TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Sederhana untuk Hidup Hemat, Harus Tahu Skala Prioritas! 

Kamu bisa lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang

ilustrasi daftar belanja (unsplash.com/Torbjørn Helgesen)

Hemat tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang memiliki uang pas-pasan. Namun, sikap ini juga penting dimiliki setiap orang agar mereka tak gelisah saat terjadi hal yang tidak terduga.

Selain itu, mereka yang berhemat bukan berarti mereka adalah orang yang susah, bisa jadi mereka melakukan hal tersebut untuk lebih mempersiapkan hidup di masa depan. Bagaimanakah tips supaya kita bisa hidup hemat dan tidak berlebihan dalam menghabiskan uang? Berikut ulasannya.

1. Membiasakan bergaya hidup minimalis 

ilustrasi tabungan masa depan (unsplash.com/Sandy Millar)

Cara hidup hemat yang pertama adalah dengan membiasakan diri untuk bergaya hidup minimalis. Secara garis besar, gaya hidup ini memberikan pemahaman bahwa pembelian barang bisa dilakukan bila disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak dilakukan secara berlebihan.

Ini berarti, kita disarankan untuk membeli barang-barang yang benar-benar menjadi kebutuhan kita dan bukan hanya karena keinginan semata. Dengan berperilaku seperti ini, membuat kita lebih bijaksana dalam menghabiskan uang kita.

2. Investasi 

ilustrasi investasi (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Investasi bisa membuat hidup lebih terarah dan memiliki tujuan ke depan. Ini juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan supaya bisa mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Kamu dapat memulai berinvestasi dengan menyisihkan sebagian pendapatanmu. Selain itu, kini telah tersedia berbagai macam aplikasi terpercaya untuk berinvestasi yang bisa diunduh secara gratis di smartphone. Namun tetap harus berhati-hari ya, karena banyak juga investasi bodong yang telah banyak menimbulkan kerugian bagi customer-nya.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Hemat Tanpa Menyiksa Diri, Mulai dari Mindset yang Tepat

3. Cashless 

ilustrasi pembayaran secara cashless (unsplash.com/David Dvořáček)

Cashless menjadi tips hidup hemat berikutnya yang juga dapat membantu kamu untuk berhemat. Mungkin banyak orang yang merasa ketika membawa uang cash secara berlebihan, malah berpotensi membuatnya lebih boros untuk mengeluarkan uang.

Namun, berbeda saat membawa uang secukupnya, kita akan lebih bijak menggunakannya dan membeli sesuatu sesuai dengan uang yang kita bawa. Oleh karena itu, untuk menghindari pengeluaran yang tidak penting, akan lebih baik bila kamu membawa uang tunai secukupnya.

4. Skala prioritas 

ilustrasi daftar belanja (unsplash.com/Torbjørn Helgesen)

Untuk menggunakan uang secara bijaksana, kamu perlu mengetahui dan juga menentukan skala prioritas. Sikap tersebut berguna supaya ke depannya kamu dapat membedakan antara hal yang harus kamu dahulukan atau hal yang dapat kamu tunda sementara waktu.

Selain itu, kamu juga tidak akan mudah tergoda untuk membeli sesuatu yang dirasa tidak terlalu penting. Misalnya saja, kamu sudah memiliki kulkas yang masih bagus, kemudian ketika jalan-jalan ke mall, kamu melihat ada diskon besar-besaran. Akan tetapi, kamu memilih untuk mengabaikannya karena kamu tahu mana yang harus kamu prioritaskan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Kerja untuk Pria Pekerja Keras, Wajib Tahu! 

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya