TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Penting buat Kamu yang Ingin Balikan dengan Mantan

Mantapkan hati terlebih dahulu, jangan terburu-buru

ilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/TirachardKumtanom)

Hubungan asmara adalah salah satu bagian dalam hidup yang dialami oleh hampir setiap orang. Memiliki kekasih dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia, lebih semangat, dan lebih positif dalam menjalani kehidupan. Sayangnya, kisah percintaan gak selalu berjalan mulus. Kadang kita harus merasakan sakitnya putus cinta.

Ketika hubungan sudah berakhir, ada dua pilihan yang bisa kita ambil. Pertama, kamu bisa move on dan memulai kehidupan baru. Pilihan kedua, kamu balikan dengan dia yang sudah jadi mantan. Nah, bagi kamu yang berencana untuk balikan dengan mantan dan memperbaiki hubungan yang pernah rusak, beberapa tips di bawah ini bisa kamu terapkan. Yuk, Guys, baca sampai tuntas!

1. Tenangkan diri dan sembuhkan lukamu terlebih dahulu

ilustrasi menenangkan diri (pexels.com/destiawan nur agustra)

Meskipun terkesan mudah, namun pada praktiknya balikan dengan mantan tidaklah sesederhana itu. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan biar gak memperburuk keadaan. Sebelum memutuskan untuk balikan, kamu harus menenangkan diri sendiri dan menyembuhkan luka di hati yang mungkin kamu alami sebelumnya.

Jangan kembali menjalin hubungan dengannya saat kamu masih merasakan sakit akibat hubungan sebelumnya. Percayalah, hal ini gak akan memperbaiki apa pun. Justru hal ini bisa memperburuk hubungan kamu dengan mantan. Jadi, sebisa mungkin sembuhkan hatimu terlebih dahulu biar gak melibatkan emosi dalam bertindak.

2. Jangan dulu berkomunikasi untuk sementara waktu

ilustrasi cewek yang baru saja putus dengan pacarannya (pexels.com/mikoto.raw Photographer)

Setelah putus, beberapa orang mungkin merasa ingin segera menghubungi mantan dan memintanya untuk kembali. Namun, hal ini justru bisa membuat mantan merasa terganggu dan merasa gak nyaman. Sebaiknya, kamu jangan dulu menghubungi mantan dalam waktu dekat ini. Cobalah untuk memberikan waktu bagi dirimu sendiri dan mantan kamu untuk merenungkan dan menenangkan diri masing-masing.

Dengan kamu membatasi kontak dengan mantan, kamu bisa lebih mudah untuk menenangkan diri dan menyembuhkan luka yang mungkin sebelumnya kamu dapatkan. Selain itu, dengan tidak menghubungi mantan, kamu juga bisa membuat mantan merindukanmu dan menyadari betapa berartinya dirimu baginya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berpotensi Balikan dengan Mantan, Kenali Sinyal Darinya!

3. Cobalah untuk saling memaafkan dan mulai jalin komunikasi

ilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Tan Danh)

Apakah kamu sudah merasa tenang dan merasa yakin untuk balikan dengan mantan? Jika sudah mantap, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai berkomunikasi dengan mantan. Cobalah untuk saling memaafkan satu sama lain dan sampaikan apa yang kamu rasakan. Begitu juga sebaliknya, mintalah mantanmu untuk menyampaikan perasaannya, harapannya, dan hal apa saja yang perlu kamu rubah agar bisa menjalin hubungan yang lebih baik lagi.

Jika mantanmu masih menyimpan rasa padamu, kamu masih memiliki peluang besar untuk memperbaiki hubungan kalian. Dengan kalian mengungkapkan perasaan masing-masing dan harapan masing-masing, kalian akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan diri. Kamu harus mengatasi perbedaan di antara kalian berdua dan temukan solusi terbaik atas permasalahan sebelumnya.

4. Perlakukan hubungan kali ini sebagai hubungan yang baru

ilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Min An)

Jika kamu berhasil mendapatkan kembali hati mantanmu, jangan langsung berpuas diri. Kamu harus berusaha untuk menjaga dan memperbaiki hubungan ini supaya berjalan lebih harmonis dan gak gagal lagi. Cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan mantan adalah dengan memperlakukan hubungan tersebut layaknya menjalin hubungan dengan pasangan baru.

Jangan lagi melihat ke belakang dan jalani saja hubungan kamu dengan baik. Ingat, jangan mengulangi kesalahan yang sama seperti sebelumnya. Jadikanlah kesalahan yang lalu sebagai pelajaran berharga untuk menjalin hubungan yang jauh lebih baik dan lebih berkualitas. Bila perlu, kamu juga bisa menggunakan gaya pacaran yang berbeda agar hubungan kali ini menjadi lebih indah dan lebih baik dari sebelumnya.

Verified Writer

richpriant

Bismillah aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya