TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Hair Care untuk Rambut Rontok, Gak Perlu ke Salon!

Mulai dari pijat kulit kepala hingga perawatan tambahan

Ilustrasi rambut (pexels.com/Garon Piceli)

Intinya Sih...

  • Pijat kulit kepala untuk aliran darah lancar dan rambut lebih tebal
  • Minyak esensial seperti lavender dapat membantu mencegah kebotakan pola
  • Sampo anti rontok dan kondisioner membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut

Rambut yang sehat dan lebat menjadi impian banyak orang. Bahkan, gak sedikit orang yang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan rambut tersebut.

Gak perlu ribet, kamu bisa mengikuti lima langkah yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan anti rontok. Simpel-simpel banget dan gak perlu ke salon, deh!

1. Pijat kulit kepala

Ilustrasi haircare (pexels.com/cottonbro studio)

Mungkin metode termurah untuk mencoba mendapatkan rambut lebih tebal adalah pijat kulit kepala. Tidak memerlukan biaya apa pun dan jika dilakukan dengan benar, tidak berbahaya.

"Saat mencuci rambut, tekan kulit kepala dengan ujung jari secara perlahan untuk melancarkan aliran darah. Untuk manfaat yang lebih banyak, kamu dapat mencoba pemijat kulit kepala genggam untuk mengangkat sel kulit mati," jelas Kristeen Cherney, penulis, dilansir Healthline.

2. Minyak esensial

Ilustrasi haircare (pexels.com/Chill Jane)

Minyak esensial adalah cairan yang berasal dari tanaman tertentu, terutama digunakan dalam aromaterapi dan jenis pengobatan alternatif lainnya. Minyak ini telah digunakan dengan sukses oleh beberapa orang yang mengalami kebotakan pola

"Minyak ini juga didukung oleh penelitian hewan, penelitian dari tahun 2016. Meskipun penelitian pada manusia diperlukan untuk memastikan efeknya, lavender sering dikombinasikan dengan minyak lain, seperti minyak yang terbuat dari rosemary dan thyme," jelas Cherney.

3. Sampo anti rontok

Ilustrasi haircare (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Sampo anti rontok bekerja dengan dua cara. Pertama, produk tersebut memberikan volume pada rambutmu, sehingga rambut tampak lebih tebal. Ini dapat membantu orang yang rambutnya menipis atau halus secara alami.

Sampo untuk rambut menipis atau rambut rontok juga mengandung vitamin dan asam amino untuk menyehatkan kulit kepala. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan produk ini sesuai petunjuk.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Kerusakan Rambut dengan Produk Baru Sensatia Botanicals

4. Aplikasikan kondisioner

Ilustrasi haircare (pexels.com/cottonbro studio)

Langkah penting berikutnya dalam rutinitas mencuci rambut adalah dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner membantu mengurai kekusutan, menutup kutikula, dan memberikan kelembapan.

Kondisioner mengisi kembali kelembapan yang mungkin telah dihilangkan oleh sampo dan akan membantu menghilangkan simpul atau kekusutan yang disebabkan oleh pemijatan sampo pada rambut dan kulit kepala.

Laman Gisou menyarankan untuk mengoleskan kondisioner pada rambut basah. Peras kelebihan air, aplikasikan pada seluruh bagian rambut dan biarkan selama 1-2 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Gunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambutmu dengan lembut setelah mengaplikasikan kondisioner untuk mendistribusikan produk secara merata.

Verified Writer

Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya