TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Makeup Pecah atau Crack, Salah Pilih Primer!

Makeup yang crack jelas bisa membuat riasanmu berantakan

ilustrasi foundation (pexels.com/MART PRODUCTION)

Intinya Sih...

  • Makeup yang pecah bisa membuat riasanmu berantakan
  • Kulit kering menjadi penyebab utama makeup pecah, gunakan pelembap sesuai jenis kulit
  • Pemilihan primer, penggunaan foundation, setting powder, dan perawatan kulit yang tepat dapat mencegah makeup pecah

Makeup yang pecah atau crack memang menjadi salah satu maasalah yang sangat menyebalkan, apalagi jika kamu harus menghadiri acara-acara yang dianggap penting. Mungkin kamu sudah meluangkan waktu dan usaha untuk tampil sesempurna mungkin, namun ternyata hasil makeupnya justru pecah dan membuat riasanmu jadi berantakan.

Sebetulnya makeup yang pecah biasanya terjadi pada saat foundation, concealer, atau produk lainnya tidak menyatu dengan kulit secara maksimal dan menyebabkan tampilan wajah menjadi tidak rata. Untuk mengantisipasi potensi makeup pecah atau crack yang mungkin terjadi, sebaiknya kamu bsia memahami beberapa penyebabnya berikut ini.

1. Kondisi kulit yang kering

ilustrasi wajah (pixabay.com/yiyiphotos)

Kulit kering ternyata menjadi salah satu penyebab utama mengapa makeup bisa pecah saat diaplikasikan. Hal ini bisa terjadi ketika kulit kekurangan kelembapan, maka foundation dan produk lainnya jadi tidak bisa menempel dengan sempurna, sehingga memunculkan adanya retakan atau pun pecahan pada bagian permukaan kulit.

Kamu harus memastikan bahwa kondisi kulitmu terhidrasi dengan baik sebelum mengaplikasikan makeup. Kamu bisa menggunakan pelembap yang disesuaikan dengan jenis kulit, sehingga dapat meresap dengan baik sebelum mulai merias wajahmu agar nantinya bisa membantu makeup tersebut untuk menempel dengan lebih baik.

2. Penggunaan primernya tidak tepat

ilustrasi foundation (pexels.com/cottonbro studio)

Primer berfungsi sebagai dasar yang akan membantu makeup menempel dengan lebih lama dan terlihat halus. Namun, penggunaan primer tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus disesuaikan dengan jenis kulit, sehingga tidak menyebabkan tampilan makeupnya menjadi mudah pecah.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, maka usahakan untuk menggunakan primer yang dapat membantu mengontrol minyak tersebut. Namun, jika kamu memiliki kulit yang kering, maka pilihlah primer yang dapat memberikan kelembapan agar nantinya dapat membantu menciptakan permukaan yang halus, sehingga makeup dapat bertahan dengan lebih lama tanpa khawatir crack.

3. Mengaplikasikan foundation secara berlebihan

ilustrasi foundation (pexels.com/cottonbro studio)

Baca Juga: 5 Makeup Palette Harga Rp60 Ribuan, Menarik untuk Dicoba!

Mengaplikasikan foundation ternyata harus diperhatikan dengan baik agar nantinya tidak sampai merusak makeup yang kamu miliki. Kamu tidak bisa mengaplikasikan foundation terlalu banyak karena akan membuat tampilan makeup jadi terlihat tebal dan pada akhirnya mudah pecah. Hal ini terjadi karena layering foundation yang berlebihan membuat produk tersebut jadi menumpuk.

Kamu bisa mencari solusinya dengan mengaplikasikan foundation dalam lapisan tipis dan membaurkannya dengan baik ke seluruh bagian. Kamu bisa menggunakan sponge atau pun brush untuk memastikan agar foundation yang digunakan dapat merata dan menyatu secara maksimal pada kulit.

4. Tidak menggunakan setting powder

ilustrasi bedak (unsplash.com/Joanna Kosinska)

Penggunaan setting powder ternyata menjadi bagian yang tidak kalah penting karena berfungsi untuk mengunci makeup di tempatnya dan emngurangi minyak berlebih. namun, banyak orang yang tidak menggunakan setting pwoder, sehingga membuat makeup tersebut jadi rentan bergerak dan pada akhirnya pecah seiring berjalannya waktu.

Kamu disarankan untuk menggunakan setting powder yang translucent atau sesuai dengan warna kulit, serta diaplikasikan secara ringan saja di area yang rentan berminyak seperti T-zone. Cara ini dilakukan untuk membantu agar penggunaan makeup tetap pada tempatnya dan tidak mudah mengalami pecah.

5. Tidak merawat kulit dengan benar

ilustrasi jerawat (pexels.com/Kindel Media)

Kamu harus menyadari bahwa ternyata perawatan kulit yang tidak memadai bisa menjadi salah satu penyebab makeup mudah pecah atau crack. Hal ini karena kulit yang kondisinya tidak bersih, tidak terhidrasi, atau pun tidak terlindungi dengan baik akan membuat produk makeup pun jadi semakin sulit menempel dengan baik.

Kamu disarankan untuk secara aktif melakukan perawatan pada kulit, termasuk dengan membersihkan, melembapkan, dan memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar Matahari. Perawatan kulit yang tepat akan membantu kulitmu terlihat halus, sehingga mudah untuk mengaplikasikan makeup agar tidak mudah mengalami pecah atau crack.

Risiko makeup crack memang bisa terjadi pada siapa pun, khususnya dalam kondisi kulit yang kurang sehat. Selain itu, pengaplikasikan makeup harus sesuai agar tak membuat tampilannya jadi berantakan. Jangan sampai membiarkan makeupmu pecah!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tisu Pembersih Makeup, Gak Perlu Ribet Lagi!

Verified Writer

Deska Chalis

Berusaha memperbanyak membaca dan menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya