TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Manfaat Menggunakan Sunscreen Secara Rutin, Kulit Terproteksi!

Penting sekali memproteksi kulit dari paparan sinar UV

ilustrasi sunscreen (unsplash.com/Lal MAHAMMAD)

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu produk perawatan kulit yang sering digunakan oleh banyak orang, bahkan dianggap sebagai skincare penting untuk keperluan sehari-hari. Meski dianggap sebagai skincare utama, namun tetap saja banyak orang yang kerap mengabaikan penggunaannya dan justru bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Sunscreen berperan penting dalam melindungi kulit dari risiko paparan sinar matahari, apalagi bagi kamu yang mungkin kerap melakukan aktivitas di luar ruangan. Oleh sebab itu, coba perhatikan beberapa manfaat utama berikut ini yang bisa kamu peroleh apabila menggunakan sunscreen secara rutin setiap hari.

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya

ilustrasi hidung (unsplash.com/Joseph Greve)

Seperti yang diketahui bahwa salah satu manfaat utama dari penggunaan sunscreen adalah melindungi kulit dari paparan sinar Ultraviolet atau sinar UV. Sinar UV tentu saja sangat berbahaya, baik itu UVA atau pun UVB, sehingga hal ini harus dihindari apabila kamu tidak ingin sampai mengalami masalah pada kondisi kulit wajahmu.

Sinar UV dapat berpotensi merusak sel-sel kulit, sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah yang tidak dinginkan. Setidaknya jika kamu menggunakan sunscreen secara rutin, maka dapat memberikan lapisan pelindung yang bisa mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari secara langsung.

2. Mencegah risiko penuaan dini

ilustrasi wajah (unsplash.com/Christian Buehner)

Paparan sinar UV sebetulnya dapat menjadi salah satu penyebab dari penuaan dini, sehingga wajahmu jadi rentan terlihat lebih tua dari usia semestinya. Biasanya wajah yang mungkin mengalami penuaan dini dapat ditandai dengan adanya kerutan, garis halus, hingga flek hitam pada kulit yang dapat mengganggu penampilan.

Penggunaan sunscreen setidaknya dapat membantu menjaga elastisitas kulit, sehingga bisa mencegah risiko kerusakan kolagen dan juga serat elastin yang bisa diakibatkan karena radiasi matahari. Jika kamu dapat menggunakan sunscreen secara rutin tentunya kulit akan terlihat lebih muda dan terjaga kesehatannya dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: 6 Sunscreen Stick Lokal yang Praktis dan Ramah Kantong

3. Mencegah terjadinya sunburn

ilustrasi wajah berjerawat (pixabay.com/AlexanderGrey)

Perlu diketahui bahwa penggunaan sunscreen dapat mencegah terjadinya risiko sunburn atau kulit yang terbakar akibat paparan sinar Matahari secara langsung. Ini biasanya sering dialami oleh orang-orang yang mungkin memiliki kulit sensitif, sehingga sangat rentan mengalami sunburn jika terlalu sering atau pun terlalu lama berada di bawah Matahari.

Kulit yang terbakar tentunya bukan hanya dapat menyebabkan rasa sakit, tetapi juga bisa memicu pengelupasan, pembengkakan, hingga kemerahan. Jika kamu menggunakan sunscreen secara rutin, maka dapat menghindari rasa tidak nyaman pada kulit akibat risiko sunburn, sehingga bisa menjaga kulit tetap sehat dan juga bebas dari risiko iritasi.

Verified Writer

Deska Chalis

Berusaha memperbanyak membaca dan menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya