TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Mulai Cuek, Cari Solusinya!

Perlu kesabaran ekstra untuk menghadapi pasangan yang cuek

ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Sikap cuek mungkin menjadi satu hal yang tidak disukai oleh setiap orang dari pasangannya karena dapat menimbulkan kesalahpahaman tersendiri. Pada saat pasangan mulai bersikap cuek atau kurang perhatian, maka ini dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman atau bahkan membuat hubungan yang dijalani pun terasa mulai merenggang.

Tentu kamu tidak boleh mengambil kesimpulan dengan terburu-buru, sebab harus memperhatikan berbagai faktor yang mungkin melatarbelakanginya, entah itu karena rasa stres, masalah pribadi, hingga perubahan dinamika dalam hubungan. Oleh sebab itu, ada beberapa cara berikut ini yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menghadapi pasangan yang mulai cuek agar nantinya tidak sampai menimbulkan kesalahpahaman.

1. Komunikasikan apa yang kamu rasakan secara jujur

ilustrasi pasangan mengobrol (unsplash.com/@kellysikkema)

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan berusaha mengkomunikasikan tentang perasaan yang dialami saat ini. Jika memang kamu merasa tidak nyaman dengan perubahan sikap yang dilakukan oleh pasangan, maka jangan ragu untuk menyampaikan hal tersebut dengan cara yang tepat tanpa menyinggung perasaannya.

Proses komunikasi yang dilakukan juga tidak boleh sampai membuat salah satu pasangan merasa terpojokkan, sehingga harus dilakukan dengan tepat. Komunikasi yang terbuka dan jujur tentu akan membantumu dan pasangan dalam menemukan akar masalahnya, sehingga bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik.

2. Jangan terburu buru dalam mengambil kesimpulan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Kamu mungkin merasa tidak nyaman dengan sikap yang ditunjukkan oleh pasangan, namun jangan sampai melakukan sesuatu yang bisa disesali. Sebaiknya kamu dapat berpikir dengan cermat tentang apa yang dilakukan oleh pasangan, termasuk apabila ia bersikap cuek karena bisa saja ada alasan tersendiri yang melatarbelakanginya.

Jangan buru-buru berpikir bahwa pasangan mungkin mengabaikanmu karena kehilangan rasa cinta, sehingga kamu harus mulai berpikir secara positif untuk menemukan jawabannya. Coba kenali situasi terlebih dahulu dan berikan waktu untuk sama-sama saling mengatasi masalah tersebut, sehingga jangan biarkan asumsi negatif memperburuk semuanya.

Baca Juga: 5 Bahasa Cinta Pasangan Cuek, Banyakan Act Of Service

3. Berikanlah ruang untuk berpikir

ilustrasi introspeksi diri (pexels.com/Chinmay Singh)

Seperti yang diketahui bahwa perubahan sikap pada pasangan yang tiba-tiba cuek pasti akan ada alasannya tersendiri. Bukan tidak mungkin jika sikap tersebut merupakan tanda bahwa pasangan membutuhkan waktu dan ruang untuk dirinya sendiri, sehingga kamu dapat menghormati hal tersebut.

Coba berikan sedikit ruang pada pasangan agar bisa menyegarkan pikirannya dan kembali dengan energi yang lebih positif. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus menerus berada disisinya karena bisa jadi membuat situasinya menjadi semakin buruk, sehingga manfaatkan waktu tersebut untuk saling melakukan introspeksi terhadap satu sama lain.

4. Menunjukkan kepedulian tanpa terkesan memaksa

ilustrasi pasangan (unsplash.com/Alvin Mahmudov)

Kamu tentunya sangat peduli terhadap pasangan termasuk perubahan sikap yang mungkin ditunjukkannya. Namun, perubahan sikap tersebut jangan sampai membuatmu jadi terkesan memaksakan diri dan justru semakin memperburuk situasi yang ada, sehingga harus lebih bijak lagi dalam bersikap.

Kamu bisa menunjukkan kepedulian tanpa terkesan memaksa, seperti misalnya dengan menanyakan kabar, memberikan perhatian dengan cara yang lembut, atau pun memberikan semangat untuk membantu pasangan agar merasa lebih diperhatikan. Pastikan untuk tidak membuat pasangan merasa tertekan dengan perhatian yang kamu berikan agar nantinya ia pun tidak terlalu semakin jauh denganmu.

Verified Writer

Abdi K Tresna

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya