TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Guardrailing: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya!

Penting untuk menerapkan batasan

Ilustrasi pasangan ngobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Banyak sekali tren dalam hubungan asmara yang bermunculan. Salah satunya adalah guardrailing. Apa itu? Secara sederhana guardrailing adalah membuat batasan dalam hubungan. Terkadang hal ini memang diperlukan. Terlebih jika kamu ingin menjaga kesehatan mental kamu maupun pasangan.

Tentu ada penjelasan lebih lanjut mengenai guardrailing. Untuk itu, kamu bisa menyimak pembahasannya secara lengkap di bawah ini. Yuk, simak sampai selesai!

1. Apa itu guardrailing?

ilustrasi pasangan ngobrol (Pexels.com/Bethany Ferr)

Menetapkan batasan di awal hubungan sangatlah penting. Karena jika tidak, kamu akan menghabiskan waktu, uang, energi, dan sakit hati. Hal ini dikenal sebagai guardrailing, yang menjadi tren di tahun 2023 ini. Guardrailing adalah tindakan mengatur batasan dalam hubungan asmara.

Terlebih di era sekarang ini perubahan sosial cepat berubah. Guardrailing menjadi cara untuk melindungi diri dan menjaga keselamatan emosional. Hal ini termasuk menetapkan batasan dalam hal komitmen, hubungan fisik, dan keterlibatan emosional. Jadi, tidak ada individu yang mengorbankan kebutuhan mereka demi hubungan atau orang lain.

Guardrailing akan membantu individu untuk menghindari jatuh terlalu cepat atau terlalu dalam ke dalam hubungan yang mungkin tidak sehat atau tidak sesuai dengan tujuan. Dengan adanya batasan akan mengurangi kekecewaan maupun sakit hati.

"Guardrailing adalah tentang menetapkan batasan dan melindungi energi kita. Orang-orang tidak hanya menginginkan keseimbangan kehidupan kerja untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk pasangan mereka," Lucille McCart, seorang direktur komunikasi aplikasi kencan Bumble dikutip dari laman News.com.au.

"Ini termasuk menjadi lebih jelas tentang kebutuhan emosional dan batasan kita, menjadi lebih bijaksana dan bagaimana kita menempatkan diri kita di luar sana, serta tidak melakukan hal yang berlebihan secara sosial," lanjut Lucille.

Baca Juga: 5 Pondasi Kuat Menjaga Keharmonisan Hubungan Asmara

2. Manfaat dari guardrailing

ilustrasi kedekatan pasangan (Unsplash.com/charlyyyy)

Guardrailing bisa membantu membangun kepercayaan, meningkatkan keintiman, dan menjaga hubungan yang sehat. Selain itu hubungan juga bisa tumbuh dengan bebas sambil menjaga agar tidak ada kesalahpahaman dan konflik. Itulah kenapa sangat penting untuk menetapkan batasan yang jelas di awal hubungan.

Selain itu, mengutip laman Indian Express, psikolog klinis Shinjini Deb menjelaskan bahwa dengan menerapkan guardrailing akan memberikan manfaat yang positif. Dengan adanya batasan, dapat memastikan bahwa tidak ada satu pun orang dalam hubungan yang mengorbankan kebutuhan mereka. Hal itu juga merupakan bentuk batasan sehat, berpedoman jelas, dan strategi yang membantu menjaga hubungan tetap seimbang serta memuaskan.

"Hal ini tidak hanya membantu pasangan untuk mengatasi masalah bersama, tetapi juga memupuk ikatan yang lebih kuat,” jelasnya.

Ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu bicarakan dengan pasangan mengenai guardrailing ini. Beberapa di antaranya yang bisa kamu bahas seperti di bawah ini.

  • Menetapkan aturan bersama secara jelas tentang hubungan dan batasannya.
  • Memutuskan topik yang tidak boleh dibahas.
  • Membagi tanggung jawab.
  • Memperjelas ekspektasi masing-masing pribadi.
  • Bersikap hormat satu sama lain sekaligus dengan pandangannya.
  • Menciptakan ruang untuk diri sendiri.

Semua hal di atas adalah beberapa cara yang sehat untuk menetapkan batasan. Dengan begini bisa membantu menjaga hubungan tetap dalam kondisi yang protektif dan membatasi konflik yang tidak perlu.

"Pada akhirnya, semua ada di tangan kamu, bagaimana kamu ingin memperlakukan diri sendiri atau hubungan dengan orang yang kamu cintai," saran Shinjini Deb.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya