TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Pasangan Mau Diajak untuk Berkembang, Mudah Terima Saran

Cinta aja gak cukup

Ilustrasi pasangan. (pexels.com/@olly)

Sebetulnya, cinta saja gak cukup jadi modal langgengnya hubungan. Akan ada banyak dinamika yang kamu dan dia alami saat memilih untuk hidup bersama. Kualitas individu yang terus meningkat juga ikut menentukan. Kualitas itu bisa diraih jika kamu dan dia mau bertumbuh dan berkembang bersama dalam berbagai aspek. Dengan kata lain, kedua belah pihak harus rela menjalani proses yang tidak mudah seiring berjalannya kebersamaan.

Ya, kesetaraan dalam berpikir sangat dibutuhkan agar komunikasi tetap nyaman dan connect. Sangat melelahkan jika harus berhadapan dengan pasangan yang kualitas berpikirnya jauh berbeda dari kamu. Itu sebabnya, kamu dan dia harus yakin. Di balik proses yang tidak mudah, banyak hal baik yang akan menghampiri. Nah, apa saja tanda pasangan yang mau diajak untuk berkembang? Simak ulasan lima poin berikut. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu dan Pasangan Belum Siap Menikah, Jangan Nekat!

1. Mudah menerima masukan dan saran

ilustrasi memberi masukan ke pasangan (pexels.com/fauxels)

Kamu sangat beruntung jika memiliki pasangan yang mau menerima masukan dan saran dalam berbagai hal. Dia tidak mudah sakit hati jika dikoreksi. Dia juga sangat berlapang dada padahal memiliki banyak kelebihan. 

Pasangan yang bijak pasti lebih memilih memperbaiki situasi. Dia tidak mudah berteriak tak terima saat ada yang perlu diperbaiki dari dirinya. Dia akan membuktikan dirinya berubah menjadi lebih baik. 

2. Memilih bersikap dewasa saat berhadapan dengan masalah

ilustrasi menghadapi masalah dengan bijak (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Pasangan yang mau diajak berkembang juga akan memilih bersikap dewasa. Terutama di saat berhadapan dengan masalah. Adapun masalah bisa muncul tak selalu karena kekeliruan tapi juga hal-hal di luar kontrol. 

Tidak mudah menyalahkan orang lain dan situasi adalah contoh sikap dewasa saat berhadapan dengan masalah. Bukan hanya itu, berusaha menyelesaikan masalah dengan sungguh-sungguh juga bagian dari kedewasaan. Masalah yang bisa ditangani akan menjadi referensi menghadapi tantangan hidup berikutnya. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Mudah Bosan Dalam Hubungan, Tak Setia!

3. Tidak takut dibentur oleh masalah

ilustrasi pasangan yang tangguh hadapi masalah (pexels.com/Josh Willink)

Cukup banyak orang yang berusaha menghindari masalah. Alasannya, agar hidup lebih tenang. Meski begitu, memiliki prinsip demikian bukan berarti salah. Terpenting saat benar-benar terbentur masalah, kamu tidak lari begitu saja tanpa menyelesaikannya dengan baik. 

Masalah-masalah yang hadir dalam hidup memang memberikan sejuta pelajaran. Jika kamu menghadapinya dengan penuh tanggungjawab, pelajaran itu akan menjadi hal yang memudahkanmu ke depannya. Berani berhadapan dengan masalah tapi tidak cari-cari masalah adalah sikap yang sudah tepat dalam rangka berkembang. 

4. Tidak fokus pada kekurangan pasangan

ilustrasi menerima kekurangan pasangan (pexels.com/Budgeron Bach)

Jika pasanganmu mau berkembang, maka dia tidak akan fokus pada segala kekurangan yang kamu miliki. Fokus dalam arti, terus mengungkit, mengulas dan membahasnya di saat bertengkar dengan tujuan untuk menyudutkan. Sebaliknya, dia akan terus mencari cara agar kamu dan dia mampu terus mendaki puncak dengan segala keterbatasan. 

Pasangan yang mau diajak berkembang cenderung suka belajar untuk lebih maju ketimbang mencari-cari titik noda. Dia akan dengan senang hati melupakan segala kekeliruanmu di masa lalu. Dia cenderung mementingkan bagaimana kondisi kalian di masa depan. 

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Perhatian Biasa dengan Tanda-Tanda Cinta, Simak?

Verified Writer

Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya