TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menggunakan Skincare untuk Remaja, Sesuaikan Kebutuhan!

Penggunaan skincare untuk remaja tidak boleh sembarangan

ilustrasi wajah (pexels.com/Miftah Rafli Hidayat)

Pada usia remaja ternyata tidak sedikit yang mengalami masalah pada kondisi kulit akibat aktivitas yang banyak dan perawatan kulit yang kurang tepat. Tidak heran apabila usia remaja juga sudah mulai menggunakan produk skincare tertentu yang memang masih benar-benar dasar, sehingga bisa meminimalisir masalah pada kulit wajah.

Sebetulnya menggunakan skincare untuk remaja tidak boleh dilakukan sembarangan karena harus tepat dan tidak sampai menimbulkan efek buruk untuk kulit. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips berikut ini dalam menggunakan skincare untuk para remaja agar kondisi kulit wajahnya tetap sehat dan terawat dengan baik.

1. Pilih produk skincare sesuai jenis kulit

ilustrasi toner (pexels.com/Victografi)

Setiap remaja biasanya memiliki kondisi kulit dan masalah yang berbeda-beda, sebab ada yang mungkin memiliki kulit wajah kering, berminyak, berjerawat, berkomedo, dan lain sebagainya. Setiap masalah pada kulit wajah pastinya membutuhkan solusi yang juga berbeda, sehingga tidak bisa disamakan begitu saja.

Tidak heran apabila kamu harus cermat dalam memilih produk skincare yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit agar bisa membantu mengatasi masalah kulit yang terjadi. Jangan sampai kamu justru menggunakan skincare yang fungsinya tidak sesuai dengan masalah kulit wajahmu, sehingga tidak membuat kulit pun jadi tampak lebih baik.

2. Lakukan perawatan dengan konsisten

ilustrasi ilustrasi toner (pexels.com/SHVETS production)

Sebetulnya kunci penting yang harus dilakukan oleh para remaja adalah bagaimana caranya melakukan perawatan diri dengan konsisten. Ternyata tidak semua remaja mampu untuk merawat kondisi kulitnya dengan baik, meski sudah memiliki skincare masing-masing di rumah.

Jika para remaja dapat menggunakan skincare tersebut dengan rutin dan sesuai dengan takaran yang diperlukan, maka nantinya kondisi kulit wajah pun akan terlihat jauh lebih baik. Oleh sebab itu, jangan sampai justru penggunaan skincarenya bolong-bolong karena malas, sehingga fungsinya jadi tidak maksimal pada saat diaplikasikan ke wajah.

Baca Juga: Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulit

3. Gunakan tabir surya secara rutin

ilustrasi sunscreen (unsplash.com/BATCH by Wisconsin Hemp Scientific)

Penggunaan tabir surya atau sunscreen bukan hanya terbatas untuk orang dewasa saja, namun remaja bahkan anak-anak juga membutuhkannya. Seperti yang diketahui bahwa paparan sinar Matahari memang tidak bisa dihindari, apalagi untuk kamu yang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Para remaja juga memerlukan penggunaan tabir surya secara rutin termasuk dengan melakukan re-apply selama beberapa jam sekali untuk memastikan bahwa kondisi kulit wajah tetap aman. Disarankan menggunakan sunscreen minimal SPF 30 untuk mencegah masalah kulit yang mungkin muncul akibat paparan sinar Matahari berlebih, sehingga jangan sampai kulit wajahmu mengalami hal yang serupa.

4. Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi

ilustrasi eksfoliasi (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Banyak dari para remaja yang sangat suka pada saat melakukan eksfoliasi pada wajah, sebab biasanya sel-sel kulit mati kotoran dan noda pun jadi ikut meluruh. Bahkan setelah melakukan proses eksfoliasi biasanya kulit wajah akan terasa sangat lembut pada saat disentuh, sehingga membuat para remaja menjadi senang dalam melakukannya.

Satu hal yang perlu diingat adalah tidak boleh melakukan eksfoliasi terlalu sering, apalagi jika dilakukan setiap hari. Eksfoliasi yang terlalu sering dapat menyebabkan adanya risiko kering pada wajah, bahkan berpotensi mengalami iritasi dan menghilangkan minyak alami yang dimiliki kulit wajah.

Verified Writer

Deska Chalis

Berusaha memperbanyak membaca dan menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya