TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan untuk Tidak Mudah Memutus Hubungan Pertemanan

Teman adalah sosok yang berarti dalam hidup

ilustrasi memahami diri (pexels.com/Vlada Karpovich)

Bisa dibilang, hampir semua orang pasti punya teman dalam hidupnya. Sebab, hubungan pertemanan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan ini yang membawa banyak sekali manfaat.

Namun tidak bisa disangkal, kamu pasti pernah dihadapkan pada situasi yang membuatmu ingin memutus hubungan dengan seseorang, kan? Nah, jika ini terjadi, coba pertimbangkan dulu baik-baik. Pasalnya, ada lima alasan utama kenapa sebaiknya kamu tidak dengan mudah memutus hubungan pertemanan dengan orang lain.

1. Pertemanan memberikan support emosional

ilustrasi menasehati teman (pexels.com/Lisa Summer)

Salah satu alasan utama untuk tidak mudah memutus hubungan pertemanan adalah karena teman memberikan support emosional yang penting dalam kehidupan. Teman adalah orang yang bisa kamu andalkan saat kamu membutuhkan seseorang untuk berbicara, berbagi cerita, atau mencari nasihat.

Dalam situasi sulit atau penuh tekanan, punya teman-teman yang bisa diandalkan akan menjadi penyangga yang sangat penting. Kamu akan merasa jauh lebih baik dan tidak merasa sendirian saat punya teman di sisimu.

2. Teman-teman memberikan perspektif baru

ilustrasi pertemanan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang tentu masing-masing punya latar belakang, pengalaman, dan pandangan hidup yang berbeda-beda. Nah, dengan mempertahankan hubungan pertemanan, kamu bisa terus terbuka untuk mendengarkan perspektif baru dan beragam dari teman-temanmu.

Ini membantumu memperluas wawasan dan pemahaman tentang dunia. Juga, memperkaya kehidupan sosial dan intelektualmu. Bermanfaat sekali, bukan?

Baca Juga: 5 Red Flag yang Patut Diwaspadai dalam Hubungan Pertemanan

3. Teman-teman membantu membangun koneksi

ilustrasi bersama teman (pexels.com/Gary Barnes)

Hubungan pertemanan juga membantu kamu membangun koneksi yang luas dan beragam. Lewat teman-temanmu, kamu akan bisa terhubung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, profesi, dan hobi.

Koneksi ini jelas memberikan banyak manfaat. Seperti misalnya, dapat membuka pintu untuk peluang baru dalam karir, pendidikan, dan kehidupan sosial secara umum.

4. Pertemanan meningkatkan kestabilan emosional

ilustrasi kumpul dengan teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Teman-teman juga punya peran penting dalam meningkatkan kestabilan emosionalmu. Saat kamu berbagi waktu dan pengalaman dengan orang-orang yang kamu cintai dan hargai, ini bisa meningkatkan mood dan mengurangi stres dan rasa kesepian.

Dengan memelihara hubungan pertemanan yang positif, kamu bisa merasakan kebahagiaan dan kepuasan yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari. Setuju, tidak?

Verified Writer

Desria

Suka menulis dan menangis (?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya