TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Dampak Buruk Bila Over Protektif terhadap Pasangan, Penting Nih!

Bisa bikin pasangan gak nyaman

ilustrasi pasangan yang sulit mengakhiri hubungan (unsplash.com/Moosa Moseneke)

Bersikap protektif terhadap pasangan boleh-boleh saja, karena tugas pasangan satu sama lain adalah saling menjaga, demi keutuhan hubungan. Akan tetapi, over protektif sangat tidak disarankan, karena bisa membuat pasangan merasa tidak nyaman, atau bahkan di level yang lebih tinggi, bisa membuatnya merasa terancam.

Terdapat banyak alasan mengapa over protektif tidak disarankan, karena memiliki dampak negatif dalam hubungan. Lalu, apa sajakah dampak negatif tersebut? Berikut ulasannya.

1. Pasangan merasa tidak nyaman

ilustrasi pasangan yang bertengkar (unsplash.com/Getty Images)

Dampak negatif yang pertama adalah salah satu pasangan merasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan terdapat salah satu pasangan yang terlalu mendominasi.

Padahal, dalam suatu hubungan, satu sama lain haruslah seimbang, saling mendukung, dan juga saling berkontribusi untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan langgeng.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Cepat Berbaikan dengan Pasangan Usai Bertengkar

2. Menyebabkan adanya pertengkaran

ilustrasi pasangan yang bertengkar (unsplash.com/Eric Ward)

Karena dari awal tercipta ketidaknyamanan, maka yang ada dalam hubungan adalah pertengkaran. Bahkan hal yang sepele pun bisa menjadi besar.

Tentu kamu tak ingin kan, hubungan percintaan yang kamu bangun berakhir sia-sia atau membuat pasanganmu menjauh darimu. Kamu harus bisa menenangkan dirimu dan mencoba percaya pada pasanganmu. Jika memang tidak ada hal yang mencurigakan, untuk apa kamu mencari-cari alasan untuk menyudutkan pasanganmu. 

3. Menimbulkan ketidakpercayaan

ilustrasi pasangan yang sulit mengakhiri hubungan (unsplash.com/Moosa Moseneke)

Membangun kepercayaan dalam hubungan adalah hal yang sangat penting. Over protektif hanya membuat pasanganmu merasa kamu tak percaya dengannya.

Selain itu, kamu juga membuatnya tak boleh melakukan apa yang dia suka atau melarangnya melakukan hobinya. Hal tersebut bisa membuatnya merasa terkekang, yang pada akhirnya dia merasa tidak bahagia bersama denganmu.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Narsis, Biar Gak Kaget!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya