TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Atasi Kulit Tangan yang Selalu Kering, Jangan Sering Kena Air!

Pastikan juga tubuh tetap terhidrasi

ilustrasi tangan kering (pexels.com/Ron Lach)

Beberapa orang mungkin mengalami permasalahan kulit tangan yang selalu kering, meskipun wajahnya dan tubuhnya gak seperti itu. Umumnya, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, seperti perubahan suhu atau penggunaan air dan sabun yang dipilih bisa menyebabkan kulit tangan jadi pecah-pecah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa diikuti. Yuk, catat dan ikuti langkah-langkahnya!

1. Kurangi mencuci tangan dan gunakan sabun yang mengandung vitamin E

ilustrasi mencuci tangan (pexels.com/Jenny K.)

Meskipun rajin mencuci tangan baik untuk menjaga kebersihan, tetapi bagi beberapa orang, itu akan menimbulkan masalah baru, yakni kulit tangan jadi kering. Untuk mengatasi masalah tersebut, Lydia Shedlofsky, dokter kulit, dikutip wikiHow, menyarankan, sebaiknya gunakanlah sabun yang mengandung lidah buaya, coconut oil, alpukat, atau cocoa butter. 

Selain itu, sabun dengan vitamin E dan minyak jojoba juga bisa membantu melindungi kulit kering. Karena kondisi kulit setiap orang berbeda, maka kamu bisa pilih sabun dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan, gak harus mencakup semua bahan-bahan yang disebutkan. Selain itu, jika kamu gak perlu mencuci tangan untuk kebutuhan higienis, cukup oleskan sabun cair tanpa air, dan bersihkan dengan lembut.

2. Gunakan sarung tangan karet saat melakukan pekerjaan rumah

ilustrasi menggunakan sarung tangan karet (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika mencuci tangan bisa kamu minimalisir, maka berbeda dengan melakukan pekerjaan rumah. Kamu gak bisa menghindari hal tersebut hanya karena tanganmu gak bisa terlalu lama terkena air dan sabun.

Untuk mengatasinya, kamu bisa dibantu dengan penggunaan sarung tangan karet dan gak menyerap air. Shedlofsky mengungkapkan, bahan kimia dari produk pembersih piring, lantai, dan detergen dapat merusak kelembapan kulit.

Jadi, pilihlah sarung tangan karet atau lateks untuk melindungi kulitmu. Kamu juga bisa terapkan hal serupa untuk kegiatan lain, seperti berkebun, memetik cabai, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Permasalahan Quarter Life Crisis dengan Positif 

3. Langsung lembapkan kulit setelah terkena air

ilustrasi menggunakan krim tangan (pexels.com/Moose Photos)

Meskipun sudah pilih sabun dengan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, kamu masih tetap perlu melembapkan kulit dengan bantuan lotion. Dikutip Byrdie, Marisa Garshick, dokter kulit bersertifikat, mengatakan bila air itu sangat kering dan bisa membuat kulit mengalami dehidrasi. Sehingga, penting untuk mengoleskan krim tangan segera setelah mencuci tangan, cuci piring, juga mandi.

"Mengoleskan lotion tepat setelahnya adalah cara terbaik untuk mengunci kelembapan yang sangat dibutuhkan. Kamu bisa juga simpan krim tangan di samping wastafel sebagai pengingat yang berguna. Jika sulit, usahakanlah untuk setidaknya melembapkan dua kali sehari, termasuk sebelum tidur," kata Garshick.

4. Gunakan beberapa produk perawatan

ilustrasi menggunakan produk pelembap (pexels.com/SHVETS production)

Perawatan lain yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan beberapa produk bermanfaat yang kulitmu butuhkan. Sama seperti perawatan kulit wajah, kamu bisa juga melakukan beberapa rangkaian untuk merawat kelembapan kulit tanganmu.

Seorang dokter kulit, Kseniya Kobets, dilansir Byrdie, menyebut, mulailah dengan menggunakan krim yang mengandung humektan (bahan yang mampu menarik air dan menjebaknya di kulit) seperti gliserin dan asam hyaluronat. Selanjutnya, pilih formula emolien yang melembutkan dan menghaluskan kulit seperti ceramides.

"Jika melakukan tahapan-tahapan tersebut terasa cukup berat untukmu, carilah formula yang mengandung ketiga kategori bahan tersebut yaitu, humektan, emolien, dan oklusif," saran Kobets.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Handbody Cerahkan Kulit di Minimarket, Cobain Semua deh!

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya