TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mencegah Konflik dengan Pasangan, Terus Harmonis!

Tidak mudah untuk menghindari segala potensi konflik

ilustrasi pasangan (unsplash.com/Becca Tapert)

Setiap hubungan pasti memiliki tantangan dan juga perbedaan pendapat tersendiri, sehingga hal ini wajar dialami oleh siapa pun. Namun, sebetulnya kunci penting untuk bisa menjaga keharmonisan dalam hubungan adalah dengan berusaha saling memahami dan menghargai agar nantinya bisa memperpanjang hubungan yang dimiliki.

Mencegah konflik bukan berarti berusaha menghindari perbedaan, namun berusaha untuk mengelola perbedaan tersebut dengan cara-cara yang lebih sehat dan konstruktif. Oleh sebab itu, kamu harus memahami beberapa tips berikut ini untuk mencegah konflik dengan pasangan.

Baca Juga: 5 Penyebab Hubungan Terasa Kesepian, Punya Pasangan Tapi Dicuekin

1. Selalu berkomunikasi dengan jujur

ilustrasi pasangan (pexels.com/Dương Nhân)

Tips pertama untuk berusaha menghindari konflik dengan pasangan adalah dengan menjaga komunikasi secara terbuka dan jujur. Kamu dan pasangan harus bisa berusaha bagaimana caranya mengekspresikan segala perasaan dengan jelas dan tidak ragu-ragu, sehingga nantinya tidak sampai menimbulkan kesalahpahaman yang justru dapat berujung konflik.

Sebetulnya komunikasi yang terbuka bisa dilakukan dengan saling berbicara dan saling mendengarkan, sehingga tidak sampai merasa diabaikan oleh pasangan sendiri. Berusaha menghargai dan memahami satu sama lain bisa menjadi kunci penting untuk membangun hubungan yang harmonis agar tidak selalu mengalami konflik yang berkepanjangan.

2. Membahas masalah di waktu yang tepat

ilustrasi kencan (unsplash.com/DocuSign)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari konflik dengan pasangan adalah dengan selalu membahas masalah yang mungkin dihadapi. Hal ini menjadi kunci penting karena banyak sekali orang yang mungkin berusaha menghindari masalah dalam hubungan, sehingga justru membuatnya semakin besar dan pada akhirnya tidak pernah benar-benar terselesaikan.

Sebetulnya kamu disarankan untuk selalu membahas masalah dengan pasangan di waktu yang tepat, sehingga bisa sama-sama mencari solusi yang terbaik agar bisa menyelesaikan konflik yang mungkin dialami. Hindari berdiskusi di waktu yang tidak tepat pada saat kondisi sedang mengalami stres lelah atau pun terburu-buru, sehingga membuatmu dan pasangan tidak mampu fokus dalam berdiskusi.

3. Saling belajar mengendalikan emosi

ilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Pada kenyataannya memang tidak mudah dalam mencegah konflik di dalam hubungan karena sering kali bisa muncul melalui berbagai faktor yang ada. Bisa jadi konflik tersebut muncul dari emosi yang dimiliki salah satu pihak, sehingga membuat masalahnya menjadi semakin besar dan pada akhirnya sulit untuk diselesaikan.

Kamu dan pasangan mungkin bisa berusaha untuk belajar bagaimana caranya mengendalikan emosi dengan baik sebelum bereaksi, sehingga dapat berpikir matang-matang sebelum melakukan sesuatu. Selain itu, kamu juga disarankan untuk belajar bagaimana caranya merespon segala masalah dengan tenang, sehingga emosi tersebut tidak sampai justru memperburuk kondisi yang ada.

Baca Juga: 5 Wujud Ketidakdewasaan Emosional Pasangan 

4. Fokus pada solusi

ilustrasi pasangan (pexels.com/Jep Gambardella)

Kamu dan pasangan mungkin tidak bisa benar-benar menghindari konflik yang mungkin terjadi, namun setidaknya bisa sama-sama mencari solusi terbaik. Selain itu, kamu bisa berusaha untuk mencari solusi tanpa harus saling menyalahkan satu sama lain, sehingga nantinya bisa mengatasi hal tersebut melalui cara-cara yang lebih konstruktif.

Satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pasangan adalah mampu untuk sama-sama bersedia dalam berkompromi dan menemukan jalan tengah, sehingga nantinya bisa diterima oleh kedua belah pihak. Fleksibilitas juga menjadi hal yang sangat diperlukan untuk mencari solusi yang terbaik dalam membantu mengurangi ketegangan yang mungkin dialami.

Verified Writer

Abdi K Tresna

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya