TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Racikan Masker dari Bahan Alami untuk Luruskan Rambut, tanpa Catokan

Kamu bisa buat racikan ini sendiri di rumah!

ilustrasi meluruskan rambut keriting (pexels.com/id-id/john-diez)

Apakah jenis rambut kamu keriting dan ingin beralih menjadi lurus? Saat ini banyak cara untuk meluruskan, yaitu dengan menggunakan obat pelurus rambut. Dilansir ConsumerNotice, obat pelurus rambut mengandung bahan kimia yang kuat seperti Formaldehida, paraben, dietanolamina, natrium hidroksida, ftalat, triclosan, dan benzofenon-3. Dari penelitian bahan kimia ini berisiko tinggi pada masalah kesehatan seperti kanker, fibroid, dan endometriosis.

Selain itu bahan kimia pada obat pelurus rambut tersebut dapat merusak ikatan protein rambut sehingga menyebabkan kerontokan, kebotakan, iritasi serta peradangan kulit kepala. 

Nah, obat pelurus rambut dapat meluruskan rambutmu tetapi ada efek sampingnya. Namun, jangan khawatir ada racikan masker rambut terbuat dari bahan alami yang dapat meluruskan rambut yang keritingmu. Racikan ini tentu saja aman.

Berikut ini ada lima racikan masker rambut yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Apa saja? Yuk, disimak

1. Pisang dan madu

ilustrasi menghaluskan pisang untuk masker (pexels.com/id-id/tara-winstea)

Buah pisang sangat banyak manfaatnya, salah satunya dapat digunakan sebagai masker rambut untuk meluruskan rambut. Dilansir Health Shots pisang memiliki sifat yang dapat melembutkan rambut sehingga rambut keriting dapat menjadi lurus. Kandungan kalium, vitamin B, dan C, dapat memperkuat akar rambut dan membuat rambut jadi elastis. Sedangkan madu untuk melembapkan rambut.

Cara membuatnya, hancurkan sebuah pisang ambon menggunakan garpu hingga menjadi pasta.Tambahkan satu sendok makan madu, aduk hingga tercampur.

Cara memakainya cukup oleskan pada seluruh rambut kemudian bungkus kepala dengan shower cap. Diamkan selama satu jam, setelah itu cuci rambut dengan air lalu biarkan mengering secara alami.

2. Susu dan madu

ilustrasi susu dan madu (pexels.com/id-id/elkady)

Susu dan madu selain bermanfaat untuk kesehatan, juga dapat untuk meluruskan rambut. Keduanya sama-sama memiliki banyak protein yang dibutuhkan untuk menyuburkan rambut. Selain itu kandungan lemak pada susu dapat melembutkan dan meluruskan rambut, madu sebagai pelembab alami membuat rambut berkilau.

Buat larutan susu lalu tambahkan dua sendok makan madu. Aplikasikan pada rambut dengan cara masukan larutan  tersebut dalam botol semprot. Semprotkan pada seluruh rambut hingga menjadi basah. Bungkus kepala dengan handuk atau shower cap selama dua hingga tiga jam lalu cuci rambut dengan air hangat.

Gunakan masker susu madu ini seminggu sekali akan membuat rambut keriting jadi lurus dan berkilau.

Baca Juga: 4 Pilihan Masker Rambut Rontok yang Bikin Semakin Tebal, Cek Guys! 

3. Lidah buaya

ilustrasi gel daun lidah buaya (pixabay.com/id/users/mozo)

Selain untuk menyuburkan rambut lidah buaya dapat meluruskan rambut. Kandungan enzim pada lidah buaya dapat mengurangi kelebihan minyak pada rambut dan menjaga kelembapan kulit kepala. Karena lidah buaya bersifat menjaga kelembapan kulit kepala maka dapat membantu meluruskan rambut keriting menjadi lurus.

Cara membuat masker rambut lidah buaya yaitu, gunakan dua buah daun lidah buaya, pisahkan daging  dari kulitnya kemudian dihaluskan. Lalu campurkan dengan empat sendok makan minyak zaitun.

Jika kedua bahan sudah tercampur rata, aplikasikan pada rambut hingga seluruh rambut tertutupi dengan masker ini. Pijat-pijat kepala agar masker menembus helai rambutmu. Setelah itu tutup rambut dengan shower cap biarkan selama satu jam hingga dua jam. Kemudian keramas dengan sampo dan kondisioner.

4. Telur dan minyak zaitun

ilustrasi telur dan minyak zaitun (pexels.com/id-id/ron-lach)

Telur dan minyak zaitun dua bahan yang baik untuk meluruskan rambut. Dilansir The HealthSite, telur mengandung protein yang sangat baik untuk akar rambut. Sedangkan minyak zaitun melembapkan dan melindungi rambut dari panas dan polusi.

Cara membuatnya adalah kocok sebutir telur dengan satu sendok minyak zaitun. Setelah tercampur aplikasikan pada rambut. Diamkan selama 30-45 menit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Santan dan lemon

ilustrasi santan dan lemon (pexels.com/id-id/towfiqu-barbhuiya)

Selain untuk masakan, santan dan lemon dua bahan alami yang mampu meluruskan rambut. Santan memberi nutrisi dan melembapkan. Sementara lemon mampu meluruskan rambut dan membuat rambut berkilau alami. 

Siapkan satu cangkir santan lalu beri tiga sendok makan air lemon. Aduk agar lemon dan santan tercampur lalu oleskan campuran ini pada rambut sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 10 hingga 20 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa memilih salah satu dari masker di atas untuk meluruskan rambut. Agar rambutmu yang sudah lurus tetap indah, kamu harus menjaga pola makan sehat, rutin merawat rambut dengan sampo dan kondisioner sesuai jenis rambutmu, serta hindari menggunakan pemanas rambut secara berlebihan, ya. 

 

Baca Juga: 10 Jenis Pewarnaan Rambut, Pernah Coba?

Verified Writer

A Nitha Nahfiah

Ibu rumah tangga dengan tiga putri yang telah dewasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya