TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Produk Perawatan Terbaik untuk Cegah Penuaan, Rekomendasi Ahli!

Barengi juga dengan pola hidup sehat

ilustrasi melakukan rutinitas skincare (pexels.com/Sora Shimazaki)

Untuk mencegah penuaan pada kulit wajah, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berbeda dengan rutinitas skincare pada umumnya, dalam hal ini kamu butuh bahan-bahan khusus yang dinilai mampu mencegah dan merawat tanda penuaan yang muncul.

Agar kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan, kamu perlu melindunginya dari bahaya sinar UV dan radikal bebas, serta mengembalikan atau meminimalkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, juga bintik hitam. Berikut, langkah-langkah serta produk skincare yang wajib kamu pilih dan lakukan.

1. Basic skincare

ilustrasi mencuci muka (pexels.com/Miriam Alonso)

Pertama, pastikan untuk gak melewatkan skincare dasar, seperti membersihkan wajah dengan sabun, menggunakan pelembap, dan menggunakan tabir surya di pagi hari. Rutinitas tersebut penting untuk dilakukan setiap hari baik itu pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur.

Untuk tahap pembersihan, Dendy Engelman, dokter kulit bersertifikat, dikutip Byrdie, menyarankan bila saat rutinitas malam sebaiknya melakukan pembersihan ganda. Maksudnya adalah menambahkan produk pembersih makeup sebelum mencuci wajah dengan sabun agar semua kotoran bisa terangkat tuntas.

"Untuk melakukan pembersihan ganda dengan benar, gunakan opsi berbahan dasar minyak sebelum kamu menggunakan pembersih berbahan gel. Minyak atau balm akan menghancurkan riasan, debu, dan kotoran. Lalu tindak lanjut gel memastikan kamu memiliki wajah dan  pori-pori yang bersih, serta penyerapan produk yang lebih baik," tambah Engelman.

2. Serum vitamin C di pagi hari

ilustrasi serum (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kandungan antioksidan dalam vitamin C sangat dibutuhkan kulit untuk mencegah penuaan. Dikutip Real Simple, Kseniya Kobets, dokter kulit kosmetik, menyebut, jika ingin mencegah penuaan, menstimulasi kolagen, dan mencerahkan kulit, maka vitamin C perlu masuk dalam rutinitas skincare kamu.

Salah satu produk yang bisa dipilih adalah serum yang punya kandungan vitamin C. Produk ini bisa kamu aplikasikan setiap pagi setelah menggunakan pelembap, sebelum sunscreen atau tabir surya.

"Sel-sel kulit kita terpapar kerusakan DNA dari luar akibat sinar UV, blue light, dan radiasi infra merah, serta polusi dan bahan kimia dari luar, metabolisme internal, dan stres. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan ampuh untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, sekaligus membangun kolagen dan mencerahkan kulit,” kata Kobets.

3. Masker wajah mingguan

ilustrasi menggunakan charcoal mask (unsplash.com/Chris Knight)

Berikutnya untuk perawatan setiap 1-2 kali dalam seminggu, kamu bisa juga menggunakan masker wajah. Produk ini sangat cocok buat kamu gunakan di malam yang tenang, karena juga bisa memberikan efek baik pada kulit di pagi hari.

“Masker berfungsi untuk menghidrasi dan memperkuat pelindung kulit. Pilihlah masker dengan kandungan peptida, ceramide, dan asam hialuronat yang bisa mendukung produksi kolagen yang dapat menghaluskan garis-garis halus dan kerutan," kata Shani Darden, dokter kulit bersertifikat, dilansir Byrdie.

Baca Juga: Skincare 101: Cara Bijak Gunakan Uangmu untuk Produk Skincare

4. Serum retinol atau bakuchiol

ilustrasi menggunakan produk retinol (unsplash.com/Christin Hume)

Produk lain yang bisa digunakan setiap 1-2 kali dalam seminggu lain adalah serum retinol, yang bisa kamu aplikasikan pada rangkaian perawatan malam. Darden menjelaskan, retinol mampu mencegah terbentuknya kerutan baru serta menghaluskan gari-garis tanda penuaan. Selain itu, produk ini juga membantu mengurangi pigmentasi melalui pergantian sel.

Namun untuk kulit sensitif, produk retinol mungkin gak akan cocok denganmu. Selain itu, produk ini juga gak direkomendasikan buat ibu hamil dan menyusui. Sehingga, sebagai gantinya kamu bisa pilih serum serum bakuchiol yang aman digunakan setiap hari pada pagi dan malam.

Bakuchiol adalah alternatif retinol yang bagus karena kulit beberapa orang gak dapat mentoleransi retinoid yang diresepkan. Bakuchiol memiliki sifat retinol, tapi gak menyebabkan iritasi. Ini membantu pergantian sel dan menjaga kulit kamu tetap sehat, sekaligus meratakan warna dan pigmentasi kulit," jelas Elizabeth Hale, dokter kulit bersertifikat, dikutip Byrdie.

5. Krim mata

ilustrasi menggunakan krim mata (pexels.com/Anna Shvets)

Kerutan di area mata menjadi salah satu tanda penuaan yang cukup mengganggu bagi sebagian orang. Selain itu, karena teksturnya yang lebih tipis jika dibandingkan area wajah lain, menjadikan area mata perlu perhatian ekstra dan perawatan khusus, salah satunya dengan menggunakan krim mata.

Darden mengatakan, bila penting untuk menjaga bagian bawah mata tetap terhidrasi, karena ini yang membantu mengurangi kerutan dan menjaga kulit tetap plumpy. Jika kulitmu butuh hidrasi ekstra, coba tambahkan serum asam hialuronat sebelum pelembap. 

Untuk krim yang punya kandungan vitamin C, kamu bisa gunakan di pagi hari sebelum mengaplikasikan tabir surya dan menghilangkan mata panda. Selain itu, krim ini juga bisa digunakan di malam hari untuk membuat kulit lebih cerah saat pagi hari.

Itulah beberapa produk skincare yang perlu dipilih untuk mencegah penuaan. Selain menggunakan perawatan kulit dari luar, untuk hasil yang lebih optimal barengi juga dengan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan seimbang dan olahraga rutin. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Urutan Night Skincare Routine Remaja, Coba Terapkan Sekarang!

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya