TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Dibutuhkan Pasangan Darimu saat Dia Jatuh dan Terpuruk

Jangan ragu memberikan dukungan terbaikmu kepada pasangan

ilustrasi memiliki maaalah hingga merasa jatuh dan terpuruk di dalam hidup (pexels.com/Polina Zimmerman)

Saat pasangan kamu sedang jatuh dan terpuruk akibat masalah yang sedang dialaminya, maka bantulah dirinya agar mampu melewatinya dengan baik. Karena tak dapat dipungkiri, kehadiranmu sebagai orang terdekatnya saat ini akan berpengaruh besar terhadap dirinya. 

Dia akan merasa dicintai dan dipedulikan sehingga kuat menghadapinya. Bahkan rasa cintanya kepadamu juga akan ikut bertumbuh karenanya. Nah, lima hal inilah yang dibutuhkan pasangan darimu saat dia sedang jatuh dan terpuruk. 

Baca Juga: 13 Quotes Drakor DNA Lover, Memahami Cinta dari Banyak Sudut Pandang

1. Menjadi pendengar yang baik untuknya

ilustrasi mendengarkan pasangan bicara (pexels.com/Keira Burton)

Menyikapi pasangan yang sedang jatuh dan terpuruk akibat masalah yang dihadapinya bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti pula kamu gak bisa melakukannya dengan cara yang tepat. Jika pasanganmu curhat akan permasalahnnya, maka jadilah pendengar yang baik untuknya. 

Jangan banyak bertanya atau membombardirnya dengan berbagai macam hal yang membuatmu penasaran perihal masalah tersebut. Karena yang ada pasanganmu akan semakin pusing dibuatnya. Hindari hal tersebut agar kehadiranmu membuatnya menjadi lebih baik dan nyaman, bukan masalah sebaliknya. 

2. Senantiasa menemani di masa dukanya

ilustrasi menemani pasangan (pexels.com/Daria Andrievskaya)

Menemani pasangan saat dia sedang jatuh dan terpuruk merupakan support system yang tepat untuk kamu lakukan. Sekalipun pasanganmu misalnya gak banyak bicara, tetaplah duduk bersama dengannya. Jika perlu berikan kenyamanan secara emosional terhadap dirinya. 

Seperti mengenggam tangannya, mengelus punggungnya atau memeluknya. Kamu juga bisa berkata bahwa kamu ada di sini untuk menemaninya melewati masa dukanya tersebut. Nah, dukungan emosional yang kamu berikan akan membuat bebannya sedikit terangkat dan merasa lega karena gak merasa sendirian. 

Baca Juga: 7 Kekuatan Cinta dalam Hubungan yang Sering Diabaikan, Miliki Bro!

3. Menjaga ketenangan jiwanya

ilustrasi menjaga ketenangannya (pexels.com/Vlada Karpovich)

Jika pasanganmu mengalami kepanikan atau emosi yang berlebihan pasca jatuh dan terpuruk. Maka bantulah dia untuk bisa meredam apa yang dirasakannya tersebut. Berikan pengertian bahwa sikapnya tersebut hanya akan semakin memperkeruh situasi yang ada. 

Bukannya menyelesaikan masalah, justru hanya akan menambah masalah baru saja. Kamu perlu menjaga ketenangan jiwa pasanganmu sendiri dengan memberikannya pemikiran yang rasional. Sehingga pasanganmu juga akan bisa menerimanya karena alasan yang kamu berikan masuk akal. Dia akan berpikir bahwa apa yang kamu lakukan adalah demi kebaikannya. 

4. Peka akan situasi yang sedang dihadapinya

ilustrasi memahami situasi yang sedang dihadapi pasangan (pexels.com/Juan Pablo Serrano)

Saat kamu merasa memiliki solusi yang baik untuk menyelesaikan permasalahan pasanganmu. Kamu tetap harus bisa melihat situasinya terlebih dahulu sebelum mengemukakannya. Jangan langsung meminta pasangan untuk segera mengerjakannya seperti apa yang kamu sarankan. 

Karena yang ada pasanganmu akan merasa kamu menekannya dan harus mengikuti kemauanmu saja. Karena bisa saja dia kurang setuju atas saran yang kamu berikan. Atau bisa saja pasanganmu sebenarnya sudah memiliki solusinya namun masih merasa ragu untuk melakukannya. 

Verified Writer

Shella Rafika Sari

Yuk semangat menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya