TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengurangi Dark Spots pada Wajah yang Simpel, Bisa dari Rumah!

Cuma pakai bahan-bahan alami

ilustrasi skincare (pexels.com/KoolShooters)

Dark spots atau bintik hitam tentunya sangat mengganggu kepercayaan diri. Siapa, sih yang gak mau memiliki kulit yang mulus dan bersih? Akan tetapi, mungkin beberapa dari kamu masih bingung caranya menghilangkan atau mengurangi bintik-bintik tersebut.

Nah, sekarang kamu gak perlu khawatir lagi karena IDN Times akan membagikan lima tips mudah mengurangi bintik hitam di wajahmu hanya dari rumah, dengan bahan-bahan alami. Yuk, simak bersama!

1. Masker homemade

ilustrasi masker (pexels.com/Anna Shvets)

Masker wajah dapat dibuat di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami dan diaplikasikan dua hingga tiga kali seminggu. Beberapa masker yang dapat membantu mengurangi pigmentasi dan mencerahkan kulit antara lain; masker yogurt, lemon, dan tepung gram.

Dilansir Medicine Net, Rohini Radhakrishnan adalah spesialis Bedah THT, Kepala, dan Leher, menjelaskan, bahwa yogurt merupakan produk susu dan kaya nutrisi. Asam laktat dalam yogurt adalah zat pencerah kulit alami. 

Lemon mengandung Vitamin C yang dapat mengurangi pigmentasi. Sementara, tepung gram membantu mengentalkan masker, memberikan konsistensi seperti pasta.

Gak hanya itu, tepung gram juga berperan sebagai scrub eksfoliasi alami yang lembut di kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi hiperpigmentasi. Masker dapat dioleskan ke seluruh wajah, leher, dan area bermasalah lainnya, dibiarkan selama 30 menit, lalu dibilas.

2. Cuka sari apel

ilustrasi cuka (pexels.com/olia danilevich)

Kamu mungkin sudah familier dengan cuka sari apel. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, kamu bisa menggunakan bahan ini untuk mengurangi bintik hitam di mukamu, lho. 

Dr. Radhakrishnan menjelaskan, "Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat mencerahkan pigmentasi dan mengurangi jerawat. Cuka sari apel harus diencerkan dengan air dalam jumlah yang sama dan dioleskan ke kulit. Itu harus dicuci setelah 2-3 menit. Hal ini dapat diulangi setiap hari, sekali atau dua kali sehari".

Baca Juga: 6 Bahan Alami Ampuh untuk Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah! 

3. Susu

ilustrasi susu (pexels.com/Alexas Fotos)

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, susu juga bisa banget kamu gunakan untuk merawat kesehatan kulitmu serta mengurangi bintik hitam di wajahmu. Mudah banget ditemukan, kamu wajib coba bahan yang satu ini.

Dr. Radhakrishnan menuliskan, susu, buttermilk, bahkan susu asam semuanya bisa membantu mencerahkan kulit karena mengandung asam laktat. Bola kapas dapat direndam dalam susu biasa dan dioleskan ke seluruh wajah yang ada bintik hitamnya dan dibilas setelah 20 hingga 30 menit.

Hal ini dapat diulangi setiap hari, sekali atau dua kali sehari. Apalagi, susu juga efektif menghidrasi kulit.

4. Ekstrak teh hijau

ilustrasi teh hijau (pexels.com/lil artsy)

Menurut penelitian, penggunaan ekstrak teh hijau pada kulit dapat memberikan dampak depigmentasi dan solusi mudah cara menghilangkan flek hitam di wajah. Kamu dapat membeli ekstrak teh hijau dan ikuti petunjuk pada botol.

Dilansir PSRI Hospital, Dr. Amit Vij, seorang senior consultant, menyarankan untuk merendam kantong teh hijau dalam air mendidih selama tiga hingga lima menit. Keluarkan kantong teh dari air dan biarkan dingin agar kulitmu tidak terbakar.

Kantong teh akan menutupi flek hitammu. Lalu, lanjutkan hingga kamu melihat hasilnya dan ulangi setiap dua jam sekali.

Baca Juga: Ada Bintik Hitam pada Kaki? Ini 5 Cara Mengatasi Strawberry Skin!

Verified Writer

Alma S

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya