TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Perempuan Internasional 2021: Ajak Perempuan untuk Sadar Pilihan

Selamat hari perempuan sedunia!

Perempuan Indonesia - Future is Female. (IDN Times/IDN Media)

Jakarta, IDN Times - Momen Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret ini selalu disambut hangat di seluruh dunia lho. Salah satunya Andalan, sebagai brand perencanaan keluarga dan kesehatan reproduksi perempuan terdepan di Indonesia mengampanyekan #PerempuanSadarPilihan dengan mengadakan virtual event pada Senin (8/3) pukul 13.00-15.00 WIB.

Dengan mengundang dr.Eni Gustina, MPH selaku Deputi Keluarga Berencana Kesehatan Reproduksi BKKBN, Dr. dr. Melania Hidayat, MPH selaku UNFPA Assistant Representative, Analisa Widyaningrum selaku Physicologist & Public Figure, dan Cut Vellayati selaku Group Product Manager DKT Indonesia sebagai narasumber talkshow #PerempuanSadarPilihan. Acara ini berlangsung menarik serta mengajak para perempuan untuk sadar pilihan nih. Simak langsung yuk pembahasannya!

Baca Juga: 9 Artis Perempuan Indonesia ini Gemilang di Bidang Pendidikan, Salut!

1. DKT Indonesia dan Andalan mengajak perempuan untuk mengerti akan hak kesehatan reproduksinya

President Director DKT Indonesia, Juan Enrique Garcia (YouTube/DKT Indonesia)

Juan Enrique Garcia selaku President Director DKT Indonesia mengatakan “Kami menyadari bahwa saat ini masih terdapat berbagai tantangan serta isu yang dihadapi perempuan Indonesia, khususnya dalam bidang kesehatan reproduksi serta pemberdayaan. Hal ini membuat perempuan Indonesia masih belum benar-benar merdeka atas kesehatan reproduksi maupun berdaya atas perannya dalam mengambil keputusan di berbagai bidang karena adanya berbagai tekanan sosial,”

“Untuk itu, melalui momentum Hari Perempuan Internasional kali ini, kami ingin mengajak perempuan Indonesia menjadi perempuan andalan yang cerdas dan sadar dalam memberikan pilihan. Kami mengajak perempuan untuk mengerti akan hak kesehatan reproduksinya dan bebas menentukan pilihan terhadap tubuhnya serta menjadi sahabat dan inspirasi bagi perempuan lainnya yang mendukung satu sama lain tanpa menghakimi. Untuk itu, terima lah persembahan kami dalam #PerempuanSadarPilihan,” pungkas Juan Enrique.

2. Perempuan telah memimpin dan berperan penting dalam respon COVID-19 di semua sektor

Moderator dan narasumber acara virtual Andalan #PerempuanSadarPilihan (YouTube/DKT Indonesia)

Dr. dr. Melania Hidayat, MPH selaku UNFPA Assistant Representative menambahkan “Perempuan sudah menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa dalam berbagai peran dan situasi, termasuk selama krisis global COVID-19. Walaupun pandemik ini telah berdampak besar terhadap perempuan dengan adanya hambatan akses ke layanan kesehatan seksual dan reproduksi dan meningkatkan risiko kekerasan berbasis gender. Perempuan telah memimpin dan berperan penting dalam respon COVID-19 di semua sektor, dari kesehatan hingga sains,”

“Pada Hari Perempuan Internasional ini, marilah kita rayakan perempuan dan kepemimpinan mereka yang membuat dunia menjadi lebih baik. Saat perempuan memimpin, bersama kita menjadi lebih kuat,” ungkap Dr. dr. Melania Hidayat, MPH.

3. Perempuan akan melahirkan generasi berkualitas ketika mereka paham akan hak reproduksinya

Deputi KB KR BKKBN, dr. Eni Gustina, MPH (YouTube/DKT Indonesia)

Dalam acara virtual Andalan #PerempuanSadarPIlihan, dr. Eni Gustina, MPH selaku Deputi Keluarga Berencana Kesehatan Reproduksi BKKBN mengungkapkan “Dilahirkan sebagai Perempuan adalah anugerah. Karena perempuan berkontribusi melahirkan generasi Bangsa. Perempuan akan melahirkan generasi berkualitas ketika mereka paham akan hak reproduksinya. Perempuan berhak untuk menentukan kapan dia akan punya anak, berapa jumlah anak yg diinginkan, jarak anak dan kapan untuk tidak punya anak lagi”.

Dokter Eni juga menghimbau untuk pasangan usia produktif agar tidak putus pakai KB dan tetap menggunakan kontrasepsi. Baik itu, suntik, pil, kondom, implan dan sebagainya. Selain itu, dari BKKBN juga mengadakan berbagai program untuk mengedukasi kesehatan reproduksi untuk remaja dan dewasa.

4. Perempuan harus berperan dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk dirinya sendiri

Group Product Manager DKT Indonesia, Cut Vellayati (YouTube/DKT Indonesia)

Cut Vellayati, Group Product Manager DKT Indonesia yang membawahi Andalan menjelaskan “Di jaman serba modern ini, sudah saatnya perempuan sadar dan mampu untuk menentukan pilihan khususnya terkait dengan akses kesehatan seksual reproduksi secara menyeluruh. Perempuan harus berperan dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk dirinya sendiri untuk mengurangi dampak kesehatan terhadap tubuhnya,”

“Untuk itu, melalui momentum Hari Perempuan Internasional kali ini, Andalan ingin mengajak perempuan Indonesia untuk sadar serta mampu menentukan pilihan kesehatan yang terbaik. Perempuan seringkali menomor-duakan kesehatan dirinya sendiri, dan memprioritaskan kesehatan orang yang disayanginya baik itu suami, keluarga, maupun anak. Hal ini membuat perempuan akhirnya mengabaikan tentang kesehatan diri termasuk kesehatan reproduksinya. Padahal, perempuan memiliki anatomi reproduksi yang sangat kompleks, berbeda dengan laki-laki, perempuan juga memiliki kekuatan untuk hamil, sehingga hal tersebut perlu direncanakan dengan matang dan baik, mulai dari persiapan kesehatan menjelang kehamilan, kelahiran, hingga sesudah melahirkan,” ujar Group Product Manager DKT Indonesia.

Baca Juga: Peran Perempuan Ciptakan Perdamaian di Daerah Konflik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya