TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Perawatan Setelah Melakukan Peeling, Jangan Sembarangan!

Rawat kulitmu dengan lembut

ilustrasi skincare (pexels.com/cottonbro studio)

Melakukan peeling pada kulitmu memiliki manfaat tersendiri. Salah satunya untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulitmu halus.

Nah, kamu perlu mengetahui hal-hal yang harus kamu lakukan setelah melakukan peeling. Jangan sembarangan agar kulitmu gak rusak, ya!

1. Jangan sentuh kulitmu

Ilustrasi skincare (pexels.com/Sora Shimazaki)

Tujuan utama dari pengelupasan kimia adalah untuk mengangkat dan mengelupas sel-sel kulit yang rusak, sehingga kulit di bawahnya tampak sehat dan berseri. Saat kulit mati mulai mengelupas, hindari menyentuh, mencabut, atau menggaruknya dengan jarimu.

Laman Skin Spirit menyarankan agar membiarkan kulit mati mengelupas secara alami, dan jangan mengelupas kulit dengan jarimu sendiri. Menggunakan jari untuk mengelupas kulit mati dapat menyebabkan kemungkinan terbentuknya jaringan parut.

2. Aplikasikan pelembap

Ilustrasi skincare (pexels.com/Sora Shimazaki)

Setelah menjalani pengelupasan kimia, kulitmu akan menjadi sensitif. Mungkin ada beberapa produk dalam rutinitas perawatan kulit normalmu yang sebaiknya kamu hindari, karena mungkin mengandung bahan aktif dan dapat mengiritasi.

Hanya ada dua produk yang sebaiknya kamu gunakan pada kulit selama proses pengelupasan, yaitu tabir surya dan pelembap yang lembut (netral) secukupnya agar terasa nyaman. Kulit yang terasa dan tampak kering merupakan bagian dari proses pengelupasan, dan pelembapmu tidak akan dapat mengatasinya.

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Peeling Serum untuk Wajah yang Sehat dan Glowing

3. Lindungi kulit dengan SPF

Ilustrasi menggunakan skincare (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu baru saja menjalani proses menghilangkan kulit rusak dengan pengelupasan kimia. Jadi penting untuk menghindari kerusakan pada kulit baru yang rentan dengan melindunginya menggunakan lapisan tabir surya setiap kali paparan sinar matahari memungkinkan.

Baik saat duduk di dekat jendela, menghabiskan waktu di luar, atau di depan layar apa pun, kamu perlu melindungi kulitmu yang baru saja cerah. Pastikan untuk memilih tabir surya fisik dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan spektrum luas dengan peringkat keamanan tinggi

Verified Writer

Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya