TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perilaku untuk Membuat Hidup Lebih Mudah dalam Mencapai Kedamaian 

Memaafkan dengan tulus

ilustrasi pria yang bersyukur (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Kedamaian hati merupakan sesuatu yang diinginkan oleh semua orang. Saat dihadapkan dengan tekanan hidup yang semakin berat, mencapai ketenangan dalam diri sendiri dapat menjadi tantangan besar.

Tapi, kedamaian hati bukanlah sesuatu yang tak mungkin dicapai. Dengan menerapkan sikap dan kebiasaan yang baik, kita dapat mencapai ketenangan dan kebahagiaan. Berikut beberapa sikap yang bisa kita lakukan untuk membuat hidup lebih damai.

1. Menerima apa adanya

ilustrasi pria yang tenang (istockphoto.com/PrathanChorruangsak)

Ketika kita bisa menerima segala hal yang terjadi tanpa banyak mengeluh, maka hati kita akan menjadi lebih tenang. Terkadang, ketidakpuasan dan rasa kecewa dapat muncul dari harapan yang tak sesuai dengan kenyataan.

Akan tetapi, saat kita bisa menerima setiap kondisi, baik itu kesuksesan maupun kegagalan, maka kita tak akan terbebani oleh perasaan kecewa maupun frustrasi. Selain itu, kita juga perlu melatih sikap menerima apa adanya tanpa perlu menyalahkan diri sendiri. 

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Bayang-Bayang Masa Lalu, Raih Kedamaian Diri!

2. Mengendalikan emosi dengan bijak

ilustrasi pria yang tenang (istockphoto.com/Mikhail Blavatskiy)

Emosi merupakan hal yang normal dan bisa terjadi kapanpun, namun bagaimana kita mampu mengontrolnya, bisa menentukan kedamaian hati kita. Mampu mengendalikan emosi dengan baik, akan membantu kita untuk tidak mudah menjadi marah, bersedih, atau merasakan kecemasan berlebihan. 

Kamu bisa belajar untuk memenangkan diri saat emosi akan menyerang, dengan cara memikirkan apa akibatnya saat kamu meluapkan emosi tersebut. Jika dirasa dampaknya jauh lebih besar, maka sebaiknya menenangkan diri adalah cara yang terbaik. 

3. Bersyukur setiap hari

ilustrasi pria yang bersyukur (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Rasa syukur merupakan cara terbaik untuk menggapai kedamaian hati. Saat kita fokus pada hal-hal yang sudah kita punya daripada meratapi apa yang tak bisa dimiliki, maka hati kita akan dipenuhi dengan rasa damai dan kebahagiaan.

Untuk melatih sikap ini, cobalah memberikan afirmasi positif setiap bangun tidur dan berterima kasih pada diri sendiri saat akan tidur. Kebiasaan sederhana ini bisa membantu kamu dalam melihat hidup dari perspektif yang lebih positif. 

4. Menjaga hubungan yang positif

ilustrasi pria yang berdiskusi (unsplash.com/Kenny Eliason)

Hubungan yang positif bisa memberikan dukungan emosional yang kuat. Sedangkan hubungan yang toxic hanya akan membuat beban hidup semakin berat dan dihantui dengan kegelisahan.

Untuk mewujudkan kedamaian hati, kamu perlu untuk menjaga hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitarmu. Kamu juga sebaiknya menghindari drama yang tak penting. Apabila terdapat hubungan yang membuatmu merasa tidak nyaman, maka tidak perlu takut untuk membicarakannya atau bahkan menjaga jarak bila diperlukan. 

5. Memaafkan dengan tulus

ilustrasi seseorang yang sulit memaafkan (istockphoto.com/kemalbas)

Memaafkan terkadang memang bukanlah hal yang mudah. Namun, demi kedamaian hatimu, kamu perlu untuk melakukannya. Selain itu, memafkan dengan tulus juga membuat kamu tidak memiliki beban dan tidak terus terjebak dengan masa lalu yang menyakitkan. Di samping itu, memaafkan tidak berarti melupakan atau membiarkan kesalahan orang lain, namun lebih kepada melepaskan beban emosional yang sedang kita pikul.

Nah, perilaku di atas bisa kamu terapkan untuk mencapai kehidupan yang damai. Saat hidup merasa damai, kita akan merasakan banyak hal yang membuat kita nyaman dan lebih menikmati hidup. 

Baca Juga: 3 Tips Menjinakkan Emosi Negatif untuk Capai Kedamaian Batin

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya