TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Untung Rugi Menikah dengan Teman Seumuran, Asyik Tapi Berisik!

Pasangan rasa bestie, seru gak ya?

Ilustrasi Menikah (IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar)

Jodoh merupakan rahasia Tuhan, tak ada satupun yang dapat menebak akan berjodoh dengan siapa. Namun, apa jadinya jika ternyata jodohmu adalah seseorang yang seumuran, bahkan merupakan temanmu? Tentunya ada tantangan tersendiri, ya. 

Bahkan meskipun sudah saling mengenal, konflik pasangan akan senantiasa ada apalagi dengan umur yang serupa. Nah, intip yuk tujuh keuntungan dan kerugian jika teman kamu jadi pasangan, check this out!

Baca Juga: 5 Pertimbangan sebelum Berkencan dengan Pasangan yang Pernah Menikah

1. Memiliki ego yang sama

Ilustrasi pasangan marah (pexels.com/RDNE Stock project)

Karena memiliki umur yang sama, ego pun terkadang berada di fase yang sama juga. Meski begitu untuk menyiasiasatinya, kalian harus tahu kapan waktunya mengalah. Mungkin ada saatnya kamu yang harus mengalah dan di lain waktu pasanganmu lah yang mengalah. 

Mengatur ego memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa kamu atur. Jangan sampai egomu malah menghancurkan hubunganmu, ya!

2. Bisa asyik bareng

Ilustrasi wanita dan lelaki menikah (pexels.com/Muhammet Atam)

Meskipun memiliki ego yang sama, tapi keuntungannya ketika berhubungan dengan yang seumuran hubunganmu menjadi tambah seru. Kalian bisa melakukan berbagai hal secara bersama, mengetahui topik terhangat, teman diskusi, hingga nyambung diajak ngobrol dengan bahasa gaul karena berada di generasi yang sama. Jadi bukan hanya sebagai pasangan, kalian bisa asyik sebagai partner, hingga teman, lho.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu dan Pasangan Belum Siap Menikah, Jangan Nekat!

3. Komunikasi lebih lancar

Ilustrasi pasangan suami istri (pexels.com/Joy Xu)

Lalu, komunikasi pun lebih lancar karena memiliki pola pikir yang hampir sama. Kalaupun sedang membahas suatu topik tertentu, kalian bisa nyambung bahkan berdiskusi dengan asyik. Namun, meskipun komunikasinya lancar, tetap tahu batasan dengan tetap saling menghargai satu sama lain biar gak ada yang tersinggung, ya.

4. Berjuang bersama pasanganmu

Ilustrasi suami istri berlibur (pexels.com/Sadi Gökpınar)

Memiliki pasangan seumuran berarti kalian harus berjuang bersama dalam menggapai impian, apalagi kalian melewati fase pengalaman hidup yang sama, seperti lulus kuliah lantas mencari pekerjaaan dan lainnya.

Maka dari itu, harus saling sabar dan buatlah tujuan bersama hingga perjuangan kalian bisa dituju bersama pula. Kalian pasti bisa melewati setiap rintangan asalkan bersama, ya!

5. Lingkungan pertemanan sama

Ilustrasi pertemanan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Di beberapa kasus, terkadang circle pertemanan kalian sama, lho. Tiba-tiba saja kamu kenal dengan temannya begitu pula sebaliknya. Nah, hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu tentang karakter pasangan dari kenalanmu, hingga mengetahui kebiasaannya. Atau jika hubunganmu ada kendala, teman-teman yang kalian kenal dapat jadi perantara untuk merekatkan hubunganmu.

6. Saling membantu jika dibutuhkan

Ilustrasi suami istri berdiskusi (pexels.com/Mikhail Nilov)

Lalu, kalian juga dapat saling membantu jika memiliki kendala dalam peran yang kalian emban, atau bisa saling saling berbagi pendapat jika dibutuhkan. Hubungan yang seumuran itu bukan harus saling menuntut, namun bisa saling bertumbuh karena dibantu satu sama lain. Nah, cek yuk kalian dapat menjadi partner segala situasi gak?

Baca Juga: 5 Alasan Penting Medical Check Up Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Verified Writer

sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya