianmu.

4. Memanfaatkan teknologi untuk menjaga hubungan

ilustrasi pria yang berkomunikasi dengan teman (unsplash.com/The Jopwell Collection)

Di era modern ini, teknologi mempermudah kita dalam menjaga hubungan dengan teman dan keluarga, walaupun berada di kampus baru. Kamu bisa menggunakan media sosial, aplikasi yang membantu dalam berkomunikasi, atau panggilan video untuk tetap melakukan komunikasi dengan orang-orang terdekatmu.

Kamu bisa membagikan cerita dan pengalaman kampusmu pada mereka, dan mendengarkan cerita mereka. Kamu bisa merasakan dukungan dan kasih sayang dari orang-orang terdekat ini, tanpa merasa kesepian lagi.

Baca Juga: 5 Sikap Pria Dewasa agar Tidak Mudah Direndahkan Orang Lagi, Penting!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya