TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Bikin Body Care-mu Gak Menunjukkan Hasil Optimal, Salah Pakai?

Jangan-jangan kamu kurang konsisten

ilustrasi seseorang memakai body serum (freepik.com/freepik)

Perawatan tubuh atau body care adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Banyak orang yang telah berinvestasi dalam produk-produk body care, mulai dari sabun, scrub, lotion, hingga body serum, dengan harapan mendapat kulit yang sehat, cerah, dan terawat. Namun, meski sudah menggunakan produk-produk tersebut secara teratur, gak sedikit juga yang merasa hasilnya kurang optimal atau bahkan gak terlihat perubahan yang signifikan. 

Ternyata, ada beberapa faktor yang bisa bikin perawatan tubuhmu gak memberikan hasil maksimal. Mungkin saja bukan produknya yang salah, tapi cara penggunaan atau faktor lain yang kamu abaikan. Yuk, bahas lima hal yang sering bikin body care-mu gak bekerja secara optimal.

1. Gak menggunakan produk dengan tepat

ilustrasi seseorang memakai body serum (freepik.com/freepik)

Kenapa, sih produk body care gak memberikan hasil yang optimal? Jawabannya bisa jadi adalah karena cara penggunaan yang kurang tepat. Setiap produk perawatan tubuh punya cara penggunaan tertentu, dan jika gak digunakan sesuai petunjuk, produk tersebut bisa aja gak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Misalnya, body scrub sebaiknya digunakan hanya 2 sampai 3 kali seminggu. Jika digunakan terlalu sering, scrub bisa bikin kulit jadi iritasi atau kering karena lapisan kulit terluar yang seharusnya melindungi malah terkikis. Selain itu, body lotion atau body serum harus digunakan saat kulit masih sedikit lembap setelah mandi. Karena kulit yang lembap lebih mampu menyerap produk dengan baik dibandingkan kulit yang sudah kering.

2. Gak konsisten dalam penggunaan

ilustrasi seseorang menggunakan bodycare (freepik.com/freepik)

Ingat, kunci utama jika ingin mendapatkan hasil dari produk body care adalah kamu harus konsisten. Jika kamu hanya menggunakan produk sesekali atau gak konsisten, maka wajar jika hasilnya gak terlihat. Lantaran, kulit membutuhkan perawatan rutin untuk bisa merespon produk dengan baik, terutama jika kamu menggunakan produk yang fokus pada perbaikan kulit, seperti produk untuk mencerahkan atau mengatasi masalah kulit kering.

Sayangnya, banyak orang yang berhenti menggunakan produk tertentu setelah beberapa hari karena gak melihat hasil instan. Padahal, perubahan pada kulit tentu butuh waktu. Untuk mendapatkan hasil optimal, pastikan kamu mengikuti rutinitas body care dengan konsisten, ya.

3. Mengabaikan pola hidup sehat

ilustrasi sarapan sehat (pexels.com/Dara Hashenko)

Produk body care memang penting, tapi ingat, itu hanya bekerja di permukaan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang benar-benar sehat dan bercahaya, kamu sangat perlu merawat kulit dari dalam. Pola hidup yang gak sehat, seperti kurang tidur, pola makan yang buruk, kurang minum air, atau kebiasaan merokok, bisa mempengaruhi kondisi kulitmu dan bikin produk body care gak bekerja optimal.

Jadi, pastikan kamu menjaga pola hidup sehat. Cukupi kebutuhan tidurmu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan, serta jangan lupa minum air putih yang cukup setiap hari. Pola hidup sehat ini akan membantu memperbaiki kondisi kulit dari dalam, sehingga produk body care yang kamu gunakan bisa bekerja lebih efektif.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Body Care yang Mengandung Glutathione, Bisa Mencerahkan!

4. Gak menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit

ilustrasi persiapan memakai makeup (freepik.com/partystock)

Setiap orang punya jenis kulit yang berbeda, lho, mulai dari kulit kering, berminyak, kombinasi, hingga sensitif. Menggunakan produk yang gak sesuai dengan jenis kulitmu bisa jadi salah satu alasan kenapa body care-mu gak memberi hasil yang optimal. 

Oleh karena itu, kamu harus memahami jenis kulitmu sebelum memilih produk body care. Selain itu, perhatikan juga masalah kulit yang ingin kamu atasi. Jika kulitmu mengalami hiperpigmentasi atau bekas luka, pilihlah produk yang mengandung bahan pencerah misalnya vitamin C atau niacinamide. Dengan memilih produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu, hasil yang didapat juga akan lebih optimal.

Verified Writer

Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, IG: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya