TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Kering

Ketahui cara memilihnya secara tepat

ilustrasi moisturizer cream (pexels.com/cottonbro studio)

Kulit kering memang membutuhkan perawatan yang ekstra. Sebab kulit kering rentan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit terasa kasar, pecah-pecah, dan gatal. Untuk itu pemilik jenis kulit ini tak boleh asal dalam memakai produk skincare.

Saat memilih skincare untuk kulit kering, sangat penting untuk memperhatikan bahan kandungan yang dapat menghidrasi dan menutrisi. Namun tak perlu cemas, ada beberapa tips mudah dalam memilih skincare yang tepat. Yuk, simak langsung informasinya berikut ini!

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Minyak Zaitun untuk Merawat Kulit Wajah, Glowing!

1. Pilih cleanser dengan tekstur lembut

ilustrasi cleanser wajah (pexels.com/Amira Sheta)

Pertama memilih cleanser yang tepat untuk kulit kering. Produk ini merupakan item wajib yang menempati langkah pertama dalam tiap skincare routine. Cleanser berguna untuk membersihkan wajah dari berbagai residu, debu dan kotoran yang menempel pada wajah.

Khusus untuk kulit kering pilih cleanser yang bertekstur cream yang lembut, bebas dari kandungan alkohol dan pewangi. Sebab produk yang memiliki kandungan alkohol dan pewangi rentan menyebabkan iritasi dan memicu reaksi alergi pada kulit kering dan sensitif. Pilih juga cleanser yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, glycerin, ceramides, jojoba oil, dan squalane oil. Bahan-bahan tersebut bermanfaat dalam meningkatkan kelembapan, menutrisi kulit sekaligus menjaga skin barrier.

2. Cari serum yang melembapkan

ilustrasi serum wajah (pexels.com/Mikhail Nilov)

Serum juga merupakan produk tambahan yang penting dalam skincare routine, nih. Penggunaan serum berguna untuk merawat kulit dengan kandungan bahan aktif yang bisa meresap ke dalam kulit untuk memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah. Nah, untuk kulit kering, disarankan memilih hydrating serum yang kandungannya bisa meningkatkan kelembapan sekaligus memberi nutrisi pada kulit.

Bahan kandungan seperti hyaluronic acid, glycerin, dan squalane oil dapat membantu mempertahankan kelembapan, menambah hidrasi, dan membuat kulit terasa halus dan kenyal. Kamu juga bisa memilih serum dengan kandungan tambahan seperti niacinamide atau arbutin untuk mencerahkan kulit serta vitamin E sebagai antioksidan untuk kulit kering.

Baca Juga: Siapa Owner Daviena Skincare? Suami Istri Pebisnis Sukses

3. Pilih moisturizer yang menutrisi kulit

ilustrasi moisturizer cream (pexels.com/cottonbro studio)

Selanjutnya cari moisturizer yang diformulasikan khusus untuk kulit kering. Karena itu pilihlah produk yang bertekstur cream. Sebab cream lebih kental dan memiliki kandungan minyak lebih tinggi daripada losion atau gel, sehingga membuatnya lebih menghidrasi.

Melansir laman American Academy of Dermatology, Jason A. Clark seorang dermatolog asal Atlanta mengungkap jika moisturizer bertekstur cream akan menambah kelembapan pada kulit dan menyimpan lebih banyak air daripada yang bertekstur losion. Selain tekstur, pilih juga moisturizer yang mengandung bahan yang bisa menutrisi kulit seperti glycerin, hyaluronic acid, shea butter, atau ceramide. Hindari juga moisturizer yang mengandung pewangi untuk mencegah iritasi pada kulit.

Verified Writer

Martyna S

Freelance writer who love reading novel and watching film

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya