TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memperbaiki Tampilan Makeup yang Crack

Perbaiki agar hasil makeup kamu kembali flawless

ilustrasi orang makeup (pexels.com/RDNE Stock project)

Pernahkah kalian mengalami hasil makeup yang tiba-tiba crack atau pecah? Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Bisa jadi karena skin preparation yang kurang maksimal, produk yang dipakai terlalu berat, pengaruh cuaca, makeup tidak terbaur secara merata, dan masih banyak lagi.

Ini menjadi masalah yang cukup menyebalkan, khususnya ketika kita sedang berada dalam acara penting. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut lima cara memperbaiki tampilan makeup yang crack. 

Yuk, simak dan catat caranya!

1. Tap-tap bagian yang crack dengan tisu kering dan puff cushion

ilustrasi tap-tap pakai puff (pexels.com/RDNE Stock project)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengontrol bagian wajah yang crack dengan tisu kering. Apabila dirasa berminyak, kamu juga bisa menggunakan kertas minyak, ya. Tap-tap secara perlahan dan jangan digeser.

Setelah itu, tap-tap kembali menggunakan puff bedak atau cushion secara perlahan. Pilihannya adalah kamu bisa memanfaatkan sisa produk yang menempel pada puff atau kamu bisa mengambil lagi dari wadah cushion.

Ini sebenarnya tergantung pada preferensi masing-masing. Jika ingin yang natural dan samar, maka aplikasikan secara tipis dengan tidak menambahkan isi cushion pada puff.

2. Touch up makeup yang memudar di wajah

ilustrasi orang memakai blush on (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Kamu juga bisa touch up kembali makeup yang dirasa memudar. Misalnya, pada bagian blush on warnanya memudar dan crack akibat keringat. Maka, kamu bisa touch up kembali menggunakan jenis powder blush on.

Kemudian, apabila yang crack adalah pada bagian lipstik, kamu bisa gunakan lip balm terlebih dulu baru gunakan lipstik, ya. Jadi, sesuaikan saja bagian yang crack dengan produknya.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Alat Makeup, Terhindar dari Bakteri

3. Finishing dengan bedak tabur

ilustrasi wanita memakai bedak (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Setelah melakukan dua cara sebelumnya, kamu bisa akhiri dengan memakai bedak tabur. Ini dikarenakan bedak tabur menghasilkan tampilan yang natural dan tentunya ringan di wajah.

Kalau tidak ada bedak tabur, bisa juga gunakan bedak padat, tetapi aplikasikan dengan brush, ya. Jadi, produk yang terambil tidak terlalu banyak dan finish-nya tetap natural.

4. Kunci makeup dengan setting spray

ilustrasi menggunakan setting spray (pexels.com/Ron Lach)

Setelah semua makeup kamu sudah set dengan rapi tanpa crack, kamu bisa menguncinya dengan setting spray. Pastikan bahwa setting spray yang kamu gunakan sesuai dengan tipe kulit, ya.

Kamu bisa coba teknik pengaplikasian setting spray 'banjir', lho! Yaitu dengan memakai setting spray sebanyak-banyaknya hingga wajahmu banjir. Ini bertujuan agar hasil makeup lebih tahan lama, waterproof, dan smudgeproof.

Verified Writer

Fatimah Tuzzahrah

hope my articles are beneficial for you (;

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya