TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Alasan Debat dengan Pasangan Itu Gak Selalu Buruk

Kalian jadi lebih mengenal

ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Menjalin hubungan romantis tidak selalu tentang bunga dan pelangi. Ada kalanya perbedaan pendapat atau gesekan kecil memicu debat yang mungkin membuatmu merasa gak nyaman.

Namun, tahukah kamu bahwa debat sebenarnya bisa membawa manfaat bagi hubunganmu dengan pasangan? Alih-alih menghindari perdebatan, melihatnya sebagai peluang untuk mempererat hubungan justru bisa memberi dampak positif. Berikut adalah tujuh alasan mengapa debat dengan pasangan bisa membuat hubunganmu semakin kuat.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pasangan Sulit Bersikap Terbuka dan Jujur

1. Mengungkapkan perasaan yang tersembunyi

ilustrasi pria frustrasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat kamu terlibat dalam debat dengan pasangan, ini adalah kesempatan emas untuk mengungkapkan perasaan yang mungkin selama ini terpendam. Terkadang kita menyimpan perasaan atau ketidakpuasan karena takut menyinggung pasangan.

Namun, debat dapat menjadi saluran untuk menyuarakan apa yang ada di hati dan pikiranmu. Mengungkapkan perasaan secara jujur dapat menghindarkanmu dari frustrasi yang berkepanjangan dan mengurangi risiko konflik di masa depan.

2. Meningkatkan keterampilan komunikasi

ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RDNE Stock project)

Debat yang sehat mengharuskan kamu dan pasangan untuk mendengarkan satu sama lain dan mengekspresikan pendapat dengan jelas. Dalam proses ini, keterampilan komunikasi kamu akan diasah.

Kamu akan belajar bagaimana menyampaikan argumen dengan cara yang lebih efektif dan menghindari kata-kata yang dapat menyakiti. Kemampuan komunikasi yang baik adalah salah satu fondasi penting dalam hubungan yang harmonis.

3. Memahami perspektif pasangan

ilustrasi pasangan kesal (pexels.com/cottonbro studio)

Debat memungkinkanmu melihat dunia dari sudut pandang pasangan. Ini memberi kesempatan untuk memahami alasan di balik pikiran dan tindakan mereka.

Dengan memahami perspektif pasangan, kamu bisa lebih berempati dan menghargai pandangan mereka, meskipun berbeda dari pendapatmu. Pemahaman ini dapat membantu membangun rasa saling pengertian dan toleransi.

4. Membangun rasa percaya

ilustrasi pasangan bersandar (pexels.com/Timur Weber)

Ketika kamu dapat berbicara terbuka tentang topik yang sensitif dan tetap merasa aman, ini membangun kepercayaan dalam hubungan. Debat yang konstruktif menunjukkan bahwa kalian berdua dapat menangani perbedaan dengan dewasa tanpa khawatir akan mengancam hubungan. Rasa percaya ini akan membuatmu merasa lebih dekat dan lebih yakin bahwa hubunganmu dapat bertahan melewati tantangan.

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Perasaan Pasangan yang Mudah Cemburu, Bikin Nyaman

5. Menghindari kekecewaan di masa depan

ilustrasi pasangan kecewa (pexels.com/Engin Akyurt)

Dengan berdebat, kamu dan pasangan dapat mengklarifikasi harapan satu sama lain sejak awal. Ini bisa membantu menghindari kekecewaan atau kesalahpahaman di masa depan. Ketika harapan telah dipahami dan disepakati bersama, hubungan pun menjadi lebih kuat karena kalian berdua tahu apa yang diharapkan satu sama lain.

6. Menunjukkan rasa peduli

ilustrasi pasangan peduli (pexels.com/Alex Green)

Faktanya, jika kamu masih mau berdebat dengan pasangan, itu menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap hubungan tersebut. Ketidakpedulian biasanya ditandai dengan sikap apatis dan ketidakmauan untuk merespons. Dengan berdebat, kamu menunjukkan bahwa kamu mau berusaha untuk memperbaiki dan mempertahankan hubungan.

Verified Writer

S U S A N T I .

Ibu rumah tangga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya