TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memahami Perasaan Pasangan, Gak Perlu Bingung Lagi

Gak sesulit mengerjakan soal matematika

ilustrasi memberikan support (freepik.com/freepik)

Dalam sebuah hubungan, memahami perasaan pasangan adalah kunci untuk menjaga keharmonisan. Meskipun terkadang sulit untuk mengetahui apa yang dirasakan pasanganmu, ada beberapa cara memahami perasaan pasangan yang bisa kamu lakukan untuk lebih mengerti dan merespons emosinya dengan tepat.

Dengan mempelajari beberapa cara memahami perasaan pasangan, kamu bisa jadi ahli dalam membaca pikiran pasanganmu, lho! Penasaran gimana caranya? Yuk, simak artikel ini!

1. Meluangkan waktu untuk berkomunikasi

ilustrasi pasangan berkomunikasi (pexels.com/Budgeron Bach)

Salah satu cara agar kamu dapat memahami perasaan pasanganmu adalah dengan meluangkan waktu bersama dan berkomunikasi langsung untuk mewujudkan hubungan yang sehat.

Dengan berkomunikasi secara langsung, kamu akan lebih mudah memahami keluh kesah pasangan dan dapat memperkecil kemungkinan kesalahpahaman yang akan terjadi dalam hubungan kalian.

Selain itu, ketika kamu meluangkan waktu untuk bertemu dengan pasangan, kamu dapat memperbanyak momen untuk lebih mengenal pasanganmu.

Bukan hanya sekedar menanyakan kabar, kamu juga dapat menglola perasaan dan emosimu ketika tengah menghadapi pasanganmu.

2. Jangan memaksakan pendapat sendiri

ilustrasi bertengkar dengan pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Cara memahami perasaan pasangan berikutnya adalah tidak memaksakan pendapat sendiri. Salah satu hal yang bisa membuat pertengkaran dalam sebuah hubungan adalah ketika kita memaksakan pendapat pribadi kepada pasangan kita. Bukan karena ingin selalu dimengerti, akan tetapi kamu juga wajib mendengarkan pendapat pasanganmu dan membandingkannya.

Hal ini juga dapat menujukkan bahwa kamu masih belum dewasa dan kurang menghormati pasanganmu. Oleh sebab itu, meskipun kamu merasa lebih dewasa dan lebih unggul dibandingkan pasanganmu, ada baiknya untuk tidak memaksakan pendapat dan pemikiranmu sendiri tanpa melihat situasi dan kebenaran yang ada.

3. Menghormati dan menghargai pasangan

ilustrasi menghargai pasangan(pexels.com/Anna Shvets)

Cara memahami perasaan pasangan selanjutnya adalah dengan menghormati dan menghargai pasangan dan kehidupan sosialnya. Menjalin sebuah hubungan bukan berarti pasanganmu harus selalu bergantung denganmu.

Meskipun kamu lebih suka untuk menghabiskan waktu berdua, namun kalian berhak memiliki waktu sendiri untuk teman-teman dan keluarga.

Akan tetapi, untuk beberapa orang mungkin akan khawatir jika pasangannya sibuk hingga larut malam atau bertemu dengan teman yang merupakan lawan jenis.

Untuk menyiasati hal tersebut, dibandingkan melarang, kamu bisa meminta untuk ikut bergabung atau datang setelah pertemuan mereka selesai. Ingat, jadilah pasangan yang protektif, bukan posesif!

Baca Juga: 15 Cara PDKT Lewat WA dengan Cewek Cuek, Cobain Deh!

4. Memberikan pasangan waktu untuk dirinya sendiri

ilustrasi me time(unsplash.com/ISKRA Photography)

Selain menghargai pasangan, cara yang bisa kamu lakukan untuk memahami perasaan pasanganmu adalah dengan memberinya waktu untuk sendiri. Pasalnya, setiap orang akan membutuhkan waktu untuk diri sendiri agar dapat menjernihkan pikiran dan merasakan kebebasan hidup.

Selain dari kesibukan dan permasalahan hidupnya, pasanganmu berhak untuk menikmati waktunya sendiri di luar dari kehidupan percintaan kalian. Untuk itu, sembari kamu menunggu pasanganmu untuk me time, kamu juga bisa meluangkan waktumu untuk dirimu sendiri.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya