TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Kulit Sawo Matang

Hindari produk dengan kandungan pemutih

ilustrasi menyentuh leher (unsplash.com/shotbyjudeus)

Merawat kulit harus dilakukan dengan penuh perhatian dan kehati-hatian. Sebab kulit adalah aset berharga yang mendukung penampilan kita sehari-hari. Sering kali orang menjadikan standar kulit yang bagus adalah yang cerah dan putih, padahal itu adalah standar yang salah.

Kulit sawo matang merupakan salah satu jenis kulit yang khas dan eksotis, terutama di kawasan Asia Tenggara. Kulit ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, dengan melanin yang memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar UV. Seperti jenis kulit lainnya, kulit sawo matang juga memerlukan perawatan yang tepat untuk tetap sehat, lembap, dan bercahaya.

Memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit sawo harus seksama, karena tidak semua produk yang beredar di pasaran cocok dengan kebutuhan kulitmu. Berikut adalah tiga tips memilih produk perawatan kulit yang sesuai untuk kulit sawo matang!

1. Pahami kebutuhan spesifik dari kulit sawo matangmu

ilustrasi perawatan kulit (pexels.com/Yan Krukau)

Memilih produk perawatan kulit harus diawali dengan mengetahui jenis dan kebutuhan kulitmu. Kulit sawo matang juga bisa memiliki berbagai tipe, seperti kulit kering, berminyak, kombinasi, atau bahkan sensitif. Dengan memahami jenis kulit, ini akan membantu kamu memilih produk yang tepat.

Misalnya, jika kulitmu berminyak, cari produk yang nonkomedogenik dan bebas minyak untuk menghindari pori-pori tersumbat. Sebaliknya, untuk kulit kering, pilih produk yang lebih kaya akan pelembap. Untuk mengetahuinya, kulit berminyak akan terlihat mengkilap terutama di area T-zone (dahi, hidung, dagu) dan rentan terhadap jerawat.

Kulit kering akan cenderung kasar, bersisik, atau terasa kaku setelah dibersihkan. Sedangkan kulit sensitif akan mudah teriritasi dan bereaksi terhadap produk tertentu yang menyebabkan kemerahan, gatal, atau rasa terbakar.

2. Pilih produk dengan perlindungan matahari yang cukup

ilustrasi menggunakan sunscreen (pexels.com/cottonbro)

Kulit sawo matang memiliki lebih banyak melanin yang membantu melindungi kulit dari sinar UV. Namun, tetap saja membutuhkan perlindungan tambahan dari tabir surya. Produk perawatan kulit yang mengandung SPF sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Pilihlah pelembap atau foundation dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan sehari-hari. Meski melanin melindungi kulit dari sinar UV, paparan berlebih tetap dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti penuaan dini dan kanker kulit.

Paparan sinar matahari dapat memperburuk hiperpigmentasi pada kulit sawo matang. Oleh karenanya, selalu gunakan tabir surya ketika kamu beraktivitas di luar ruangan. Ulangi untuk mengaplikasikannya sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 8 Tips Perawatan Kulit Sawo Matang, Glowing dan Gak Kusam!

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya