TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Tetap Tegar Menghadapi Hidup yang Penuh Tantangan, Bisa Yuk!

Memahami bahwa segala sesuatu berubah

ilustrasi pria yang berhasil (unsplash.com/Emmanuel Ikwuegbu)

Menjalani hidup tak selamanya berjalan mulus. Terkadang terdapat banyak keinginan yang belum bisa terwujud. Selain itu, tak semua hal yang kita perjuangkan dapat sesuai dengan harapan.

Bahkan semakin bertambahnya usia, semakin banyak pula tantangan yang akan kita hadapi. Walaupun sulit, namun kita tetap harus menghadapinya. Berikut beberapa tips untuk tetap tegar menjalani kehidupan ini. 

1. Memahami bahwa segala sesuatu berubah

ilustrasi pria yang tersenyum (unsplash.com/Taylor Grote)

Supaya dapat tetap tegar dan kuat, kita perlu menjaga harapan hidup. Untuk memenuhi harapan, kita tak perlu selalu berada dalam kondisi yang luar biasa menarik dan memuaskan.

Kita hanya harus mengerti dan memahami bahwa segala sesuatu dapat berubah. Hal tersebut bisa membuat kita siap untuk menghadapi tantangan hidup yang silih berganti. Selain itu, kita pun dapat kembali berdiri setiap kali terjatuh.

Baca Juga: 5 Alasan Deep Talk Bisa Bantu Seseorang Menemukan Makna Hidup

2. Mengupayakan untuk tetap bergerak

ilustrasi pria yang sedang olahraga (unsplash.com/Chander R)

Semakin banyak tantangan hidup yang kita hadapi, terkadang menjadikan beban hidup terasa lebih berat. Hal tersebut seringnya menyebabkan kita berat untuk mengerjakan sesuatu, bahkan malas untuk melakukan kegiatan.

Tapi, malahan di saat seperti inilah kita harus tetap bergerak, agar terhindar dari sikap negatif dan overthinking. Jika masih berat melakukan sesuatu atau menyelesaikan sebuah persoalan berat, maka kamu dapat mencoba menjernihkan pikiran dengan cara berjalan-jalan atau olahraga ringan. Intinya upayakan untuk tetap bergerak supaya rasa semangat bisa tetap terjaga.

3. Fokus pada proses yang dijalani

ilustrasi pria yang berhasil (unsplash.com/Emmanuel Ikwuegbu)

Kita memiliki hak dan kebutuhan untuk terus berusaha yang terbaik. Sedangkan untuk hasilnya, kita tidak punya terlalu banyak andil.

Oleh karena itu, kamu harus fokus dalam menjalani setiap proses yang sedang dikerjakan atau diperjuangkan. Tantangan demi tantangan hidup akan selalu menghadang, dan terkadang kita hanya perlu mengikuti alurnya untuk dapat bertahan sebaik mungkin.

4. Mengizinkan diri untuk meminta bantuan

ilustrasi pria yang sedang mengobrol (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Dalam menjalani hidup, kita perlu mandiri dan lebih percaya diri. Akan tetapi, terkadang kita juga memerlukan bantuan atau pertolongan. Oleh karena itu, izinkan diri sendiri untuk memperoleh uluran tangan dari orang lain ketika kita benar-benar membutuhkannya.

Menjadi dewasa bukan berarti harus melakukan segalanya serba sendirian dan meminta tolong adalah hal yang bisa membantu meringankan beban kita jika dirasa terlalu berat. 

5. Memperkuat sandaran atau pegangan hidup

ilustrasi keadaan yang tenang (unsplash.com/Ümit Bulut)

Walaupun terkadang hidup terasa sulit, namun kita tetap dapat memperkuat sandaran atau pegangan hidup dari berbagai sisi dan cara. Bisa dari sisi agama, spiritualitas, sampai dengan lingkaran sosial atau hubungan yang positif. 

Setidaknya terdapat poros yang dapat kita jaga dan dapat memperkuat kita dalam menghadapi setiap kesusahan dan tantangan yang terus menghadang.

Meskipun tak selalu mudah, namun kita harus menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, apa pun yang terjadi, jangan mudah menyerah dengan keadaan, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Psikologis Opportunity Cost, Bikin Pilihan Hidup Bermakna

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya