TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Bahan Alami

Wajah menjadi bersih dan lebih percaya diri

ilustrasi panu di wajah (freepik.com/freepik)

Kamu pasti pernah merasa risih dengan adanya panu di wajah, bukan? Panu merupakan kondisi kulit yang cukup umum terjadi. Sinar matahari, produksi sebum, dan faktor genetika bisa menjadi penyebab munculnya panu di wajah.

Walaupun tidak membahayakan, keberadaannya yang tampak di wajah bisa membuat kamu kurang percaya diri. Maka dari itu, kami akan memberitahu 5 cara menghilangkan panu di wajah dengan bahan alami. Simak, ya!

1. Menggunakan lemon

ilustrasi lemon (pexels/Lisa Fotios)

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang bagus untuk mencerahkan kulit dan antijamur yang bisa menjadi cara menghilangkan panu di wajah.

Caranya mudah, kamu cukup menekan lemon dan mengoleskan perasan airnya pada permukaan wajah yang berpanu, diamkan selama 10 menit. Lalu, bilas wajah dengan air dingin.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa mengulangi perawatan ini 2 kali dalam sehari.

Baca Juga: Panu, Penyakit Kulit yang Disebabkan oleh Bersarangnya Jamur di Tubuh

2. Menggunakan kunyit

ilustrasi kunyit (pexels.com/Karl Solano)

Kunyit ternyata bukan hanya digunakan untuk memasak, tapi juga bisa menghilangkan panu di wajah. Bahan masakan ini memiliki sifat antijamur yang bisa digunakan untuk mengobati panu di wajah. 

Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan air sampai membentuk pasta, lalu oleskan pada bagian wajah yang terkena panu. Biarkan sampai 30 menit, lalu cuci wajah dengan air hangat. 

3. Menggunakan madu

ilustrasi madu (pexels.com/Mat)

Madu dipercaya sebagai bahan alami yang bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, madu juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan panu di wajah. 

Caranya mudah, kamu cukup mengoleskan madu pada permukaan wajah yang berpanu, diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

4. Menggunakan lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya (unsplash.com/Sigmund)

Lidah buaya memiliki kandungan gel yang kaya akan nutrisi dan khasiat untuk kulit. Kamu bisa membelah lidah buaya, lalu mengoleskan gel-nya pada permukaan wajah yang terkena panu sebelum tidur. Setelah itu, diamkan semalam hingga pagi hari, lalu bilas wajah dengan air dingin.

5. Menggunakan cuka sari apel

ilustrasi cuka apel dan cuka biasa (rd.com)

Cara menghilangkan panu di wajah yang terakhir adalah dengan cuka sari apel. Cuka tersebut juga mengandung sifat antijamur yang bisa mengobati panu. 

Caranya cukup oleskan cuka ke area wajah yang terkena panu dengan bola kapas dan biarkan sampai mengering. Ulangi cara ini dua sampai tiga kali sehari sampai panu hilang, ya. 

Cara menghilangkan panu di wajah memang bukan perkara mudah. Tetapi dengan perawatan yang tepat dan rutin, panu di wajah pun pasti perlahan akan hilang. 

Gunakan bahan-bahan alami seperti di atas sebagai solusi perawatan kulitmu. Semoga tips di atas bermanfaat dan berhasil, ya!

Baca Juga: 10 Kata Berawalan Huruf 'P' yang Sering Salah Tulis, Panu atau Panau?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya