TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kisah Sukses Brand Lokal Gonegani, Tawarkan Fashion Ramah Hijab!

Penjualannya naik 70x lipat bersama Shoppe Live

Beberapa koleksi dari brand lokal Gonegani (dok. Gonegani)

Intinya Sih...

  • Gonegani, brand fashion lokal asal Bandung, meningkatkan penjualannya 70x lipat melalui Shopee Live.
  • Pendiri dan CEO Gonegani, Khairul Gani, berawal dari kamar indekos dan menghadapi banyak tantangan sebelum sukses.
  • Strategi pemasaran melalui Shopee Live membantu Gonegani menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan produknya.

Industri fashion lokal di Indonesia kini mengalami perkembangan yang signifikan. Hal tersebut ditandai dengan lahirnya berbagai brand lokal yang tidak hanya menjual produk, tetapi juga berani berinovasi untuk menciptakan produk dengan kualitas terbaik.

Salah satu di antaranya adalah Gonegani, sebuah brand fashion asal Bandung yang berfokus pada knitwear berkualitas tinggi dengan desain yang modern dan nyaman, berhasil memanfaatkan peluang dari tren fashion yang terus berkembang. Mereka menciptakan produk-produk yang inovatif dan berkualitas, sehingga mampu menarik perhatian para konsumen.

Baru-baru ini, brand lokal tersebut mencatat pertumbuhan penjualan yang luar biasa melalui layanan aplikasi Shopee Live. Dalam waktu singkat, Gonegani berhasil meningkatkan jumlah pesanan hingga 70 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Kisah sukses Gonegani pun disampaikan langsung oleh sang pemilik, Khairul Gani atau yang akrab disapa Gani. Berawal dari sebuah kamar indekos, Gani kemudian memutuskan untuk mendirikan brand-nya sendiri dengan nama Gonegani.

1. Berawal dari sebuah kamar indekos

Koleksi Aigo Sweater dari Gonegani (instagram.com/gonegani)

Sebelum mencapai kesuksesan seperti sekarang, perjalanan Gonegani di industri fashion terbilang penuh tantangan. Khairul Gani, selaku Pendiri dan CEO Gonegani, menceritakan ketertarikannya pada dunia fashion dimulai sejak duduk di bangku kuliah. Pada saat itu, ia tinggal di sebuah kamar indekos dan teman-temannya sering meminta bantuannya untuk memadupadankan OOTD (Outfit of The Day) mereka.

Berbekal mimpi untuk melahirkan merek fashion yang dapat eksis di tiga kota besar di Indonesia, Gani pun mencoba berbagai cara untuk merintis usahanya, mulai dari membuka online shop selama masa kuliah hingga bekerja di salah satu merek fashion untuk mempelajari lebih dalam tentang bisnis tersebut. Akhirnya, pada tahun 2015, Gonegani lahir dengan visi menawarkan produk knitwear berkualitas tinggi dan desain yang mengikuti tren fashion global.

2. Dampak positif mulai dirasakan Gonegani setelah aktif melakukan live streaming di Shopee Live

Gonegani saat melakukan live streaming melalui fitur Shopee Live. (dok. Gonegani)

Seiring berjalannya waktu, Gonegani pun memutuskan untuk masuk ke pasar online pada tahun 2021. Merek ini kemudian mencoba memetakan strategi dan mengeksplorasi mengenai inovasi apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong penjualan produknya secara online.

“Sejak awal hadir di tengah masyarakat, kami berfokus untuk menciptakan fashion yang stylish, nyaman, dan pastinya berkualitas tinggi. Saat bergabung dengan Shopee, kami telah melihat bahwa adanya potensi yang bisa kami optimalkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee,” ungkap Gani, dalam keterangan rilis yang diterima IDN Times.

Sang pendiri dan CEO Gonegani tersebut pun menambahkan, bahwa strategi pemasaran melalui Shopee, termasuk memanfaatkan berbagai fitur yang interaktif, seperti Shopee live dan Shopee Video telah membantu brand-nya beradaptasi dengan perubahan perilaku belanja konsumen yang semakin beralih ke arah digital.

“Dampak positif yang terlihat sejak kami mulai aktif melakukan live streaming di Shopee live, di mana terdapat peningkatan pesanan lebih dari 70 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” tuturnya.

3. Seakan belum cukup, Gonegani terus berupaya menghadirkan inovasi dari waktu ke waktu

Koleksi Blossom Pleats Blouse dari Gonegani (instagram.com/gonegani)

Dengan berbagai pencapaian yang telah diraih, Gonegani semakin termotivasi untuk terus berinovasi dan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Selain itu, riset pasar adalah kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani demi membangun dan menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Mereka tidak hanya mempelajari tren fashion yang digemari oleh masyarakat, melainkan juga memahami kebutuhan pasar Indonesia serta mengikuti perkembangan perilaku konsumen dalam berbelanja. Di mana, masyarakat zaman sekarang cenderung memilih berbelanja dengan cara yang mudah dan dapat berinteraksi langsung melalui live streaming.

“Saya yakin interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, kami bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi. Konsumen lebih mudah melihat kualitas produk, bertanya soal padu padan, hingga menikmati penawaran voucher. Rutin menjalankan Shopee Live membantu kami menjangkau lebih banyak konsumen, berjualan real-time, dan membangun kepercayaan. Pesanan melalui Shopee Live kini bahkan berkontribusi hingga 50 persen bagi kami,” terang Gani.

Baca Juga: Rekomendasi Brand Lokal untuk Gaya Fashion Minimalis Kekinian

4. Berbagai strategi dalam pembuatan konten pun dilakukan untuk memikat perhatian konsumen

Koleksi Pearl Cardy dari Gonegani (instagram.com/gonegani)

Bagi gani, membuat konten tidak bisa dilakukan sembarangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, riset adalah kunci utama yang selalu diterapkan oleh Gonegani. Karena itu, Gani turut mengintegrasikan riset dalam setiap pembuatan kontennya.

Melalui riset tersebut, ia dapat mengetahui tren fashion yang sedang berkembang. Sehingga, konten yang disuguhkan mampu meningkatkan daya tarik pengguna, seperti konten mix and match. Sedangkan untuk memperkuat strategi penjualan, Gonegani sering memberikan voucher belanja yang tersedia tidak hanya melalui Shopee Live, tetapi juga di Shopee Video.

5. Kini, Gonegani sukses dikenal masyarakat luas dan berhasil memperkuat potensinya sebagai salah satu brand fashion lokal yang inovatif

Koleksi Sora Sweater dari Gonegani (instagram.com/gonegani)

Berawal dari sebuah kamar indekos, kini Gonegani telah dikenal oleh masyarakat luas dan berhasil memperkuat potensinya sebagai salah satu brand fashion lokal yang inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Bahkan, Gani pun tidak menyangka, bahwa niat awalnya bergabung bersama Shopee hanya untuk menjual produk yang tidak habis terjual melalui website. Namun, hasilnya melebihi ekspektasi, karena Shopee tidak hanya membantu menghabiskan produk miliknya, tetapi juga meningkatkan penjualannya secara signifikan.

“Memutuskan untuk rutin aktif di Shopee Live, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup, baik untuk pribadi maupun keluarga dan bisnis. Saat ini pun, Gonegani sudah memiliki team sendiri untuk meng-handle Shopee Live, bahkan ini juga menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru,” tutup Gani.

Hingga saat ini, kampanye angka kembar seperti Big Ramadan Sale hingga PayDay Sale terus menjadi momentum yang besar bagi Gonegani. Di mana, pada sesi live selama kampanye tersebut Gonegani mengalami puncak penjualan tertinggi, menarik banyak pengguna untuk bergabung dan berbelanja.

Momen-momen tersebut menunjukkan bagaimana strategi digital yang cerdas dipadu dengan inovasi produk yang berkualitas, mampu mendorong brand lokal tersebut menuju puncak kesuksesan. Ke depannya, Gonegani akan terus belajar dan memanfaatkan berbagai peluang untuk berkreasi melalui brand-nya. Langkah ini dilakukan tidak hanya untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis, tetapi juga untuk mengukuhkan posisinya di industri fashion di Indonesia.

Baca Juga: 5 Produk Brightening Bagus dari Brand Lokal yang Jarang Diiklankan 

Verified Writer

Delvi Ayuning

Menulis bukan sekadar menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya