TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Orang Telah Berhasil Bangkit dari Kegagalan, Pahami Guys! 

Mempunyai sikap optimis 

ilustrasi pria yang bekerja keras (unsplash.com/Eugen Aschenbrenner)

Setiap orang tak terlepas dari yang namanya kegagalan. Walaupun sulit untuk menerimanya, namun terus terpuruk bukanlah menjadi pilihan. Oleh karena itu, kita harus bangkit dan belajar dari kesalahan sebelumnya agar tidak mengalaminya kembali. 

Orang yang berhasil bangun dan menata kembali hidupnya dari kegagalan mempunyai mental yang kuat dan sikap yang positif. Berikut ciri-ciri seseorang yang sudah berhasil bangkit dari kegagalan. 

1. Mampu mengendalikan emosi dengan baik

ilustrasi pria yang tenang (istockphoto.com/PrathanChorruangsak)

Orang yang berhasil bangkit dari kegagalan umumnya dapat mengendalikan emosinya dengan baik. Mereka tak mau membiarkan perasaan kecewa ataupun putus asa terus membayanginya.

Mereka akan segera bangkit dan mencari cara untuk mengubah emosi negatif menjadi energi positif. Sebagai contoh, mereka menggunakan kegagalan sebagai motivasi untuk menjadi individu yang lebih baik lagi.

Selain itu, mereka juga memiliki keinginan untuk mencari bantuan atau dukungan dari orang-orang terdekat saat dibutuhkan, karena mereka menyadari pentingnya kesehatan emosional dalam proses pemulihan.

Baca Juga: 5 Momen Pahit Kehidupan yang Akan Memaksamu Jadi Dewasa, Kegagalan?

2. Mempunyai sikap optimis

ilustrasi pria yang bekerja keras (unsplash.com/Eugen Aschenbrenner)

Optimisme merupakan salah satu ciri utama dari mereka yang sukses bangkit dari kegagalan. Mereka meyakini bahwa setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga dan peluang untuk terus belajar.

Mereka berusaha menata masa depan dengan penuh harapan dan percaya bahwa kesuksesan akan mereka raih selama mereka tidak menyerah. Mereka juga percaya bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan titik awal dari sesuatu yang lebih besar.

3. Fleksibel dan adaptif

ilustrasi pria yang bekerja keras (istockphoto.com/Ridofranz)

Kegagalan kerap kali memaksa kita untuk keluar dari zona nyaman dan berani melawan situasi yang tidak terduga. Mereka yang sukses bangkit dari kegagalan adalah mereka yang fleksibel dan adaptif.

Mereka mempunyai kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahan dan segera mencari solusi kreatif untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan tersebut menjadikannya lebih tangguh dan selalu siap menghadapi tantangan di masa depan.

4. Belajar dari pengalaman

ilustrasi pria yang bekerja keras (unsplash.com/manny PANTOJA)

Orang yang berhasil bangkit dari kegagalan tak menganggap hal tersebut merupakan akhir dari perjalanan mereka. Sebaliknya, mereka menjadikannya sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Mereka melakukan analisis apa yang salah, kemudian menemukan penyebab kegagalan, dan selanjutnya menjadikannya sebagai pelajaran berharga. Dengan begitu, mereka akan menjadi lebih bijaksana dan lebih siap dalam menghadapi tantangan berikutnya.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya