TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Menyamarkan Dark Circle dengan Makeup, Tampilan jadi Mulus!

Gunakan trik-trik sederhana dalam merias wajah

proses makeup di bawah mata (pexels.com/George Milton)

Dark circle atau lingkaran hitam mengacu pada perubahan warna yang muncul di bawah mata sehingga bisa membuat penampilan jadi kurang maksimal, bahkan terlihat tidak semangat. Banyak sekali penyebab munculnya dark circle yang bisa membuat penampilan kamu jadi kurang optimal, tetapi dengan penggunaan makeup yang tepat, maka dark circle tersebut bisa disamarkan sehingga riasan bisa membantu kamu tampil lebih optimal dan segar.

Untuk itu, bila kamu memiliki masalah dark circle dan ingin menyamarkannya dengan optimal, maka empat cara menyamarkan dark circle memakai makeup ini bisa dimanfaatkan untuk menutupi kekurangan tersebut.

1. Gunakan korektor oranye

ilustrasi corrector palette (pexels.com/RDNE Stock project)

Korektor menjadi salah satu produk riasan yang kerap digunakan sebagai dasar untuk menyamakan warna di sekitar kulit supaya bisa nge-blend dengan produk makeup selanjutnya. Kali ini, kamu bisa memanfaatkan korektor berwarna oranye atau peach untuk membantu menutupi dark circle atau lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Dengan menggunakan warna tersebut, maka nantinya kamu bisa menutupi noda di bawah mata dengan optimal sehingga dark circle akan tersamarkan.

Cara menggunakannya bisa dilakukan dengan mengoleskan korektor tersebut secara ringan di area lingkaran hitam, kemudian tap-tap sampai warnanya tertutupi dengan optimal. Setelah itu, kamu bisa menggunakan produk makeup lainnya seperti biasa untuk menghasilkan riasan yang maksimal dan tampak menawan di kulit.

Tentunya, pemilihan korektor juga bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan, tidak harus selalu berpatokan pada warna oranye atau peach, dan pastikan untuk menggunakan produk makeup yang memiliki formula cocok untuk kulit kamu supaya bisa bekerja dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi dan semacamnya.

Baca Juga: 4 Produk Kosmetik yang Bisa Diganti Pakai Concealer

2. Pakai concealer dengan teknik segitiga terbalik

ilustrasi liquid concealer (unsplash.com/Karly Jones)

Cara selanjutnya yang bisa kamu tarapkan ialah dengan menggunakan metode segitiga terbalik untuk menyamarkan dark circle di bawah mata menggunakan concealer. Metode ini menjadi salah satu cara umum yang mampu memberikan dimensi pada penampilan kamu, agar tampak segar dan natural.

Hal yang harus diperhatikan dengan seksama ialah pilih concealer yang memiliki coverage baik untuk membantu menyamarkan lingkaran hitam. Kemudian bentuk segitiga terbalik yang mengarah ke pipi dan blending menggunakan spons, brush, atau jari secara lembut untuk meratakan concealer tersebut. Pastikan kamu meratakannya dengan baik.

Dengan demikian, kamu bisa melihat perbedaan antara bagian yang sudah ditutupi concealer dan tidak. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya untuk membuat riasan lebih natural, rapi, dan membuat wajah kamu lebih segar.

3. Tutupi dengan foundation

Botol foundation (freepik.com/freepik)

Foundation dapat digunakan untuk membantu menyamarkan dark circle di bawah mata dalam beberapa kondisi. Cara ini cukup efektif apabila dark circle yang ada di bawah mata kamu tidak terlalu gelap warnanya. Sebab foundation lebih umum digunakan untuk menyamaratakan warna kulit, sementara dark circle terkadang memerlukan produk yang ekstra untuk bisa menyamakan warna kulit dengan area sekitarnya.

Oleh sebab itu, jika kamu memiliki kondisi dark circle yang masih ringan, maka penggunaan foundation bisa dijadikan opsi. Kamu juga bisa men-tap-nya menggunakan jari supaya hasilnya lebih optimal atau ditimpa dengan beberapa lapisan produk kosmetik tersebut.

Namun, tentunya akan jauh lebih baik jika kamu menggunakan produk makeup tambahan untuk membantu menyamarkan dark circle, apalagi kondisinya cukup gelap.

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Dark Circle di Bawah Mata, Sudah Tahu? 

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya