TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Cara Gunakan Baking Soda untuk Perawatan Tubuh, Cobain deh!

Pilihan yang ramah lingkungan dan terjangkau 

ilustrasi wanita menggunakan face mask (pexels.com/ivansamkov)

Selain menjadi bahan untuk memasak dan DIY untuk pembersih perabot, baking soda juga bisa menjadi bahan untuk perawatan tubuh. Ini karena produk tersebut sangat berguna untuk perawatan kulit dan rambut karena mampu berperan sebagai eksfolian alami, pemutih gigi, hingga pembersih kulit kepala.

Jika tertarik untuk memasukkan baking soda sebagai tambahan dalam perawatan tubuhmu, simak beberapa cara menggunakannya untuk perawatan tubuh lewat artikel berikut. Yuk, cek bersama!

1. Gunakan sebagai face scrub

ilustrasi membersihkan wajah (pexels.com/miriamalonso)

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan teratas kulit dapat menyebabkan kulit terlihat kusam bahkan menghambat penyerapan produk perawatan kulit. Maka, perlu untuk melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut. Salah satu caranya bisa dengan membuat sendiri DIY scrub wajah menggunakan baking soda.

Dilansir Byrdie, Dacy Knight, seorang editor dan penulis tentang perawatan kulit membagikan cara menggunakan baking soda untuk face scrub. Campurkan tiga sendok baking soda dengan satu sendok air untuk menciptakan pasta, lalu usapkan secara hati-hati dengan gerakan melingkar pada wajah dan akhiri dengan bilasan air hangat. 

Jika ingin cara yang lain, coba campurkan satu sendok teh baking soda dengan satu sendok teh madu organik di telapak tangan, lalu gosokkan bersama-sama. Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar di seluruh wajah, kemudian biarkan selama satu menit seperti masker sebelum membilasnya dengan air hangat.

2. Gunakan sebagai sampo

ilustrasi wanita mencuci rambut (pexels.com/arminrimoldi)

Setelah mencoba pemakaian banyak produk perawatan rambut dan gaya rambut, sering kali rambut bisa menjadi kusam dan rusak. Untuk mengatasi masalah ini, Dacy Knight juga memberikan tips membersihkan rambut dengan baking soda.

Caranya, campurkan sekitar seperempat ukuran koin baking soda ke dalam sampo, kemudian cuci rambut seperti biasa. Setelah mencuci rambut, helai rambut akan terasa lebih bersih dan terbebas dari residu produk yang menumpuk, sehingga rambut akan terlihat dan terasa lebih segar dan bersih.

Namun, terdapat beberapa peringatan terkait dengan penggunaan baking soda sebagai tambahan sampo untuk membersihkan rambut. Disarankan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. 

"Alkalinitas tinggi dari baking soda dapat mengganggu kutikula rambut, meninggalkan rambut menjadi kering, kusut, dan rentan terhadap kerusakan," kata Kate Denniston, N.D., seorang dokter naturopati berlisensi dan pendiri Los Angeles Integrative Health, dilansir Mind Body Green.

3. Sebagai eksfoliasi ketiak

ilustrasi eksfoliasi ketiak (freepik.com/jcomp)

Perubahan warna pada kulit di bawah ketiak dapat terjadi jika menggunakan deodoran yang mengandung bahan-bahan keras, seperti alkohol dan aluminium. Selain itu, bercukur juga dapat menjadi salah satu penyebab perubahan warna kulit pada ketiak, terutama jika dilakukan pada kulit yang kering atau dengan pisau cukur yang sudah tumpul.

Untuk mengatasi perubahan warna ini, Katherine Martinko, seorang ahli dalam gaya hidup berkelanjutan, dilansir Treehugger, membagikan tips membersihkan kulit ketiak dengan baking soda. Cara menghilangkan penumpukan produk deodoran dan sel-sel kulit mati menggunakan baking soda adalah dengan menggunakan bahan tambahan seperti minyak kelapa.

Campur kedua bahan, yaitu minyak kelapa dan baking soda menjadi pasta tebal. Kemudian, oleskan pada kulit ketiak dan lakukan pijatan lembut. Biarkan selama lima menit sebelum dibilas. Selain menjadi eksfoliator, baking soda juga berfungsi sebagai deodoran alami untuk membantu mengendalikan bau badan.

4. Menenangkan kulit setelah bercukur

ilustrasi wanita bercukur (pexels.com/karolinagrabowska)

Baking soda memiliki efek pendinginan yang menyegarkan pada kulit, sehingga sering digunakan untuk meredakan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Selain itu, baking soda juga dapat membantu mengurangi beberapa iritasi yang timbul setelah proses bercukur.

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman, seperti tonjolan dan luka bakar akibat bercukur, Katherine Martinko juga membagikan cara menggunakan baking soda untuk menenangkan kulit setelah bercukur. Cukup sediakan baking soda dan air, lalu campurkan keduanya hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit yang bersih dan biarkan mengering selama sekitar 10 menit. Ulangi langkah ini dua kali sehari sesuai kebutuhan untuk membantu meredakan gejala yang muncul setelah bercukur.

Baca Juga: 5 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka dan Baking Soda

5. Bisa dijadikan dry shampoo

ilustrasi menyisir rambut (pexels.com/karolinagrabowska)

Baking soda adalah bahan yang dapat menarik dan menyerap kelembapan, termasuk minyak rambut. Karena itu, banyak orang menggunakan baking soda sebagai pengganti alami untuk sampo kering berbahan kimia. Sampo kering memberikan alternatif yang cepat dan praktis untuk mencuci rambut tanpa harus menggunakan air. 

Caranya, hanya perlu menambahkan sedikit baking soda ke kulit kepala dan menggosokkannya dengan jari-jari untuk mendapatkan sensasi rambut yang segar, seolah-olah baru saja dicuci. Dengan demikian, baking soda dapat digunakan sebagai pengganti sampo kering untuk memberikan hasil yang serupa secara alami.

"Baking soda membantu menyegarkan rambut dan melawan penumpukan serta memiliki sifat antibakteri dan antimikroba," kata Jana Blankenship, seorang perumus produk, pendiri merek kecantikan alami Captain Blankenship, dan penulis buku Wild Beauty, dilansir Mind Body Green.

6. Sebagai masker wajah

ilustrasi wanita menggunakan face mask (pexels.com/ivansamkov)

Menggabungkan baking soda dan sari lemon segar dapat membuat masker wajah yang memiliki dua manfaat utama, yaitu membersihkan serta mencerahkan kulit wajah. Campuran ini memiliki semua elemen yang biasanya dicari dalam sebuah masker wajah.

Caranya, campur sari lemon dari setengah buah lemon dan satu hingga dua sendok makan baking soda, tergantung pada seberapa kental yang diinginkan. Untuk menyeimbangkan keasaman dan melindungi penghalang kulit, tambahkan satu sendok teh madu.

Oleskan campuran pada kulit wajah yang sudah bersih dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas dan keringkan wajah. Jangan lupa gunakan pelembap sebagai langkah akhir.

7. Sebagai pemutih gigi

ilustrasi membersihkan gigi (pexels.com/sorashimazaki)

Pernah dengar baking soda bisa digunakan untuk memutihkan gigi? Dilansir Verywell Health, yang ditulis oleh Kathi Valeii, seorang freelance writer tentang kesehatan, advokasi, dan pendidikan, penelitian mendukung penggunaan pasta baking soda untuk membersihkan dan memutihkan gigi, walaupun rasa dan tekstur baking soda dapat mengganggu. 

Jika tertarik mencoba, Dacy Knight membagikan cara menggunakan baking soda sebagai tambahan dalam memutihkan gigi. Caranya, cukup taburkan baking soda di telapak tangan, celupkan sikat gigi yang lembap ke dalamnya, dan kemudian sikat gigi selama sekitar satu menit. Setelah berkumur, lanjutkan dengan pasta gigi dan sikat gigi seperti biasa.

8. Gunakan untuk mandi

ilustrasi wanita dalam bath shower (unsplash.com/brucemars)

Dilansir Medical News Today, Jon Johnson selaku penulis, menuliskan, mandi dengan baking soda bisa bermanfaat untuk kulit yang sedang meradang dan teriritasi. Baking soda memiliki sifat detoksifikasi dan pembersih. Karena sifat alkalinanya, baking soda dapat memberikan efek yang menenangkan pada masalah kulit, seperti dermatitis, flare-up eksim, dan kondisi gatal lainnya, termasuk luka bakar matahari.

Jon Johnson juga membagikan cara menggunakan baking soda untuk mandi. Untuk bisa mandi dengan baking soda, sebaiknya tambahkan antara seperempat hingga 2 cangkir baking soda ke dalam air mandi yang hangat, lalu aduk dan pastikan seluruh bahan sudah larut sempurna.

Setelah baking soda benar-benar larut, selanjutnya rendam diri di bak mandi selama hingga 40 menit. Setelah mandi, keringkan kulit dengan handuk dan gunakan minyak alami atau lotion untuk melembapkan kulit.

Baca Juga: Cara Menggunakan Baking Soda untuk Mengatasi Jamur Tanaman

Verified Writer

Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya