TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Tips Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

Harus saling memahami dan mendukung satu sama lain!

Ilustrasi berdebat (pexels.com/RDNE Stock project)

Dalam suatu hubungan, perbedaan pendapat dengan pasangan adalah hal yang wajar dan bisa terjadi kapan saja. Memang ada kalanya kita tidak selalu setuju dalam hal-hal tertentu, namun itu bukanlah suatu masalah yang besar jika kita paham cara menyikapinya dengan baik. 

Memahami dan menyikapi perbedaan dengan bijak, sangatlah penting agar hubungan tetap harmonis dan saling mendukung satu sama lain. Untuk itu, agar perbedaan pendapat tidak menimbulkan perselisihan, yuk, ikuti delapan tips berikut ini! 

1. Menghargai pendapat pasangan

Ilustrasi mengobrol (pexels.com/Jack Sparrow)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghargai pendapat pasangan. Perlu diingat! Bahwasannya setiap orang memiliki perspektif yang terbentuk dari pengalaman hidup mereka. Cobalah dengarkan ketika pasanganmu berbicara tanpa menginterupsi. Hal ini menunjukkan bahwa kamu menghormati cara pandang dan perasaan mereka. 

2. Jangan ambil secara pribadi

Ilustrasi berdebat (pexels.com/Keira Burton)

Perlu di garis bawahi, bahwa perbedaan pendapat bukanlah suatu serangan pribadi pasangan terhadap dirimu, cobalah untuk memisahkan masalah dari perasaanmu supaya lebih fokus pada isu yang sedang dibahas, bukan pada orangnya. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat dalam Hubungan Cinta

3. Tetap tenang jangan tersulut emosi

Ilustrasi bersikap tenang (pexels.com/RDNE Stock project)

Ketika perdebatan mulai memanas, emosi sering kali tak terhindarkan dan itu bisa terjadi kapan pun. Untuk itu, disini kemampuan mengelola emosi sangatlah dibutuhkan. Kamu bisa mencoba untuk tetap tenang dan berbicara dengan hati-hati serta hindari berteriak atau menggunakan kata-kata kasar. Dengan kamu tetap bersikap tenang, hal ini dapat membantu meredakan ketegangan dan menciptakan suasana diskusi yang sehat. 

4. Fokus pada solusi

Ilustrasi berdiskusi (pexels.com/cottonbro studio)

Saat perbedaan pendapat muncul, penting bagimu dan pasangan untuk mencari sebuah solusi. Bicarakan pandangan masing-masing serta carilah kesamaan dalam sudut pandang dirimu. Mencari kompromi bukan berarti kamu harus mengorbankan prinsip pribadi, tetapi ini adalah langkah menuju pencapaian kesepakatan yang saling menguntungkan. 

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Menyelesaikan Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

5. Jangan takut untuk mengalah

Ilustrasi mengalah (pexels.com/Keira Burton)

Meskipun kamu memiliki pendapat yang sangat kuat, membuka diri untuk mengalah dalam banyak hal dapat membantu menjaga keharmonisan suatu hubungan lho. Tanyakan pada diri sendiri, "Apakah ini benar-benar sepadan?". Jika tidak, mungkin lebih baik untuk memberi ruang bagi pilihan pasanganmu. 

6. Luangkan waktu setelah berargumentasi

Ilustrasi meluangkan waktu setelah berdebat (pexels.com/Alex Green)

Setelah berargumen, berikanlah jeda bagi kamu dan pasanganmu waktu buat merenung. Cobalah untuk tidak membahas masalah yang sama selama beberapa waktu untuk menghindari ketegangan yang terus berkelanjutan. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat dengan Tenang dalam Hubungan

7. Pertimbangkan bantuan pihak ketiga

Ilustrasi meminta pendapat (pexels.com/Keira Burton)

Jika perbedaan pendapat menjadi sering dan sulit untuk diselesaikan berdua, mungkin saatnya bagi kamu untuk meminta bantuan dari pihak ketiga, seperti konselor atau terapis misalnya. Dengan cari ini diharapkan mereka dapat memberikan perspektif yang objektif dan teknik komunikasi yang baik. 

8. Rayakan perbedaan

Ilustrasi merayakan perbedaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sadarilah bahwa perbedaan pendapat bisa memperkaya hubungan. Dengan melihat berbagai sudut pandang kamu dan pasangan, diharapkan dapat tumbuh dan belajar satu sama lain. Kamu juga jangan ragu untuk merayakan keberagaman dalam pemikiran ini. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan kamu dan pasanganmu dapat menyikapi perbedaan pendapat dengan lebih baik, sehingga dapat memperkuat hubungan dan menciptakan sebuah atmosfer kasih sayang yang lebih harmonis. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

Verified Writer

Voni Silvani

Your patience is your power🌼

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya