TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan yang Bikin Gak Punya Tabungan walau Pendapatan Besar

Royal ke semua orang! 

ilustrasi rencana membayar hutang (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Tidak sedikit orang yang berpikiran bahwa mempunyai pendapatan besar otomatis berarti tabungan akan melimpah. Tetapi, pada kenyataannya, pendapatan besar tak akan selalu menjamin kestabilan ekonomi.

Banyak orang yang berpendapatan besar namun nyatanya masih sering mengalami kesulitan finansial. Terdapat beberapa kebiasaan yang dapat menguras pendapatanmu tanpa disadari. Oleh karena itu, kamu perlu menyadari kebiasaan apa yang perlu kamu hindari. Yuk, cari tahu di bawah ini! 

1. Kebiasaan boros

ilustrasi tas belanja (unsplash.com/Tamanna Rumee)

Kebiasaan boros menjadi salah satu penyebab utama seseorang tak mempunyai tabungan walaupun memiliki penghasilan besar. Pengeluaran yang tak terkontrol untuk hal-hal yang sebenarnya tak terlalu penting, membuat kamu semakin tidak memiliki peluang untuk menabung.

Oleh karena itu, kamu harus bisa menghindari kebiasaan seperti belanja impulsif, makan di luar terlalu sering, atau membeli barang-barang mewah. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat anggaran bulanan dan disiplin dalam menerapkannya. 

2. Terlalu royal ke semua orang

ilustrasi teman (unsplash.com/Kimson Doan)

Menjadi orang yang royal kepada semua orang tidak selamanya baik. Ini dikarenakan kebiasaan tersebut malahan akan menjadi bumerang.

Membantu teman atau keluarga memang hal yang baik, namun kamu juga harus memastikan bahwa kamu tak mengorbankan kestabilan finansialmu sendiri. Kamu harus memahami dan mengerti batasan dan tetap bijaksana dalam memberikan bantuan finansial.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Stabil di Akhir Bulan

3. Utang dengan bunga besar

ilustrasi rencana membayar hutang (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Mengambil utang dengan bunga besar menjadi salah satu kesalahan finansial yang kerap kali dilakukan oleh banyak orang. Utang kartu kredit, pinjaman online, atau pinjaman dengan bunga tinggi lainnya dapat menyebabkan kamu terjebak dalam lingkaran setan utang. 

Bunga yang semakin hari semakin bertambah dapat menggerogoti pendapatanmu, jadi akan membuat kamu kesulitan dalam menabung. Kamu sebaiknya sebisa mungkin untuk menghindari hutang dengan bunga besar dan mengusahakan untuk segera melunasi utang yang ada. 

4. Gaya hidup konsumtif

ilustrasi mobil (unsplash.com/Joey Banks)

Gaya hidup konsumtif kerap kali menjadi godaan untuk mereka yang mempunyai pemasukan yang besar. Membeli barang-barang bermerek, gadget keluaran terbaru, atau liburan mewah memang terasa menggiurkan, namun gaya hidup seperti ini dapat membuat kamu tidak bisa menabung.

Kamu perlu memahami betapa pentingnya untuk membedakan antara keperluan dan keinginan, serta mengontrol diri dari godaan konsumtif. Kebiasaan ini cenderung akan membuat kamu sulit memiliki tabungan walaupun pendapatan kamu tergolong besar. 

5. Tak punya perencanaan keuangan

ilustrasi pria yang sedang bingung (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Tanpa membuat perencanaan keuangan yang baik, pendapatan besar pun dapat habis dengan cepat. Menyusun perencanaan keuangan akan membantumu dalam mengatur pengeluaran, menabung, dan berinvestasi.

Tanpa rencana yang jelas, kamu bisa saja akan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tak penting dan mengabaikan pentingnya untuk menabung. Oleh karena itu, mulai sekarang, susunlah perencanaan keuangan yang realistis dan mematuhi rencana tersebut.

Nah, kebiasaan-kebiasaan di atas perlu kamu hindari agar kamu bisa menabung dan menggunakan pendapatan kamu dengan lebih bijak. Jangan sampai kamu tak memiliki tabungan untuk masa depan kamu, ya! 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya