TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Simak 5 Cara Mengaplikasikan Foundation agar Awet dan Tahan Minyak!

Cara ini juga buat makeup tahan minyak dan keringat, lho!

ilustrasi perempuan memakai foundation (freepik.com/Anastasia Kazakova)

Foundation merupakan salah satu rangkaian penting dalam tahapan makeup. Berguna untuk membuat kulit tampak lebih halus dan menyamarkan dark spot, foundation merupakan tahapan dasar sebelum kamu berlanjut mengaplikasikan produk makeup lainnya.

Untuk itu, membuat foundation lebih tahan lama merupakan kunci makeup yang awet. Agar foundation dapat bertahan sepanjang hari, ada beberapa teknik khusus yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak tips mengaplikasikan foundation agar lebih tahan lama di bawah ini!

1. Persiapkan kulit dengan baik

ilustrasi memakai skincare (freepik.com/artursafronovvvv)

Dilansir Vogue, sebelum mengaplikasikan foundation, pastikan kulitmu bersih dan terhidrasi dengan baik. Gunakan pembersih wajah yang lembut, lalu aplikasikan masker wajah atau sheet mask sesuai dengan jenis kulit untuk memaksimalkan hidrasi.

“Mulailah dengan mengaplikasikan sheet mask yang secara khusus ditargetkan untuk jenis kulit, dengan bahan-bahan seperti mawar untuk mengatasi sifat berminyak, lidah buaya untuk mengatasi kekeringan, dan teh hijau untuk meredakan peradangan. Setelah masker, pijatkan pelembap dengan lembut ke dalam kulit untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi bengkak,” tutur penata rias Nina Park dikutip Vogue.

Tahapan persiapan kulit ini sangat penting karena kulit yang terhidrasi dan sehat akan membantu foundation menempel dengan lebih baik, memberikan hasil yang lebih halus dan tahan lama. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu, disertai dengan gerakan memutar. Langkah-langkah ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan, sehingga kulit terlihat lebih segar dan siap untuk mengaplikasikan makeup.

2. Aplikasikan primer

ilustrasi makeup (pexels.com/cottonbro studio)

Primer adalah produk yang berfungsi sebagai dasar sebelum foundation. Ini membantu mengisi pori-pori dan garis halus, menciptakan permukaan yang lebih rata untuk foundation. Pilih primer yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, seperti primer mattifying untuk kulit berminyak atau hydrating primer untuk kulit kering.

“Gunakan anti-shine primer untuk titik-titik yang terlihat kusam seperti dahi, garis rambut, sisi hidung, dan di sekitar mulut, dan kemudian aplikasikan primer secara tipis dan mencerahkan untuk bagian atas tulang pipi,” tambah Park.

Untuk mengaplikasikan primer, kamu dapat menggunakan ujung jari yang ditepuk perlahan ke kulit wajah. Setelah mengaplikasikan primer, disarankan untuk menunggu sekitar 1 hingga 2 menit sebelum mengaplikasikan alas bedak. Waktu tunggu yang singkat ini memungkinkan primer untuk set dan menciptakan dasar yang halus dan rata untuk foundation.

3. Aplikasikan foundation dengan teknik yang tepat

ilustrasi menggunakan base makeup (pexels.com/cottonbro)

Gunakan alat aplikator yang sesuai, seperti spons makeup atau kuas foundation, untuk mengaplikasikan foundation secara merata. Mulailah dengan jumlah yang sedikit, lalu tambahkan foundation jika diperlukan. Pastikan untuk meratakan foundation hingga ke garis rahang dan leher agar tampilanmu terlihat natural.

“Meskipun preferensi pribadi tentu saja berperan dalam alat apa yang kamu pilih, setiap alat memberikan hasil yang berbeda. Seperti untuk tampilan natural dan no makeup makeup look, kamu dapat mengaplikasikan foundation dengan ujung jari yang ditepuk perlahan ke kulit wajah,” ucap penata rias Cara Lovello, dikutip Real Simple.

Dari segi waktu, jari-jari tangan adalah cara tercepat untuk mengaplikasikan alas bedak dan yang terbaik untuk tampilan yang alami. Namun, cara ini juga merupakan cara yang paling merepotkan. Di sisi lain, menggunakan kuas memungkinkan kamu mendapatkan tampilan yang penuh cakupan, tetapi makeup tools ini dapat meninggalkan goresan dari bulu kuas. Terakhir, spons, dipercaya sebagai cara terbaik untuk mendapatkan aplikasi alas bedak yang sempurna, memberikan tampilan yang menyatu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Foundation Anti Cakey, Beri Finish Look yang Flawless!

4. Aplikasikan foundation dari arah tengah ke luar

ilustrasi orang memakai foundation (pexels.com/MART PRODUCTION)

Gunakan foundation hanya di bagian yang benar-benar diperlukan. Mulailah dari bagian tengah wajah, di bagian pipi, lalu ratakan secara perlahan. Bagian penting lainnya yang harus diperhatikan dari wajah adalah area di sekitar mulut, yang cenderung memiliki rona dan yellow undertones.

Dikutip Real Simple, oleskankah empat olesan alas bedak pada bagian tengah pipi, bagian bawah dahi, dan bagian tengah dagu. Dari sana, kamu harus membaurkannya dari bagian tengah wajah ke arah tepi, pastikan kamu juga membaurkan bagian bawah rahang dan bagian atas leher.

Teknik ini tidak hanya membantu menjaga sebagian besar cakupan di bagian tengah wajah yang sebagian besar minyak dan keringat berkumpul, tetapi juga dapat memberikan memberikan dasar yang sangat merata tanpa penumpukan foundation di sepanjang garis rambut. Ratakanlah dengan lembut menggunakan spons atau kuas foundation untuk hasil yang halus dan merata.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya